Punya Maag? Jangan Sering Konsumsi 4 Jenis Makanan ini

doktersehat sakit maag saat hamil

DokterSehat.Com– Penyakit maag memang cukup menyebalkan. Pasalnya, penyakit yang satu ini bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. Dengan kambuh yang secara tiba-tiba, tentu saja membuat setiap penderitanya menjadi was-was karena takut rasa sakitnya muncul pada saat yang tidak tepat, misalnya saat sedang bekerja.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag, jangan pernah sepelekan penyakit yang satu ini. Sebab, sampai sekarang tak sedikit orang yang meregang nyawa akibat maag. Oleh karenanya, perlu menjaga makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Untuk menjaga agar maag tak mudah kambuh dan bahkan hilang, berikut adalah beberapa makanan yang tak boleh Anda konsumsi.

1. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang memiliki rasa lezat. Banyak yang menggunakan makanan ini sebagai camilan untuk penunda lapar. Tapi, terlalu sering mengonsumsi gorengan juga tak baik, selain bisa menyebabkan radang tenggorokan, gorengan juga akan meningkatkan jumlah asam di dalam lambung yang akhirnya membuat maag semakin parah.

2. Kafein

Selanjutnya, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi. Boleh saja mengonsumsinya dalam jumlah sedikit, asal perut harus terisi terlebih dahulu. Sebab, kafein sangat kuat dalam memicu kenaikan asam pada lambung.

3. Makanan Pedas

Jika Anda termasuk orang yang suka makan pedas, maka hindarilah makanan tersebut mulai dari sekarang. Pasalnya, makanan pedas bisa membuat seseorang menjadi sakit perut dan mengalami berbagai masalah pencernaan. Kemudian, makanan pedas juga sangat hebat dalam menciptakan reaksi yang mengakibatkan rasa nyeri pada perut.

4. Makanan Keras

Jika Anda ingin benar-benar terhindar dari penyakit maag, maka jaga makanan yang akan dikonsumsi. Usahakan untuk memakan makanan yang lembut dan mudah cerna. Sebab, makanan keras yang sulit dicerna lambung akan membuat maag Anda kambuh lagi. Bahkan, jika diteruskan bisa membuat maag semakin parah.