Terbit: 7 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dalam proses membentuk otot, kita tidak bisa jika hanya mengandalkan latihan saja. Pasalnya, konsep dari latihan sendiri adalah membentuk massa otot pada tubuh sehingga secara logika bisa dikatakan kalau tidak ada massa otot, maka tidak akan ada yang bisa dibentuk. Oleh karenanya, ketika melakukan fitnes harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi.

Inilah Makanan yang Cocok Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Latihan

Makanan yang dipilih pun ada aturan serta cara mengonsumsinya. Sebab, praktik ini telah dibuktikan sejak dulu, orang-orang yang makannya tidak tertata justru malah membuang-buang waktunya di pusat kebugaran karena otot tidak terbentuk secara maksimal.

Nah, bagi Anda yang ingin membentuk otot secara cepat, alangkah baiknya memerhatikan makanan fitnes berikut ini.

Sebelum fitnes

  • Telur

Sebelum melakukan latihan, ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi, salah satunya adalah telur. Sekiranya dua jam sebelum latihan, konsumsilah minimal dua butir telur matang. Sebab, telur sangat kaya akan nutrisi dan protein yang bisa menambah berat badan. Nantinya, protein itulah yang akan diubah menjadi otot.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Kacang-Kacangan

Selain telur, ada satu lagi jenis makanan yang cukup direkomendasikan, yakni kacang-kacangan. Praktik makan ini bisa dilakukan bagi Anda yang tidak suka telur ataupun alergi dengan telur. Sebab, kacang-kacangan juga kaya akan protein yang bisa menambah massa otot ketika latihan dimulai. Ada banyak jenis kacang-kacangan, namun Anda bisa memilih yang super, seperti almond.

Setelah Latihan

  • Salmon

Setelah melakukan latihan, tubuh akan lemas akibat energi yang terkuras. Untuk itu, Anda perlu melengkapi gizi sebagai penyeimbang. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi setelah latihan adalah salmon. Sebab, salmin kaya akan protein dan asam lemak baik omega3. Selain itu, salmon juga baik untuk menjaga membrane sel sehingga mengurangi risiko cedera pada latihan selanjutnya.

  • Sayuran Hijau

Selanjutnya Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau setelah latihan kebugaran. Hal ini bertujuan agar tubuh mendapatkan nutrisi pengganti. Tak hanya sebagai sumber protein, tapi juga mineral mengingat ketika latihan begitu banyak keringat yang telah dikeluarkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi