6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Sebelum Fitnes

makanan-fitnes-doktersehat

DokterSehat.Com – Melakukan fitnes atau latihan di gym dalam keadaan perut kosong tentunya akan membuat Anda tidak bertenaga dan merasa lemas. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sebelum fitnes adalah sebuah keharusan. Hal yang perlu diingat adalah konsumsi makanan sebelum fitnes ini bukan dilakukan sesaat sebelum fitnes, melainkan 1 hingga 3 jam sebelum fitnes.

Nah, makanan fitnes yang Anda konsumsi juga tidak bisa sembarangan. Fitnes hanya akan  efektif jika dibarengi dengan asupanan makanan yang tepat, maka makanan yang Anda konsumsi selama menjalani program fitnes juga harus diperhitungkan dengan baik.

Pilihan makanan sebelum fitnes haruslah merupakan makanan sehat dan makanan tinggi protein yang juga mengandung cukup lemak dan karbohidrat yang dibutuhkan untuk menjadi energi. Makanan sehat apa saja yang wajib dikonsumsi sebelum Anda pergi ke gym?

Berikut adalah 6 makanan sebelum fitnes yang wajib dikonsumsi:

1. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan wajib dikonsumsi sebelum fitnes. Buah-buahan boleh dikonsumsi kurang dari satu jam sebelum Anda memulai latihan. Pilihan ini sangat baik jika waktu Anda sudah menuju waktu latihan dan Anda merasa memerlukan asupan makanan tambahan. Beberapa pilihan buah yang paling baik dikonsumsi sebelum fitnes adalah pisang, apel dan juga jeruk.

2. Apel dengan Selai Kacang dan Kismis

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa mengonsumsi buah Apel didampingi dengan selai kacang murni dan juga kismis. Buah kering seperti kismis sangat bagus menjadi sumber gula alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat dalam apel dan kismis yang berpadu dalam lemak tak jenuh dari selai kacang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Oatmeal

Makanan sebelum fitnes yang wajib Anda konsumsi selnjutnya adalah oatmeal. Oatmeal memang merupakan salah satu makanan sehat yang sangat direkomendasikan untuk program diet. Sifatnya yang terserap lebih lama dalam pencernaan dapat membantu kita untuk benergi lebih lama juga selama latihan.

Terdapat beberapa resep oatmeal yang bisa Anda coba untuk dikonsumsi sebelum fitnes. Pertama adalah campuran oatmeal, geek yogurt, dan juga blueberry. Resep kedua adalah campuran oatmeal dengan strawberry.

Resep yang ketiga adalah oatmeal dengan topping pisang dan juga kacang almond. Anda bisa mengonsumsi makanan fitnes yang satu ini sekitar 1 hingga 2 jam sebelum memulai latihan.

baca juga : 4 Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Melakukan Fitnes

4. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan tinggi protein yang sangat populer. Selain mudah didapat, telur juga memiliki harga yang ekonomis. Ada beberapa saran yang menyebutkan bahwa sebaiknya mengonsumsi putih telur saja sebelum fitnes, padahal akan lebih baik jika kita mengonsumsinya secara utuh.

Kosumsi telur rebus utuh sebelum fitnes akan membantu memenuhi kebutuhan protein yang sangat dibutuhkan oleh otot. Jika tidak menyukai telur rebus, Anda boleh menjadikannya omelet, tapi tentu saja tidak disarankan untuk menggorengnya dengan minyak sayur.

5. Pisang dengan Selai Kacang dan Madu

Makanan sehat selanjutnya yang bisa Anda konsumsi sebelum fitnes adalah pisang yang disantap dengan selai kacang dan madu. Selai kacang yang digunakan bisa selai kacang tanah atau kacang almond. Lebih baik jika selai kacang yang Anda pilih adalah selai kacang murni yang tidak mengandung gula.

Pisang mengandung karbohidrat yang akan menjadi energi dan juga potassium yang akan membantu kerja syaraf dan otot. Selai kacang akan memenuhi kebutuhan lemak tak jenuh yang akan dibakar selama latihan. Sedangkan madu, selain menambahkan rasa masis, juga bertugas untuk menstabilkan glukosa dalam aliran darah.

6. Sandwich Roti Gandum

Anda juga bisa membuat sandwich dari roti gandum sebagai makanan sebelum fitnes. Roti gandum akan memenuhi kebutuhan karbohidrat yang akan menjadi energi. Sedangkan kebutuhan protein dan lemak bisa Anda dapatkan dari isian sandwich.

Anda bisa mengisi sandwich dengan beberapa pilihan menu makanan seperti perpaduan pisang dan selai kacang atau perpaduan telur rebus dengan buah alpukat. Memakan sandwich idealnya dlakukan sekitar kurang lebih 2 jam sebelum memulai latihan.

Selain enam makanan sehat di atas, Anda juga bisa membuat minuman sehat yang juga sangat penting dikonsumsi sebelum fitnes. Minuman yang mampu memenuhi kebutuhan energi Anda antara lain adalah jus jeruk dengan campuran sea salt dan madu atau protein smoothies yang terbuat dari pisang, susu, bubuk protein, dan aneka buah beri.