3 Jenis Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi pada Malam Hari

doktersehat-begadang

DokterSehat.Com– Rasa lapar yang datang di malam hari menjelang tidur memang sangat mengganggu. Pasalnya, rasa lapar tersebut seringkali membuat kita tidak bisa tidur dengan nyanyak. Jika rasa lapar datang di siang hari, kita bisa mengatasinya dengan makan atau mengonsumsi kudapan.

Akan tetapi, jika merasa lapar di malam hari, kita akan dihadapkan kepada suatu masalah yang membuat kita menjadi dilema. Sebab, jika kita tidak segera makan, tidurpun akan sulit. Sementara jika kita makan, maka makanan tersebut akan menjadi timbunan lemak yang pada akhirnya menyebabkan berat badan semakin meningkat.

Lalu, adakah makanan yang bisa dikonsumsi ketika rasa lapar datang di malam hari, tanpa harus takut mengalami kenaikan berat badan? Jawabannya, tentu saja ada. Berikut adalah beberapa jenis makanan tersebut, diantaranya:

1. Smoothie Buatan Sendiri

Makanan pertama yang aman dikonsumsi pada saat lapar di malam hari adalah smoothie. Akan tetapi, Anda tidak boleh membelinya, melainkan membuatnya sendiri. Sebab, jika Anda membuatnya sendiri, Anda tahu bahan-bahan yang akan dicampurkan dan tentunya Anda akan memilih bahan yang sehat untuk tubuh. Anda bisa membuat smoothie yang ditambahkan dengan buah ceri. Hal ini dikarenakan buah ceri mengandung melatonin yang mampu merangsang hormon penyebab kantuk, sehingga Anda akan cepat tertidur dan tidak ada keinginan untuk makan atau ngemil.

2. Biskuit Gandum

Ketika Anda merasa lapar di malam hari, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengonsumsi biskuit. Biskuit merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan. Namun, jika Anda tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, sebaiknya pilih biskuit yang terbuat dari gandum. Seperti yang Anda tahu bahwa gandum kaya akan serat dan rendah kalori sehingga bisa dikonsumsi tanpa harus takut berat badan menjadi naik. Akan tetapi, jangan mengonsumsi biskuit gandum terlalu berlebihan karena perut Anda akan mengalami kesulitan untuk memproses semua makanan.

3. Pisang

Semua jenis buah-buahan memiliki nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sebagian besar jenis buah bisa membantu seseorang menurunkan berat badan, salah satunya adalah pisang. Pisang mengandung kalium dan potasium yang bermanfaat untuk merilekskan semua otot tubuh. Ketika Anda merasa kram pada otot di malam hari, mengonsumsi pisang dapat membantu meredakannya sehingga tidur Anda menjadi lebih nyenyak.