Terbit: 1 Februari 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian besar ibu hamil mengalami mual saat awal kehamilan. Kondisi ini adalah hal yang umum terjadi terutama pada masa trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan karena adanya produksi hormon kehamilan atau HCG dan peningkatan kadar hormon estrogen.

Makanan Pereda Mual Saat Hamil

Meskipun mengganggu, namun mual pada ibu hamil sebenarnya wajar dan memicu sang ibu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi untuk meredakan mual. Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat mual di awal kehamilan antara lain:

1. Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Pada ibu hamil, jahe dapat mengatasi rasa mual dan menenangkan perut. Aroma pedas jahe berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan oleh jahe dan senyawa gingerol dapat membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik.

Rebus jahe dalam beberapa gelas air panas, atau jika Anda tidak terlalu suka aroma jahe, masukkan beberapa potongan jahe pada minuman Anda untuk meredakan mual.

2. Apel
Kandungan antioksidan dari apel dianggap mampu membersihkan tubuh ibu hamil dari racun. Mengkonsumsi apel juga dianggap baik untuk membantu bayi tumbuh sehat dan aman dari gangguan radikal bebas. Selain itu apel memiliki kaya serat dan karbohidrat tinggi yang mampu meredakan mual dan pusing pada ibu hamil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Wortel
Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki sifat detoksifikasi alami sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada ibu hamil. Selain itu wortel juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mengonsumsi wortel dengan memasukkannya ke dalam sup, mengukusnya, atau dibuat menjadi jus.

4. Tomat
Salah satu makanan yang disarankan untuk menghilangkan mual saat hamil adalah tomat. Selain kaya akan antioksidan, tomat juga kaya akan asam folat, vitamin A dan C yang baik bagi perkembangan organ bayi. Kandungan asam dalam tomat juga bisa membuat sistem air liur ibu menjadi normal sehingga dapat mengurangi rasa mual. Jangan lupa cuci bersih tomat sebelum dikonsumsi untuk mencegah bakteri.

5. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu makanan pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Selain itu alpukat juga kaya akan kandungan asam folat sehingga dapat mencegah cacat pada janin, dan mampu mencegah tubuh lemah akibat anemia saat hamil.

6. Pepaya
Pepaya yang matang dapat mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Kandungan vitamin A dan C serta kalium dalam pepaya sangat baik untuk menjaga kerja jantung ibu hamil. Pastikan pepaya yang dikonsumsi adalah pepaya yang matang untuk mencegah masalah pada janin.

7. Yoghurt
Saat mual melanda, coba meredakannya dengan memakan yoghurt. Kandungan probiotik dalam yoghurt dinilai bisa menangani masalah tidak seimbangnya bakteri dalam usus sehingga dapat meredakan mual.

Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga bisa mengatasi mual saat hamil dengan makan dalam jumlah sedikit namun sering. Hal ini dapat mengurangi mual daripada ketika Anda makan besar tiga kali dalam sehari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi