Terbit: 24 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia jika makanan sehat sangatlah direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi setiap hari. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan nutrisi yang bisa ditemukan di dalamnya. Hanya saja, apakah benar jika kita rutin mengonsumsi makanan sehat, maka gejala depresi bisa diatasi?

Makanan Sehat Bisa Redakan Depresi? Cek Faktanya!

Mengatasi Depresi dengan Makanan Sehat

Penelitian yang dilakukan di Australia dan melibatkan partisipan dengan usia 17 hingga 35 tahun membuktikan bahwa partisipan yang mau mengubah diet hariannya menjadi lebih sehat cenderung mengalami penurunan gejala depresi setelah tiga mingu mengonsumsinya. Bahkan, jika diet dengan makanan sehat ini terus dilanjutkan hingga tiga bulan, suasana hati dan kondisi psikisnya cenderung semakin membaik.

“Semua orang membutuhkan makanan. Jadi, jika kita mau mengubah pola makan dan memilih makanan lebih sehat, dampaknya bagi masalah depresi bahkan jauh lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Heather Fracis yang berasal dari Macquarie University, Sydney.

Jumlah partisipan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 76 orang. Mereka menjalani tes untuk mengetahui tingkat depresi dan kecemasan yang dialami. Hasil dari tes ini adalah, kondisi psikis para partisipan terkait erat dengan konsumsi makanannya sehari-hari.

Sebagai informasi, partisipan ini dibagi menadi beberapa grup. Ada yang mengalami perubahan konsumsi makanan menjadi lebih sehat, namun ada juga kelompok yang mengonsumsi makanan yang cenderung sama saja dalam kurun waktu tiga pekan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Hasilnya adalah, kelompok yang mengubah konsumsi makanan yang lebih sehat layaknya kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, kayu manis, dan teh kunyit cenderung memiliki kesehatan psikis yang lebih baik.

Para partisipan juga diminta untuk menurunkan asupan karbohidrat, makanan berlemak, makanan tinggi gula, makanan dan daging olahan, dan minuman bersoda.

“Sebenarnya, depresi tak hanya terjadi pada otak. Hal ini terjadi pada tubuh secara keseluruhan. Depresi terkait dengan terjadinya peradangan kronis di dalam tubuh. Masalahnya adalah konsumsi makanan tidak sehat bisa menjadi biang keladi dari peradangan tersebut.

Manfaat Rutin Makan Makanan Sehat Selain Mengatasi Depresi

Tak hanya memperaiki kesehatan psikis, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan lainnya yang bisa didapatkan jika kita rutin mengonsumsi makanan sehat.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan dikenal luas tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan-kandungan ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat. Sebagai contoh, kita bisa menemukan vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi di dalam beberapa jenis buah-buahan. Kandungan inilah yang bisa mendukung fungsi sistem imun tubuh.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Makanan-makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan cenderung tinggi kandungan serat. Hal ini tentu akan membuat saluran pencernaan berfungsi dengan lebih baik sekaligus mencegah masalah buang air besar dan meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Makanan sehat, khususnya yang tinggi kandungan kalium dan potasium bisa mendukung fungsi dan kesehatan pembuluh darah. Hal ini tentu bisa menurunkan risiko terkena hipertensi dengan efektif.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi di dalam makanan sehat tak hanya akan membuat pencernaan lebih lancar. Dalam realitanya serat bisa membuat kita kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mudah tertarik ngemil makanan yang tidak sehat sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan layaknya likopen, antosianin, dan kandungan lain di dalam makanan sehat layaknya sayur dan buah-buahan bisa membantu sistem imun tubuh melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa memicu kanker.

 

Sumber:

  1. 2019. Healthier diet may help lift depression symptoms. japantoday.com/category/features/health/Healthier-diet-may-help-lift-depression-symptoms. (Diakses pada 24 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi