4 Makanan Pengembali Energi Setelah Fitnes

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda merasakan tubuh yang lemas dan rasa kantuk setelah berolahraga? Jika pernah, tak perlu khawatir sebab itu adalah reaksi normal. Seusai melakukan aktivitas berat, seperti olahraga beban, tubuh akan kehilangan begitu banyak energi serta cairan yang membuatnya menjadi sangat letih dan tak bergairah.

Untuk mengatasinya, tentu saja kita harus mengganti energi tersebut. Cara menggantinya ada dua, pertama adalah dari makanan, lantas yang kedua adalah beristirahat. Namun, jika keduanya tidak dipenuhi, maka tubuh akan tetap lemas dan seakan tak bertenaga sehingga tak bisa melakukan aktivitas lainnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya setelah fitnes kita mengonsumsi beberapa makanan berikut ini agar stamina pulih kembali.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan satu dari beberapa jenis makanan yang sangat sehat dan bermanfaat. Selain bisa membangkitkan energi, sayuran juga kaya akan serat yang akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Tapi ingat, konsumsilah dalam keadaan segar, misalnya dikukus atau direbus karena manfaatnya akan semakin terasa.

2. Cokelat Hitam

Mungkin Anda sudah taka sing lagi dengan jenis cokelat yang satu ini. Ya, cokelat hitam memang sering digunakan dalam membantu proses penurunan berat badan. Hal itu dikarenakan cokelat hitam bisa membuat seseorang menjadi berenergi dan memberi efek kenyang yang lebih lama. Anda bisa mengonsumsinya setelah fitnes, namun beri jeda beberapa waktu agar suhu tubuh kembali normal.

3. Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Seperti yang diketahui, kacang adalah makanan yang kaya akan protein dan lemak sehat. Nah, lemak sehat itulah yang nantinya akan dibentuk menjadi energi. Ada banyak jenis kacang yang bisa Anda konsumsi, misalnya kacang almond, mete, dan sebagainya.

4. Jus Buah

Selanjutnya, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah setelah latihan. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan energi serta cairan yang telah terpakai selama latihan. Hampir semua buah baik digunakan sebagai jus, namun ada satu rekomendasi yang sering digunakan oleh ahli fitnes, yakni buah sitrus.