Pria Ini Hanya Makan Rebung Saat Tersesat di Gunung

doktersehat_hutan_gunung
Photo Source: Flickr/ Michael Swan

DokterSehat.Com– Seorang pria berusia 26 tahun tersesat selama 5 hari di salah satu gunung yang ada di Chengdu, Tiongkok. Ia mendaki gunung setelah berselisih paham dengan ibunya.

Dilansir dari South China Morning Post, pria bernama Zhou Bo ini belum pernah mendaki gunung sebelumnya namun ingin mendaki Gunung Xiling yang bersalju di kawasan Chengdu, Provinsi Sichuan di Barat Daya Tiongkok demi mengatasi emosinya. Ia ditemukan oleh petani lokal pada Sabtu, 12 Mei 2018 setelah empat hari dicari oleh tim SAR.

Zhou ditemukan dalam kondisi sadar namun terlihat sangat kelelahan di bawah sebuah pohon. Posisi tempat Ia ditemukan adalah 5.364 meter di atas permukaan laut. Setelah ditolong, Zhou langsung dilarikan ke rumah sakit dan kondisinya semakin membaik.

Saat ditanya tentang cara untuk bertahan hidup selama itu saat tersesat di gunung, Zhou berkata bahwa Ia mengonsumsi air mentah dari sumber mata air atau air hujan yang masih ada di dedaunan. Ia juga memakai batu atau ranting pohon untuk menggali dan mendapatkan rebung mentah, satu-satunya makanan yang Ia konsumsi saat tersesat. Ide untuk mengonsumsi rebung didapatkan setelah Zhou ingat bahwa panda bisa bertahan hidup hanya dengan makan bambu seumur hidupnya.

Zhou mulai mendaki gunung pada Senin, 7 Mei 2018 lalu setelah bertengkar dengan ibunya, Yu Fang. Hanya dengan kaus lengan pendek dan tidak memakai peralatan mendaki atau bekal makanan dan minuman apapun, Zhou nekat terus mendaki. Sayangnya, ponsel Zhou kehilangan sinyal dan Ia harus menetap di gua karena terjadi hujan lebat.

Beruntung, Zhou sempat mendapatkan sinyal telepon dan langsung menghubungi polisi sebelum baterai habis. Sejak saat itulah, Ia langsung dicari tim SAR dalam kondisi hujan deras dan kabut tebal. Sempat putus asa dan tak lagi mampu berjalan karena kelelahan, Zhou ditemukan petani yang sedang mencari tanaman herbal.

Zhou mengaku menyesal karena mendaki gunung dengan asal-asalan meski tidak memiliki pengalaman melakukannya sebelumnya.