Terbit: 28 Agustus 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ada beberapa rekomendasi makanan penyubur kandungan untuk wanita seperti salmon, sayuran berdaun hijau, telur, alpukat, dll. Ketahui apa saja makanan penyubur kandungan setelah haid agar cepat hamil.

13 Makanan Penyubur Kandungan Alami dan Sehat

Makanan Penyubur Kandungan Alami dan Sehat

Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama makanan yang mengandung folat, antioksidan, vitamin B12, vitamin E, dan asam lemak omega-3. Wanita juga harus mengatur jadwal makannya dengan benar agar sehat dan subur.

Ketahui apa saja makanan penyubur kandungan setelah haid, sebagai berikut:

1. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 dan DHA yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut berpengaruh besar pada kesuburan wanita dan juga penting untuk perkembangan otak dan mata janin dalam kandungan nanti.

Anda dapat mengonsumsi ikan salmon dengan beragam olahan, seperti digoreng atau dipanggang. Selain itu, ikan salmon memiliki risiko paparan merkuri lebih rendah sehingga dapat dikonsumsi lebih sering dalam seminggu.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sebagian besar sayuran dengan warna hijau gelap kaya akan kalsium, zat besi, vitamin B dan folat yang berfungsi meningkatkan kesuburan. Selain itu, konsumsi sayuran hijau diklaim dapat meningkatkan libido wanita.

Contoh sayuran berdaun hijau adalah kale, bayam, brokoli, arugula, Swiss chard, dll. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara ditumis, direbus, dijadikan salad, smoothie, atau olahan sayur lainnya yang nikmat dan menyehatkan.

3. Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin E yang dilaporkan bermanfaat untuk memperbaiki lapisan rahim dan meningkatkan kesuburan. Selain itu, alpukat juga kaya antioksidan yang berperan untuk meningkatkan hidup sperma.

Alpukat juga kaya akan nutrisi lain yang penting untuk meningkatkan kesuburan, seperti kalium, folat, dan vitamin K sehingga penyerapan vitamin lainnya menjadi lebih lancar. Lemak sehat pada alpukat juga dapat menstabilkan kadar dan fungsi hormon wanita.

4. Telur

Telur adalah bahan makanan yang nikmat, mudah diolah, serta harganya terjangkau. Telur juga mengandung nutrisi dan vitamin penting untuk tubuh dan kesuburan wanita. Berdasarkan laporan, kandungan kolin pada telur memiliki potensi untuk menjaga perkembangan janin.

Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B12 dan folat untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat. Telur juga mengandung karotenoid dan antioksidan untuk menjaga kesuburan wanita.

Baca Juga: 11 Ciri Masa Subur Wanita, Wajib Tahu Jika Ingin Cepat Hamil!

5. Buah Beri-berian

Buah beri-berian seperti blueberry, stroberi, dan raspberry kaya akan folat, zinc, dan antioksidan untuk menjaga kualitas sel telur wanita. Antioksidan juga dapat menjaga sel telur dan sperma dari risiko paparan radikal bebas. Selain itu, stroberi juga dikatakan dapat meningkatkan libido wanita.

6. Ubi Jalar

Makanan penyubur kandungan selanjutnya adalah ubi jalar. Ubi jalar kaya akan beta karoten yang meningkatkan produksi hormon progesteron (hormon seks wanita). Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat sehat, vitamin C, vitamin B, vitamin B6, dan antioksidan untuk menjaga kualitas sel telur.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari kaya akan vitamin E, protein tanpa lemak, dan zat besi. Kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan gairah seks, produksi sel telur sehat, dan melindungi kesehatan rahim.

8. Tomat

Anda menemukan tomat sebagai bahan tambahan dalam berbagai menu masakan. Selain menambah cita rasa, tomat juga kaya akan antioksidan jenis likopen yang secara signifikan dapat meningkatkan motilitas sperma atau kemampuan renang sperma.

Selain itu, likopen juga meningkatkan aktivitas dan struktur sperma yang sehat. Kandungan vitamin A, C, K, B6, serat, dan folat pada tomat berguna untuk menyeimbangkan hormon serta untuk kesehatan secara umum lainnya.

9. Butternut Squash

Butternut squash adalah sejenis labu yang kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin A pada labu dapat meningkatkan kualitas sperma dan produksi hormon. Kandungan vitamin C berperan untuk menjaga kesehatan ovulasi (pelepasan sel telur) dan beta karoten juga berperan untuk menjaga kesehatan sel telur.

10. Kubis Brussel

Kubis brussel mengandung folat untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan rahim. Kandungan asam folat tinggi sangat dibutuhkan untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan dan selama kehamilan untuk menjaga dan mendukung perkembangan otak janin di dalam rahim.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Kesuburan Pria (Meningkatkan Kualitas Sperma)

11. Greek Yogurt

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk konsumsi Greek yogurt sebagai camilan sehat. Greek yogurt kaya akan kalsium dan vitamin D. Kandungan ini bagus untuk pembentukan folikel ovarium matang.

12. Buah Delima

Buah delima atau pomegranates kaya akan antioksidan untuk melindungi kesehatan sel telur dari bahaya paparan radikal bebas. Buah delima juga kaya akan vitamin K, vitamin C, dan folat untuk kesuburan wanita.

13. Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan koda adalah sumber asam lemak omega 3, vitamin A, dan vitamin A yang berperan positif untuk meningkatkan kesuburan. Anda dapat mengonsumsi suplemen minyak hati ikan kod tambahan bila perlu.

Makanan yang Harus Dihindari untuk Menjaga Kesuburan

Bila Anda sedang merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini:

  • Alkohol, tentu saja alkohol sangat membahayakan kesehatan rahim dan janin serta kesehatan secara keseluruhan.
  • Gula, hindari makanan dan minuman olahan yang mengandung gula tinggi.
  • Lemak jenuh, makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan estrogen yang berdampak buruk pada kesuburan.
  • Kurangi asupan kafein harian karena dapat meningkatkan hormon estrogen hingga 70% dan memengaruhi siklus menstruasi tidak teratur.

Itulah pembahasan lengkap tentang makanan penyubur kandungan. Pada dasarnya, Anda harus makan makanan sehat setiap hari dan minum susu khusus persiapan hamil bila perlu. Anda juga dapat konsultasi ke dokter kandungan untuk saran medis sesuai dengan kondisi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Baby&Child. 2018. 15 foods to boost your fertility. https://babyandchild.ae/for-mums/all-about-you/article/1226/15-foods-to-boost-your-fertility. (Diakses pada 28 Agustus 2020).
  2. Dr. Rami Kaldas. 10 Foods That Will Increase Fertility and Libido in Women. https://kaldascenter.com/10-foods-will-increase-fertility-libido-in-women/. (Diakses pada 28 Agustus 2020).
  3. Gonzalez, Irina. 2020. 18 Foods That Increase Fertility When You’re Trying to Get Pregnant. https://www.glamour.com/story/foods-that-increase-fertility. (Diakses pada 28 Agustus 2020).
  4. Seitz, Adrienne, MS, RD, LDN. 2020. 16 Natural Ways to Boost Fertility. https://www.healthline.com/nutrition/16-fertility-tips-to-get-pregnant. (Diakses pada 28 Agustus 2020).
  5. The Fertility Institute. 2020. 7 Ways To Promote A Healthy Uterus To Increase Fertility. https://fertilityinstitute.com/7-ways-promote-healthy-uterus-increase-chances-fertility/. (Diakses pada 28 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi