Terbit: 12 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lapar sebelum tidur adalah sebuah hal yang membuat dilema. Bagaimana tidak, jika kita menuruti rasa lapar ini dan kemudian makan, maka kita akan berisiko terkena kenaikan berat badan, namun jika kita tidak makan dan membiarkan perut keroncongan, besar kemungkinan kita akan susah tidur atau tidur dengan tidak nyenyak. Sebenarnya, apakah ada makanan yang aman dikonsumsi sebelum tidur?

Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang ternyata boleh dikonsumsi sebelum tidur karena tidak akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan dan justru mampu membantu kita mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Salah satu dari makanan dan minuman tersebut adalah susu hangat yang rendah lemak.

Susu hangat memang sangat nikmat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Mengonsumsi minuman yang kaya akan karbohidrat dan triptofan ini bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Journal of Nursing 2007, disebutkan bahwa pasien insomnia sangat disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak hangat demi mengatasi masalah kesehatannya ini sehingga bisa kembali tidur dengan nyenyak setiap malam.

Jika kita ingin ngemil sesuatu sebelum tidur, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengonsumsi kedelai. Kedelai kaya akan protein dan nutrisi sehat lainnya, termasuk asam amino triptofan. Pakar kesehatan menyebut kandungan ini bisa membuat kita bisa segera mendapatkan rasa kantuk dan akhirnya membuat kita tidur dengan lebih nyenyak.

Kita juga diperbolehkan untuk mengonsumsi gandum utuh, termasuk roti gandum. Meskipun kaya akan kandungan karbohidrat, roti gandum kaya akan karbohidrat kompleks yang tinggi serat dan berbagai nutrisi lainnya. Selain roti gandum, kita juga bisa mengonsumsi oatmeal gandum yang sehat dan aman dikonsumsi sebelum tidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Kita juga bisa mengonsumsi beberapa jenis sayur atau buah-buahan sebelum tidur. Hal ini disebabkan adanya kandungan anti oksidan yang tinggi di dalam kedua jenis makanan sehat ini. Kandungan ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kadar kalori kedua makanan ini tidak tinggi sehingga tidak akan mudah menaikkan berat badan. Beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah buah ceri, buah beri, brokoli, dan jeruk.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi