Tinggi Lemak, Makanan Ini Justru Sehat

Manfaat biji alpukat bagi kesehatan

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang menganggap lemak sebagai kandungan makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Padahal, dalam realitanya tubuh juga membutuhkan lemak agar bisa tetap sehat dan menjalankan fungsinya setiap hari. Memang, dalam realitanya, mengonsumsi lemak, apalagi lemak jenuh dan lemak trans dengan berlebihan memang bisa membahayakan kesehatan, karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan berlemak.

Beruntung, terdapat beberapa makanan yang tinggi lemak namun justru dianggap sangat baik bagi kesehatan sehingga bisa kita konsumsi setiap saat. Salah satu dari makanan tinggi lemak tersebut adalah buah avokad

Buah avokad memang sangat berbeda dari kebanyakan buah yang bisa kita konsumsi. Dalam sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa di dalam satu buah avokad terdapat 77 persen lemak. Selain itu, terdapat pula kandungan potasium dengan jumlah 40 persen lebih tinggi dari yang bisa kita temukan di dalam buah pisang. Avokad juga cenderung kaya akan kandungan kalium.

Kandungan potasium, kalium, dan serat yang tinggi dari avokad mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida sekaligus membuat kadar kolesterol baik meningkat. Meski kaya akan lemak dan kalori, pakar kesehatan menyebut orang yang rutin mengonsumsi avokad cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsinya.

Makanan tinggi lemak lain yang menyehatkan tubuh adalah keju. Meski tinggi lemak, keju kaya akan kalsium, vitamin B12, protein, fosfor, dan selenium. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa rutin makan keju bisa menyehatkan tubuh dan bahkan mampu mencegah datangnya diabetes tipe 2.

Kacang juga termasuk dalam makanan yang tinggi lemak namun sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Rutin makan kacang bisa membuat kita mencegah penyakit jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2. Hanya saja, pastikan untuk mengonsumsi kacang yang tidak digoreng dengan minyak agar bisa mendapatkan manfaat sehatnya.