Selain Ikan, 5 Makanan Harian ini Juga Super Sehat untuk Otak

doktersehat-manfaat-bayam

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah sering mendengar bahwa salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan otak adalah ikan, ya.

Hal ini memang telah terbukti, dimana kandungan omega 3 dan turunan lemak baik pada ikan, memiliki manfaat yang baik untuk mendukung kesehatan hingga daya ingat otak.

Akan tetapi, selain ikan, masih ada cukup banyak lho bahan makanan harian yang juga super bermanfaat untuk otak. Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Telur

Metode-sehat-masak-telur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Trevor King

Sama-sama merupakan bahan makanan berprotein hewani, telur merupakan makanan yang mudah diperoleh dan memiliki khasiat yang luar biasa untuk otak.

Kandungan unggulan yang ada pada telur untuk otak antara lain:

  • Protein hewani yang tinggi
  • Asupan omega 3 yang cukup baik, serta
  • Vitamin A dan D yang mampu mendukung kesehatan otak

Anda bisa mendapatkan manfaat telur untuk mendukung kesehatan otak dengan cara:

  • Mengonsumsi seluruh bagian telur, baik kuning maupun putihnya. Selama Anda tidak memiliki masalah dengan kadar lemak dalam tubuh, maka konsumsi seluruh bagian telur tidak akan memberikan dampak negatif.
  • Batasi porsi, paling banyak 2 butir telur ukuran sedang setiap hari, dan
  • Pilih metode masak telur yang bebas lemak agar asupan kolesterol jahat tidak berlebihan.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

doktersehat-kacangSumber lemak baik, selain dari makanan berprotein hewani, juga bisa kita dapatkan dari makanan berprotein nabati. Kandungan gizi unggulan yang ada pada makanan berprotein nabati adalah dan omega 6.

Makanan nabati yang banyak mengandung lemak baik adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.Beberapa jenis kacang dan biji yang baik untuk otak adalah:

  • Kacang almond
  • Kacang Brazil
  • Kacang merah
  • Biji bunga matahari
  • Biji chia
  • Biji rami

3. Margarin

Mana yang lebih sering Anda konsumsi, mentega atau margarin? Jika masih sering menggunakan mentega, maka tak ada salahnya untuk mulai mencoba menggunakan margarin.

Memiliki tampilan dan rasa yang hampir mirip, margarin, yang terbuat dari lemak nabati, memiliki kandungan yang unggul untuk otak.

Mirip dengan kandungan zat yang sehat untuk otak pada protein nabati, margarin yang terbuat dari lemak nabati, misalnya minyak zaitun atau canola, memiliki kandungan omega 3 dan 6 yang tinggi.

4. Alpukat

alpukat-avocado-doktersehat-1024Buah yang satu ini memiliki manfaat yang super sehat untuk kesehatan otak. Buah alpukat memiliki keunggulan pada otak dengan kandungan:

  • Lemak baik yang tinggi, yang dapat meningkatkan kadar lemak tidak jenuh dalam tubuh.
  • Omega 3 dan 6 yang termasuk tinggi dalam satu porsi saji buah alpukat.

Anda sebaiknya mengonsumsi alpukat dalam bentuk segar, tanpa menambahkan banyak pemanis atau bahan makanan buatan yang bisa meningkatkan kalori dan mengurangi manfaat kandungan gizi alpukat untuk otak.

5. Sayuran berdaun hijau

manfaat-kale-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Perlu diketahui, omega 3 terdiri dari beberapa zat antara lain EPA, DHA dan ALA. Sayuran berdaun hijau, misalnya bayam, kale, kangkung, memiliki kandungan turunan omega 3, yaitu ALA, yang tinggi.

Hal ini bisa dengan mudah kita temukan dengan mengonsumsi makanan berdaun hijau dalam bentuk segar atau dikukus. Selain itu kandungan ALA bisa kita konsumsi dengan memilih menggunakan minyak sayur pada masakan atau dressing makanan sehari-hari.

Nah, itu dia 5 jenis makanan harian yang super sehat untuk otak.

Anda bisa mengombinasikan kelima makanan di atas untuk disajikan dengan ikan, atau memilihnya sebagai alternatif makanan harian yang bisa mendukung kesehatan otak sehari-hari.

Anda kini bisa selalu menjaga kesehatan otak dengan secara bergantian mengonsumsi makanan-makanan di atas, bukan?