DokterSehat.Com – Bagi pemilik wajah berjerawat, terkadang mengonsumsi makanan tertentu menjadi dilema. Sulit untuk menolak kelezatan makanan tersebut, tapi tidak ingin juga muncul jerawat di wajah setelah mengonsumsinya. Benarkah terdapat minuman dan makanan penyebab jerawat? Simak daftar dan faktanya berikut ini, yuk!

makanan-penyebab-jerawat-doktersehat

Minuman dan Makanan Penyebab Jerawat

Kemunculan jerawat memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah minuman dan makanan yang kita konsumsi. Jika ingin terhindar dari jerawat, berikut daftar minuman dan makanan penyebab jerawat yang mungkin harus Anda hindari!

1. Cokelat

Cokelat sebagai salah satu makanan penyebab jerawat memang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat sejak dulu. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan olahan cokelat banyak mengandung gula sehingga makanan ini dapat menyebabkan jerawat. Peningkatan gula darah dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat.

2. Permen

Makanan penyebab jerawat yang kedua adalah permen. Sama halnya seperti cokelat, permen juga menjadi penyebab jerawat karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Bahkan dapat dikatakan bahwa kandungan gula dalam permen lebih tinggi dari cokelat karena memang gula merupakan bahan utama dari permen.

Selain meningkatkan hormon penyebab jerawat, makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat merusak kerja kolagen dan elastin kulit sehingga kulit dapat turun elastisitas dan gejala penuaan bisa muncul lebih cepat.

3. Kacang

Bagi sebagian orang, kacang merupakan salah satu makanan penyebab jerawat yang wajib untuk dihindari. Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah karena kacang tanah merupakan kacang yang paling umum ditemukan dalam makanan. Meskipun begitu, banyak juga orang yang sensitif terhadap jenis kacang lainnya.

4. Kedelai

Selain kacang tanah, kacang kedelai juga bisa menjadi pemicu jerawat. Kacang kedelai juga sangat umum ditemui karena dapat diolah menjadi berbagai makanan mulai dari tahu, tempe, hingga susu kedelai. Jika Anda sensitif terhadap kacang yang satu ini, lebih baik kurangi konsumsinya.

5. Pasta

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah pasta. Makanan asal Italia ini memiliki sangat banyak jenis dan dapat diolah menjadi menu yang sangat beragam. Jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan gluten tinggi sehingga dapat menjadi pemicu jerawat.

6. Roti

Roti adalah makanan yang umum dikonsumsi untuk mengganjal perut atau paling cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Sayangnya, roti juga bisa menjadi makanan penyebab jerawat. Sama seperti pasta, roti juga memiliki kandungan gluten yang tinggi.

7. Sereal

Selain roti, sereal juga merupakan makanan yang sangat ideal dijadikan sebagai menu sarapan. Namun sama halnya seperti roti dan pasta, sereal juga ternyata memiliki kandungan gluten yang tinggi sehingga harus diwaspadai oleh Anda yang mudah berjerawat.

8. Gorengan

Gorengan dan jerawat seperti menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak juga berpotensi meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sebum yang berlebihan memang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

9. Kripik kentang

Siapa sih yang tidak suka keripik kentang? Makanan yang satu ini menjadi camilan yang disukai hampir semua orang. Meskipun rasanya enak, Anda perlu hati-hati karena kripik kentang bukan merupakan camilan sehat dan merupakan salah satu makanan penyebab jerawat. Hal ini juga berlaku untuk kentang goreng atau french fries.

10. Pizza

Makanan yang satu ini paling cocok dinikmati saat berkumpul bersama teman dan keluarga. Pizza memiliki bahan dasar seperti roti. Selain itu, pizza juga memiliki kandungan lemak yang tinggi berasal dari topping-nya. Tidak heran jika pizza masuk ke dalam daftar makanan penyebab jerawat.

11. Mi instan

Mi instan memiliki rasa yang lezat dan bisa membuat ketagihan. Walaupun kelezatannya sudah tidak diragukan, bahaya mie instan untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan. Menyebabkan jerawat juga ternyata merupakan salah satu bahaya mie instan, karena mie instan juga memiliki kandungan gluten tinggi dan tentunya juga bahan pengawet tinggi.

12. Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang paling digemari. Tahukah Anda bahwa ternyata produk olahan susu dapat memicu jerawat? Ya, produk olahan susu ternyata dapat memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak sehingga dapat menimbulkan jerawat.

