4 Makanan Sebelum Donor Darah yang Wajib Dikonsumsi!

makanan-sebelum-donor-darah-doktersehat

DokterSehat.Com – Sebelum melakukan donor darah, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi. Makanan sebelum donor darah harus diperhatikan karena makanan ini akan memengaruhi kondisi tubuh kita dan menentukan apakah tubuh kita siap untuk melakukan donor darah atau tidak. Makanan apa saja yang sebaiknya kita makan sebelum donor darah?

Makanan Sebelum Donor Darah

Sebelum melakukan donor darah, kita diharuskan mempersiapkan fisik dan juga mental. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menunjang tubuh yang akan melakukan donor.

Berikut adalah berbagai makanan sebelum donor darah yang wajib Anda konsumsi!

1. Makanan Tinggi Zat Besi

Makanan sebelum donor darah yang wajib dikonsumsi pertama adalah makanan dengan kandungan zat besi tinggi.

Zat besi merupakan mineral utama dalam pembentukan hemoglobin (Hb). Hb sendiri merupakan protein dalam sel darah merah yang mengikat oksigen yang dibawa dari paru-paru ke seluruh tubuh. Apabila kadar Hb rendah, seseorang tidak akan diizinkan untuk mendonorkan darah.

Selain itu, sebagian zat besi juga akan hilang bersamaan dengan Anda mendonorkan darah. Apabila tubuh tidak memiliki cadangan zat besi yang cukup, Anda berpotensi mengalami anemia defisiensi besi setelah melakukan donor darah.

Zat besi dibagi menjadi dua jenis yaitu zat besi heme dan non-heme. Jenis zat besi heme terkandung dalam makanan seperti daging merah, unggas, makanan laut, hati, dan telur.

Sedangkan zat besi non-heme biasanya terkandung dalam sayuran (bayam, ubi jalar, kacang polong, brokoli), buah-buahan (semangka, stroberi, dan buah-buahan yang dikeringkan), dan kacang-kacangan.

Zat besi heme lebih mudah untuk diserap oleh tubuh dibandingkan dengan zat besi non-heme. Sebelum melakukan donor darah, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi heme, tapi tidak ada salahnya juga jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi non-heme sebagai pelengkap.

2. Makanan Rendah Lemak

Makanan sebelum donor darah yang direkomendasikan selanjutnya adalah makanan rendah lemak.

Konsumsi makanan berlemak dapat memengaruhi kadar lemak dalam darah. Banyaknya lemak dalam darah ternyata dapat mengganggu proses pengujian penyakit menular. Maka dari itu, sebelum mendonorkan darah seseorang diharuskan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak untuk menghindari kondisi ini.

Pilihlah makanan dengan label rendah lemak seperti sereal atau oatmeal rendah lemak. Hindari mengolah makanan dengan cara menggorengnya.

3. Makanan Tinggi Vitamin C

Selain asupan zat besi, asupan vitamin C juga tidak kalah penting bagi Anda yang ingin melakukan donor darah.

Vitamin C berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Jadi, konsumsi zat besi yang cukup akan lebih efektif dan maksimal penyerapannya apabila Anda juga memenuhi kebutuhan vitamin C.

Vitamin satu ini paling banyak ditemukan dalam buah-buahan. Jenis buah-buahan yang baik untuk Anda makan sebelum donor darah adalah seperti jeruk, kiwi, mangga, nanas, stroberi, pepaya, semangka, tomat, bluberi, dan jenis buah beri lainnya.

4. Banyak Air Putih

Selain kebutuhan makanan, memenuhi kebutuhan cairan juga penting untuk dilakukan sebelum donor darah.

Selama proses donor darah, Anda akan kehilangan sejumlah cairan tubuh. Jika tidak mengganti cairan tersebut, Anda dapat mengalami dehidrasi setelah melakukan donor darah. Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi paling tidak 2 gelas tambahan sebelum donor darah.

Kebutuhan 2 gelas ini tentunya di luar dari kebutuhan cairan harian yaitu paling tidak 8 gelas per hari atau lebih menyesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas Anda. Selain konsumsi air putih, konsumsi makanan dengan kandungan air tinggi seperti buah-buahan juga dapat membantu.

Hal yang Harus Dihindari Sebelum Donor Darah

Selain makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum donor darah, terdapat juga makanan, minuman, dan obat yang sebaiknya dihindari sebelum melakukan donor darah.

Hal yang harus dihindari sebelum donor darah meliputi:

1. Alkohol

Disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol paling tidak 24 jam sebelum mendonorkan darah.

Hal ini disebabkan karena minuman beralkohol dapat membuat Anda lebih mudah untuk dehidrasi. Konsumsi alkohol setelah melakukan donor juga tidak direkomendasikan karena akan membuat pemulihan lebih lambat.

2. Penghambat Zat Besi

Terdapat beberapa makanan dan minuman yang dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Makanan dan minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum donor darah, terutama ketika Anda sedang mengonsumsi makanan yang menjadi sumber zat besi. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari tersebut termasuk:

  • Kopi dan teh yang mengandung kafein
  • Red wine
  • Cokelat
  • Makanan tinggi protein seperti keju, susu, dan yogurt.

3. Makanan tinggi lemak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan rendah lemak sebelum melakukan donor.

Hal ini dapat diartikan juga bahwa Anda harus menghindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Makanan cepat saji, makanan olahan, dan gorengan termasuk ke dalam jenis makanan berlemak tinggi yang sebaiknya dihindari sebelum dan setelah melakukan donor darah.

Itu dia berbagai rekomendasi makanan sebelum donor darah dan makanan yang sebaiknya dihindari sebelum dan setelah donor darah.

Hal yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan donor darah. Petugas palang merah yang akan menentukan apakah Anda diperbolehkan atau tidak melaksanakan donor darah berdasarkan pemeriksaan singkat yang dilakukan sebelum donor dilakukan.

Efek setelah donor darah pada setiap orang dapat berbeda-beda. Setelah berhasil melakukan donor darah, usahakan untuk tidak melakukan kegiatan yang terlalu berat hingga tubuh Anda benar-benar pulih.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. Osborn, Corinne O’Keefe. 2018. The Best Foods to Eat Before Donating Blood. https://www.healthline.com/health/what-to-eat-before-donating-blood. (Diakses 5 September 2019).
  2. Ipatenco, Sara. What Should You Eat for Breakfast Before Giving Blood?. https://www.livestrong.com/article/379268-what-should-you-eat-for-breakfast-before-giving-blood/. (Diakses 5 September 2019).