6 Makanan Sehat Untuk Penderita Hipertensi

ikan-salmon-doktersehat
Photo Source: pexels.com

DokterSehat.Com– Penderita hipertensi harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi makanan. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam makanan yang bisa mempengaruhi kondisi tekanan darah di dalam tubuh. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi makanan atau camilan dengan kandungan garam yang tinggi, maka risiko untuk mengalami peningkatan tekanan darah juga akan naik.

Berbagai makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi

Jika dibiarkan begitu saja, hipertensi bisa berlanjut menjadi komplikasi yang lebih serius layaknya stroke atau serangan jantung. Memang, untuk menurunkan tekanan darah kita tidak hanya bisa bergantung pada makanan yang dikonsumsi, namun tak ada salahnya jika kita mulai mengubah gaya hidup sehat dengan cara mulai lebih rutin mengonsumsi makanan-makanan yang bisa menurunkan tekanan darah.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan tersebut.

  1. Sayuran hijau

Tak hanya baik bagi saluran pencernaan atau program diet, sayuran hijau juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Sebagai informasi, sayuran hijau seperti kale, bayam, dan sawi bisa membantu menurunkan kadar natrium di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium di dalam sayuran-sayuran ini yang bisa memberikan manfaat tersebut.

Memperbanyak asupan sayuran hijau juga bisa membantu menurunkan berat badan. Padahal, berat badan berlebih bisa memberikan pengaruh besar bagi kondisi tekanan darah.

  1. Buah pisang

Buah pisang dikenal luas sebagai salah satu buah yang cocok untuk program diet mengingat kemampuannya dalam mengenyangkan perut. Banyak orang yang mengonsumsinya di sela-sela waktu makan karena bisa membantu mencegah asupan kalori berlebihan dari camilan yang tidak sehat. Hanya saja, masih banyak orang yang tidak tahu jika rutin makan pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Di dalam pisang terdapat kandungan kalium yang bisa membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dengan lebih baik. Semakin banyak kalium yang kita konsumsi, semakin menurun pula tekanan darah dan risiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

  1. Daging ikan

Siapa bilang makanan yang bisa menurunkan tekanan darah hanyalah sayuran dan buah-buahan saja. Kita juga bisa mengonsumsi makanan enak hewani seperti daging ikan demi mendapatkan manfaat kesehatan yang sama, lho.

Beberapa jenis ikan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah adalah ikan salmon dan ikan mackerel. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam lemak omega 3 di dalam daging ikan ini. Sebagai informasi, kandungan ini bisa mencegah peradangan pada pembuluh darah sekaligus menurunkan kolesterol.

  1. Oatmeal

Bubur oatmeal yang terbuat dari gandum utuh seringkali dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet atau yang ingin menurunkan kadar kolesterol tubuh. Padahal, oatmeal juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat di dalamnya yang secara efektif mampu menurunkan kadar lemak dan sodium di dalam tubuh.

Penelitian telah membuktikan bahwa rutin makan oatmeal bisa membantu mencegah masalah jantung dan pembuluh darah dengan efektif.

  1. Yoghurt yang rendah lemak

Yoghurt rendah lemak ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium di dalamnya yang cukup tinggi. Kita juga sebaiknya memilih yoghurt yang tidak diberi tambahan gula atau perasa demi mendapatkan manfaatnya. Jika ingin menambahkan rasa pada yoghurt tawar ini, kita bisa menambahkan beberapa buah segar atau kacang-kacangan.

  1. Buah bit

Buah bit tinggi kandungan oksida nitrat yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar. Jika kita ingin menurunkan tekanan darah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi jus dari buah bit setidaknya sekali sehari.