13. Es krim

Es krim tidak jauh berbeda dari keju, karena juga merupakan produk yang terbuat dari susu. Konsumsi es krim memang dapat menurunkan stres, tapi bagi sebagian orang, es krim juga dapat menjadi salah satu makanan penyebab jerawat.

14. Junk food

Banyak orang yang menyamakan junk food dengan fast food, tapi sebenernya keduanya memiliki perbedaan. Junk food merupakan bagian dari fast food, bedanya adalah junk food merupakan fast food dengan kandungan gizi yang hampir tidak ada sama sekali, sedangkan masih terdapat fast food yang bergizi.

Junk food merupakan makanan dengan kandungan lemak, kolesterol, garam, dan bahan pengawet yang tinggi. Makanan seperti ini tentu berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan dan sangat mungkin menyebabkan jerawat.

15. Daging babi

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah daging babi. Tidak jauh berbeda dengan beberapa makanan sebelumnya, daging babi disebut sebagai makanan penyebab jerawat juga disebabkan oleh kandungan lemak yang tinggi dalam daging babi.

16. Ayam

Selain daging babi, ayam juga perlu diwaspadai sebagai makanan penyebab jerawat. Makan bagian ayam seperti bagian kulit atau sayapnya perlu diwaspadai karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, ayam broiler yang terkadang mendapat suntikan hormon juga dianggap sebagai salah satu penyebab hormon penyebab jerawat meningkat.

17. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat mudah didapat. Keistimewaan telur ini ternyata tidak dapat disarakan oleh semua orang. Sebagian orang justru merasakan reaksi seperti jerawat bahkan bisul setelah mengonsumsi telur.

18. Makanan pedas

Pecinta makanan pedas harus waspada karena ternyata makanan pedas juga dapat menyebabkan jerawat. Makanan pedas dapat meningkatkan sirkulasi darah ke wajah yang dapat menjadi pemicu jerawat. Selain itu, gangguan pencernaan yang disebabkan makanan pedas juga sering kali dapat memicu jerawat.

19. Martabak

Martabak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat menjamur dan disukai oleh masyarakat. Martabak memiliki kandungan gluten dan lemak yang tinggi dari berbagai taburannya sehingga perlu dihindari oleh pemiliki kulit berjerawa. Martabak telur juga tentunya harus dihindari oleh Anda yang sensitif terhadap telur.

20. Buah dengan kandungan gula tinggi

Buah dapat menimbulkan jerawat? Beberapa buah memang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga perlu dihindari agar tidak memperparah kondisi jerawat. Buah-buahan yang kandungan gulanya tinggi adalah seperti jeruk, pisang, nanas, semangka, dan juga mangga.

21. Minuman bersoda

Selain makanan penyebab jerawat, terdapat juga miniman penyebab jerawat. Semua jenis minuman bersoda dapat memperparah kondisi jerawat. Soda mengandung gula yang tinggi dan juga aspartam yang dapat memperparah peradangan pada tubuh.

22. Kopi

Minuman penyebab jerawat selanjutnya adalah kopi. Kandungan kafein yang ada dalam kopi menjadi penyebabnya. Kafein dapat memicu produksi hormon kortisol. Pelepasan hormon satu ini dalam tubuh ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Mengenal Purging, Apa Bedanya dengan Jerawat Biasa?

Makanan Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Hingga saat ini, banyak yang bertanya-tanya, benarkah makanan dan minuman dapat menyebabkan jerawat? Sebagian berpendapat bahwa hal ini merupakan fakta dan sebagian lagi menganggap hal ini merupakan mitos. Pada dasarnya makanan penyebab jerawat memang ada, tetapi tentunya tidak semua orang bereaksi pada makanan yang sudah disebutkan di atas.

Umumnya makanan penyebab jerawat akan berpengaruh pada pemilik kulit acne prone dan tidak bereaksi pada pemilik kulit normal. Setiap orang tentunya memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Perlu diketahui juga bahwa masih banyak faktor lain yang memengaruhi jerawat seperti hormon, kurang menjaga kebersihan kulit, hingga karena stres.

Sangat penting mengenali apakah wajah Anda sensitif terhadap makanan tertentu atau tidak, agar jerawat dapat dihindari. Jika makanan tersebut tidak memberikan efek negatif pada tubuh, maka artinya makanan tersebut tidak masalah jika dikonsumsi. Tentunya bukan hanya jerawat saja yang dijadikan ukuran, tetapi juga efek makanan tersebut pada keseluruhan kesehatan Anda.