Terbit: 19 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sebelum memulai pembahasan tentang jenis makanan probiotik dan manfaatnya untuk tubuh, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Di dalam tubuh setiap manusia terdapat bakteri baik yang sebagian bersarang di dalam perut. Bakteri ini memiliki jumlah yang sangat banyak, bahan bisa satu banding 10 dari jumlah sel di dalam tubuh.

Mengenal Makanan Probiotik dan Manfaatnya untuk Tubuh

Bakteri yang hidup di dalam perut sebagian besar tidak berbahaya. Bahkan, bakteri ini membantu seseorang dalam melakukan pencernaan dengan baik. Kalau bakteri mengalami gangguan atau mungkin mati, fungsi dari beberapa organ tubuh khususnya saluran pencernaan akan terganggu.

Jenis makanan yang mengandung probiotik

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik dan baik untuk dikonsumsi setiap hari:

  • Yoghurt, Anda bisa mengonsumsi yoghurt yang belum dicampur atau dicampur dengan susu rendah lemak dan buah.
  • Minuman dengan kandungan Lactobacillus sp. Di pasaran ada banyak makanan dengan bahan ini dan biasanya terasa asam.
  • Aneka acar dengan rasa asam. Acar ini bisa terbuat dari mentimun atau jenis sayuran lainnya.
  • Makanan fermentasi khas Korea ini juga mendung probiotik yang sangat bermanfaat. Bahkan, dari beberapa penelitian yang dilakukan, kimchi bisa meningkatkan ekspektasi hidup.
  • Bahan makanan ini tentu mudah didapatkan dan harganya murah. Anda bisa menggunakan tempat untuk berbagai resep masakan.
  • Minuman teh fermentasi yang baik untuk pencernaan dan rasanya lumayan nikmat.

Manfaat probiotik untuk tubuh

Manfaat probiotik untuk tubuh ada banyak dan cukup signifikan membuat Anda menjadi sehat. Kalau beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik di atas Anda konsumsi, beberapa manfaat di bawah ini bisa didapatkan.

  1. Menyehatkan saluran pencernaan

Mungkin Anda sering melihat banyak sekali minuman atau makanan dengan kandungan probiotik beredar di pasaran. Makanan itu digunakan untuk membuat pencernaan menjadi lebih nyaman dan tidak mudah nyeri atau panas. Kalau ada bakteri merugikan di dalamnya, bakteri baik akan segera memberantasnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Dengan kemampuan ini peluang terjadi sakit maag akut, diare, sembelit, hingga gangguan yang lebih besar seperti kanker perut tidak akan terjadi. Konsumsi probiotik setiap hari agar fungsi organ di saluran pencernaan berjalan lancar.

  1. Membantu penurunan berat badan

Manfaat probiotik jika dikonsumsi setiap hari bisa menurunkan lemak di dalam perut dengan cukup signifikan. Dari penelitian yang dilakukan selama 12 minggu, ada penurunan lemak di perut sebanyak 8,5%.

  1. Mengatasi inflamasi

Inflamasi atau peradangan pada tubuh adalah hal yang biasa dan bisa terjadi di mana-mana khususnya di saluran pencernaan. Probiotik yang ada di dalam tubuh akan membantu mencegah inflamasi itu sehingga tidak muncul atau kalau sudah terlanjur muncul bisa segera diatasi dengan mudah.

  1. Mencegah gangguan pada darah

Ada dua jenis gangguan pada darah yang menyebabkan tubuh mengalami sakit. Pertama adalah tekanan darah yang tidak stabil entah terlalu tinggi atau rendah. Selain itu ada juga kandungan kolesterol yang berlebihan. Dua hal itu bisa dibuat stabil dengan mengonsumsi probiotik apa pun jenisnya.

  1. Mencegah depresi dan rasa cemas berlebihan

Salah satu cara mengatasi depresi dan kecemasan berlebihan adalah dengan mempertahankan asupan probiotik di dalam tubuh. Terkadang kalau perut terasa tidak nyaman dan sering mengalami gangguan, ada kemungkinan rasa cemas muncul dengan berlebihan. Kondisi ini sering terjadi pada mereka yang kerap mengalami gangguan seperti maag.

Berdasarkan beberapa ulasan makanan probiotik dan manfaatnya di atas, mana saja yang sebelumnya belum pernah Anda ketahui? Semoga setelah mengetahui hal di atas, kita bisa menjaga kesehatan perut dengan lebih baik dari sebelumnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi