Terbit: 26 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hidung meler wajar terjadi saat kita mengalami pilek atau batuk. Masalahnya adalah hal ini bisa cukup merepotkan karena membuat kita harus sering mengelap hidung, baik itu dengan tisu, sapu tangan, atau benda lainnya. Jika kita salah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, bisa jadi masalah hidung meler ini juga bisa menjadi semakin parah.

5 Makanan Penyebab Hidung Meler

Makanan yang Bisa Membuat Hidung Meler Semakin Parah

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat hidung kita menjadi semakin meler dan kerepotan. Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Susu dan Produk Turunannya

Pakar kesehatan ternyata menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi susu atau produk turunannya untuk sementara saat sedang pilek atau batuk. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kasein dan laktosa di dalam produk susu yang bisa merangsang produksi ingus atau lendir dalam julah yang lebih banyak. Hal ini tentu akan membuat masalah hidung meler menjadi semakin parah, bukan?

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai dikenal luas sebagai pengganti susu hewani, khususnya bagi mereka yang mengalami alergi atau masalah intoleransi laktosa yang cukup parah. Masalahnya adalah susu kedelai ternyata bisa memberikan efek samping berupa meningkatkan produksi ingus. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsinya saat sedang pilek atau batuk, bisa membuat masalah hidung meler menjadi semakin parah.

  1. Makanan dengan Rasa yang Manis

Makanan dengan rasa yang manis karena kandungan gulanya tinggi seperti kue, biskuit, hingga minuman-minuman manis memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Masalahnya adalah jika kita mengonsumsinya saat sedang pilek atau batuk, bisa jadi akan membuat produksi lendir menjadi semakin banyak. Hidung meler akan semakin tidak karuan dan tubuh juga akan terasa sangat tidak nyaman.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Minuman dengan Kandungan Kafein Tinggi

Saat batuk atau pilek, sebaiknya menghindari minuman berkafein tinggi seperti kopi atau soda demi mencegah produksi ingus berlebihan dan menjaga kondisi saluran pernapasan agar bisa segera pulih.

  1. Kacang-Kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan, apalagi yang diolah dengan cara digoreng atau diberi tambahan tepung ternyata bisa membuat produksi ingus meningkat. Kita pun sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsinya saat sedang dalam kondisi pilek atau batuk demi membantu tubuh lebih cepat pulih.

Tips Cepat Mengatasi Hidung Meler

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mengatasi hidung meler dengan cepat.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Banyak Minum Air

Kita tentu sering mendengar saran dari pakar kesehatan yang meminta kita untuk memperbanyak asupan air putih saat batuk atau pilek, bukan? Hal ini ternyata cukup efektif membantu penyembuhan masalah kesehatan tersebut. Selain minum air, kita juga diminta untuk memperbanyak asupan sup hangat, jahe hangat, atau teh hangat demi meredakannya.

  1. Menghirup Uap

Menghirup uap dari minuman yang kita konsumsi atau uap dari air hangat yang diberi minyak esensial tertentu bisa membantu meredakan hidung meler atau hidung tersumbat dengan efektif.

  1. Tidur dengan Posisi Bantal yang Lebih Tinggi

Jika bantal tidak begitu tinggi atau kita tidur dengan posisi tengkurap, bisa jadi masalah hidung meler akan menjadi semakin parah. Pernapasan juga rentan untuk tersumbat. Dengan menempatkan bantal lebih tinggi, akan membuat pernapasan lebih lega dan hidung tidak mudah meler.

  1. Mengonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas bisa membantu melegakan hidung yang sebelumnya tersumbat dan meredakan gejala pilek.

 

 

Sumber:

  1. Permana, Rizky. 2019. 5 Makanan yang Bisa Membuat Ingusmu Jadi Meluber. com/sehat/5-makanan-yang-bisa-membuat-ingusmu-jadi-meluber.html. (Diakses pada 26 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi