10 Makanan Sehat untuk Berat Badan Ideal

DokterSehat.Com– Ingin tetap makan banyak tapi tetap langsing? Jangan mimpi! Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kalori lebih dari yang tubuh Anda butuhkan, berat badan secara otomatis akan bertambah. Namun jangan berkecil hati dulu. Ada beberapa makanan sehat yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama dari makanan lain. Jika kenyang terasa lebih lama otomatis Anda tidak akan mencari-cari camilan.

Pilihlah makanan yang tinggi serat, mengandung protein dan lemak sehat serta tinggi kadar airnya. Keuntungannya, kebanyakan makanan tersebut adalah makanan yang juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda.

Baca juga: Makanan Sehat yang Dapat Membantu Program Diet

Menu Makanan Sehat

Berikut ini menu makanan sehat untuk berat badan ideal:

1. Apel

Apel adalah serat yang mudah diolah untuk memerangi kolesterol. Apel juga bagus untuk sumber vitamin C. Apel memiliki kandungan quecertin, plavanoid yang dapat mencegah penyakit kanker.

2. Kacang almond

Kacang almond kaya serat serta protein, juga bagus untuk sumber zat besi, magnesium, serta vitamin E. Konsumsi kacang almond mentah atau telah diproses untuk memperoleh hasil paling baik.

3. Bluberry

Blueberry kaya serat, vitamin C, serta antioksidan. Tipe berry yang lain dapat juga jadi pilihan yang sama bagusnya. Dimakan saat masih segar dan bagus untuk kesehatan.

4. Bayam

Bayam bermanfaat untuk rambut serta kulit lantaran kaya zat besi, magnesium, dan vitamin A serta C.

5. Kacang merah

Kacang merang mempunyai kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium tinggi, serta beberapa vitamin dan mineral.

Baca juga: Makanan Sehat Dengan Harga Terjangkau untuk Diet

6. Brokoli

Brokoli adalah sumber kalsium, potassium, dan vitamin A serta C. Untuk memperoleh hasil paling baik janganlah masak terlampau matang serta jauhi menggunakan saus dan keju terlalu berlebih.

7. Salmon

Beberapa besar jenis ikan dan seafood adalah pilihan sehat, namun salmon adalah ikan yang paling bagus dengan kandungan protein, asam amino dan omega 3 tinggi.

Dari semua nutrisi yang diberikan ikan salmon yang berminyak, asam lemak omega-3 termasuk yang paling penting. Ikan salmon memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan melawan penyakit.

8. Tuna

Tuna adalah makanan rendah kalori, dan tinggi protein lainnya. Ikan tuna tanpa lemak, artinya itu rendah lemak.
Tuna populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran yang sedang menurunkan berat badan, karena itu cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga jumlah kalori dan lemak tetap rendah.
Jika Anda mencoba untuk menekankan asupan protein, pastikan untuk memilih tuna dalam air, bukan minyak.

 

9. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Meskipun kebanyakan buah mengandung banyak karbohidrat, alpukat mengandung lemak yang sehat.

Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun sebagian besar lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi daripada yang Anda bayangkan.

Terlebih lagi, alpukat adalah tambahan yang sempurna untuk salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa konten lemak pada alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2.6 hingga 15 kali lipat. Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan potassium.

Baca juga: 3 Jenis Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi pada Malam Hari

10. Cabai

Makan cabai mungkin berguna untuk diet atau menurunkan berat badan. Cabai mengandung capsaicin, suatu zat yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Zat ini bahkan dijual dalam bentuk suplemen dan bahan umum dalam banyak suplemen penurun berat badan komersial.

Satu penelitian menunjukkan bahwa makan 1 gram cabai merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak makan paprika secara teratur. Namun, tidak ada efek pada orang yang terbiasa makan makanan pedas, menunjukkan bahwa tingkat toleransi tertentu dapat membangun.

Itulah makanan sehat dan menu makanan sehat yang bisa menjadi rekomendasi dalam mempertahanken berat badan atau manjalani diet, Teman Sehat!