Terbit: 16 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Lembur bukanlah hal yang baru dalam dunia kerja. Biasanya karena ada pekerjaan yang sangat darurat atau karena ingin mendapatkan tambahan penghasilan, seorang pria memutuskan untuk lembur setiap malam. Mereka rela mengurangi jam tidur hingga 2-3 jam agar targetnya tercapai.

Makanan Terbaik untuk Pria yang Suka Lembur atau Kerja Malam

Lembur atau pekerjaan yang dikerjakan saat malam hari berbeda dengan pekerjaan normal yang dilakukan pada pagi hingga sore. Fisik pria akan mengalami penurunan karena sudah capai bekerja sejak pagi. Selain itu, tubuh juga butuh nutrisi yang sehat, tapi bisa memberikan asupan kalori dalam jumlah banyak.

Kalau Anda termasuk orang yang suka lembur, beberapa makanan di bawah ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan.

  1. Nasi merah

Bagi sebagian besar orang, kalau tidak makan nasi sama halnya tidak makan. Karena nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi dan menyebabkan lemas serta kantuk, ada baiknya untuk memilih nasi merah saja sebagai asupan karbohidrat kompleksnya.

Nasi merah yang dikonsumsi dalam porsi yang cukup akan memberikan tambahan serat. Anda akan kenyang lebih lama, tapi tidak merasakan kantuk. Nasi merah juga cocok untuk diet sehingga kemungkinan terjadi kenaikan berat badan akan rendah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Telur

Terkadang lembur dilakukan malam hari pasca makan malam. Namun, saat sedang bekerja kadang perut kembali lapar. Anda tidak perlu makan nasi lagi. Cukup konsumsi telur rebus 1-2 butir sebagai camilan untuk asupan protein dan juga lemak yang cocok untuk tambahan energi.

  1. Pisang

Pisang mengandung karbohidrat dengan jumlah yang pas. Selain itu, kandungan potasium juga baik untuk tubuh. Kalau saat malam Anda merasa lapar, konsumsi 1-2 batang pisang lalu minum air putih. Rasa lapar akan hilang dan Anda tidak terlalu kekenyangan.

  1. Apel

Apel memiliki fungsi sama dengan pisang. Buah ini mengandung karbohidrat meski tidak banyak. Selian itu kandungan vitamin C yang banyak juga bisa menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah dan sakit. Apel bisa dimakan langsung sebagai buah atau campuran jus rendah gula.

  1. Air putih

Mungkin Anda akan bertanya, memang air putih bisa membuat tubuh jadi kenyang dan lapar hilang? Air putih memang tidak bisa menghilangkan lapar fisik. Namun cocok untuk menghilangkan lapar emosi yang membuat kita ingin makan dan tidak terkontrol.

Air putih yang dikonsumsi dengan jumlah cukup sebanyak 6-8 gelas sehari juga bisa mencegah dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi tidak akan mudah capai atau lemas sehingga lembur bisa berjalan lancar.

  1. Coklat hitam

Cokelat hitam mengandung banyak sekali lemak nabati yang sehat dan bisa membuat Anda mudah kenyang. Kalau ingin mengonsumsi cokelat, penuhi satu syarat. Pastikan tidak mengandung banyak gula sehingga tubuh jadi lemas karena gula darah tinggi dan akhirnya mengantuk.

  1. Protein rendah lemak

Kalau Anda ingin makan camilan yang tidak terlalu ringan, tapi tetap bisa terkontrol kalorinya, coba pilih ayam fillet atau daging sapi. Masak dengan cara direbus atau dibakar. Dengan asupan ini Anda akan mudah kenyang dan tidak khawatir kalau ada kelebihan kalori.

Camilan ini cocok juga untuk Anda yang sedang diet atau memang sedang membentuk tubuh. Asupan protein bisa mencukupi kebutuhan kalori harian dan bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan saat siang.

Dari beberapa makanan yang cocok untuk lembur di atas, mana saja yang menurut Anda paling efektif untuk memberikan semangat dan mengembalikan tenaga agar selalu penuh dan tidak ambruk?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi