DokterSehat.Com– Bau badan adalah sebuah problem yang sering ditakuti oleh sebagian orang. Bagaimana tidak, seseorang yang memiliki bau badan menyengat akan membuat orang-orang di sekitar menjadi tak nyaman ketika berada di dekatnya. Hal tersebut tentunya juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

doktersehat-mulut-bau

Bau badan sama halnya dengan bau mulut yang cukup mengganggu dalam interaksi dengan orang lain serta menurunkan rasa percaya diri. Oleh karenanya, Anda harus menjaga kebersihan badan agar terhindar dari bau yang menyengat.

Selain menjaga kebersihan, bau badan juga bisa dicegah dengan cara menjaga pola makan Anda. Pasalnya, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa menciptakan bau badan. Nah, makanan itulah yang harus Anda hindari. Apa saja makanannya? Berikut diantaranya:

1. Bawang

Untuk yang satu ini memang sudah taka sing lagi. Bawang adalah bumbu dapur yang digunakan sebagai penyedap rasa. Namun, ketika Anda terlalu banyak mengonsumsinya maka akan membuat napas dan badan  Anda menimbulkan bau yang kurang sedap. Boleh saja Anda mengonsumsi bawang, tapi harus dalam jumlah sewajarnya.

2. Junk Food

Junk food adalah makanan cepat saji yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Sayangnya, walau terkenal dengan rendah gizi, banyak orang yang masih gemar mengonsumsi junk food. Makanan ini bisa membuat napas dan tubuh Anda menjadi bau. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan di dalam junk food tidak memiliki molekul klorofil yang tugasnya mengusir bau tak sedap dari tubuh.

3. Ikan

Walau sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh, ikan juga bisa menciptakan aroma tak sedap pada tubuh seseorang. Biasanya, seseorang yang sering mengonsumsi ikan, tubuhnya akan berbau amis. Hal tersebut dikarenakan ikan mengandung kolin yang bisa memberikan aroma menyengat. Namun, Anda tak perlu khawatir, Anda hanya perlu mengonsumsi air putih secukupnya untuk menetralkan aroma tersebut.