Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata makanan sehat, maka kita tentu membayangkan makanan yang identik dengan sayur tanpa rasa. Ya sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang sehat kerap dianggap menjadi makanan yang tidak enak karena tidak kaya rasa dan bumbu. Padahal dengan pemilihan dan pengolahan bahan yang tepat, makanan yang sehat juga bisa jadi sangat nikmat di lidah.

Makanan Sehat Identik dengan Rasa yang Tidak Enak? Begini Cara Menyiasatinya

Sayur dan buah menjadi salah satu simbol makanan sehat, hal ini tentu lumrah karena memang berbagai pedoman pola makan sehat dunia menganjurkan agar lebih dari 50% asupan makanan harian kita adalah makanan dari tanaman atau plant based diet.

Untuk itu kita harus bisa menerapkan makan sehat dan enak. Dietitian dari WebMD, Jenny Favret membeberkan beberapa tips mudah untuk kita bisa menerapkannya, yaitu dengan:

Jangan ragu menambahkan bumbu

Penambahan bumbu tidak dilarang untuk menciptakan makanan sehat yang lezat. Penggunaan bumbu alami yaitu berbagai jenis bawang segar, seperti bawang merah, bawang putih atau bawang bombay, minyak zaitun, jahe atau kencur akan memberikan citarasa yang nikmat pada masakan.

Selain itu penggunaan bumbu alami atau herbal umumnya memiliki kandungan fitokimia dan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi jangan ragu menggunakan bubuk pala, cabai atau bawang ya.

Gunakan kaldu dari bahan alami

Kaldu tentu memberikan rasa khas yang tidak bisa tergantikan, ya. Makanan sehat tentu sah-sah saja menggunakan kaldu asalkan dibuat dari bahan makanan alami. Pilih daging rendah lemak dan tanpa kulit sebagai bahan baku kaldu, tambahkan bawang yang dihaluskan maka kaldu yang Anda buat akan super sehat dan nikmat.

Gunakan daun-daun untuk memberi citarasa dan aroma

Pernahkah Anda perhatikan bahwa ada cukup banyak daun yang bisa kita tambahkan untuk bumbu pada masakan. Daun bawang, daun seledri, daun mint, dan daun rosemary tentu bisa kita tambahkan dalam berbagai masakan baik berkuah ataupun sebagai topping salad. Daun tersebut bisa kita konsumsi dan juga akan memberikan aroma dan cita rasa yang khas, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi