Terbit: 30 Desember 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada beberapa makanan penyebab bau badan seperti bawang putih, ikan, daging merah, dan lainnya. Ketahui apa saja jenis-jenis makanan penyebab bau badan dan cara mengatasinya dalam pembahasan ini. 

9 Jenis Makanan Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasi

Jenis-Jenis Makanan Penyebab Bau Badan 

Bukan hanya dari produksi keringat secara alami, ternyata apa yang Anda makan bisa berdampak pada bau badan Anda. Makanan yang Anda konsumsi akan bereaksi dengan produksi kimia tubuh Anda sendiri dan menyebabkan bau yang tidak menyenangkan yang mungkin tidak Anda sadari. 

Ketahui jenis-jenis makanan penyebab bau badan, sebagai berikut: 

1. Bawang 

Bawang —bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay— bisa membuat aroma tubuh dan napas menjadi tidak sedap bila dikonsumsi terlalu banyak. Saat Anda makan bawang, bawang yang dipecah di mulut dan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang bersifat seperti belerang yang kemudian akan bereaksi dengan keringat dan menyebabkan bau badan.

2. Ikan

Walau sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh, ikan juga bisa menciptakan aroma tak sedap pada tubuh seseorang. Anda mungkin mengalami bau badan atau bau amis setelah makan ikan dalam jumlah banyak karena ikan mengandung kolin yang bisa memberikan aroma menyengat. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Saat Anda makan ikan atau telur, tubuh akan memproduksi trimetilamina di usus Anda. Trimetilamina yang menumpuk akan menyebabkan aroma tidak sedap yang dilepaskan dari keringat, napas, urine, dan air mani. Walaupun demikian, bukan berarti Anda harus berhenti makan ikan. Anda bisa menetralisirnya dengan minum air putih yang cukup. 

Baca Juga: 10 Penyebab Bau Badan yang Wajib Anda Kenali

3. Junk Food

Junk food adalah makanan cepat saji yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Walaupun rendah gizi dan vitamin, masih banyak orang yang gemar mengonsumsinya. 

Junk food juga dapat membuat napas dan aroma tubuh Anda menjadi bau. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan di dalam junk food tidak memiliki molekul klorofil yang tugasnya mengusir bau tak sedap dari tubuh.

4. Seafood

Seafood termasuk dalam jenis-jenis makanan penyebab bau badan. Secara alami, tubuh akan memproduksi zat kimia trimetilamina dari makanan laut yang menyebabkan bau beberapa jam setelah Anda makan makanan laut. Orang dengan gangguan metabolisme biasanya sulit menguraikan trimetilamina, sehingga bau amis tersebut akan menumpuk dan menyebabkan bau badan.

Kondisi medis tersebut bernama trimethylaminuria, yaitu orang yang tidak bisa menguraikan trimetilamina sehingga harus menghindari makanan yang mengandung trimetilamina seperti makanan laut, telur, hati, kacang polong, dan susu dari sapi yang diberi makan rumput.

5. Asparagus 

Asparagus menyebabkan urine Anda menjadi bau tidak sedap seperti bau kubis busuk. Sayuran asparagus yang dipecah di dalam tubuh memproduksi senyawa seperti belerang dan metil merkaptan yang larut dalam air yang menyebabkan bau tidak sedap saat dicerna di sistem pencernaan. Walaupun demikian, tidak semua orang akan mengalami bau badan setelah makan asparagus tergantung genetik setiap orang.

6. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous berasal dari keluarga Brassicaceae yaitu brokoli, kubis brussel, bok choy, kangkung, kubis, kol, arugula, sawi, kembang kol, dan sayuran hijau lainnya. Semua jenis sayuran cruciferous tinggi serat yang bila bereaksi dengan bakteri akan menyebabkan gas limbah yang akan dikeluarkan oleh tubuh. 

Lalu, kenapa sayuran cruciferous termasuk dalam jenis makanan penyebab bau badan? Sayuran cruciferous mengandung sulfur yang sangat tinggi dan akan menyebabkan bau tidak sedap bila terurai menjadi hidrogen sulfida di dalam tubuh. 

7. Jinten dan Kari

Rempah seperti jinten dan kari memiliki aroma yang sangat kuat. Saat dipecah oleh tubuh, rempah tersebut akan memproduksi senyawa seperti belerang. Anda mungkin bisa merasakannya dari bau napas Anda. Bila senyawa tersebut bereaksi dengan keringat makan akan menyebabkan bau badan. 

8. Daging Merah 

Sebuah penelitian pernah dari jurnal Chemical Senses menyampaikan kesimpulan hasil bahwa pria yang menjalani diet vegetarian memiliki aroma tubuh yang lebih menarik daripada mereka yang makan daging merah. Kondisi ini bisa terjadi karena daging mengandung sulfur dan asam lemak yang menyebabkan produksi keringat jadi lebih bau. 

9. Alkohol 

Anda bisa mengetahui seseorang telah minum banyak alkohol dari bau napasnya. Seseorang yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak juga akan memiliki bau badan karena alkohol diserap di dalam liver dalam proses metabolisme lalu dipecah menjadi asetaldehida yang melewati paru-paru dan memengaruhi bau napas. Asetaldehida tersebut juga melewati pori-pori kulit. 

Alkohol juga membuat mulut kering sehingga air liur yang bekerja untuk membersihkan sel-sel mati di mulut tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, konsumsi alkohol berlebihan akan menyebabkan bau napas dan bau badan, serta berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Itulah jenis-jenis makanan penyebab bau badan. Sebagian dari jenis makanan tersebut termasuk makanan sehat jadi Anda tetap harus mengonsumsinya. Anda bisa mengatasi efek samping bau badan dan bau mulut tersebut dengan minum air putih yang cukup dan sikat gigi setelah makan.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Bau Badan agar Segar dan Wangi Setiap Saat

Cara Mengatasi Bau Badan

Bau badan adalah masalah kecil yang dapat berdampak besar bagi kehidupan Anda. Memiliki aroma tubuh yang tidak sedap mungkin akan mengurangi kepercayaan diri dan merugikan orang lain yang tidak sengaja menghirupnya.

Maka dari itu, ketahui cara mengatasi bau badan sebagai berikut: 

  • Gunakan deodorant.
  • Lebih sering mandi terutama bila beraktivitas berat dan berkeringat. 
  • Perhatikan kebersihan mulut dan gigi. Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari. 
  • Gunakan minyak wangi atau pewangi pakaian.
  • Batasi makanan yang membuat bau badan seperti bawang dan sebagainya. Makan dalam jumlah sedikit tidak membuat bau badan.
  • Pelajari cara mengatasi bau badan selengkapnya di sini

Itulah pembahasan tentang jenis-jenis makanan penyebab bau badan dan cara mengatasinya. Apabila perubahan gaya hidup dan pola makan tidak mengubah aroma tubuh Anda, maka bau badan mungkin terjadi akibat perubahan hormon. Silakan konsultasi ke dokter untuk gejala bau badan yang lebih mengganggu dan mengkhawatirkan walaupun itu jarang terjadi.

 

  1. Champion, Dena, RD. 2019. 5 foods and drinks that affect body odor. https://wexnermedical.osu.edu/blog/5-foods-and-drinks-that-affect-body-odor. (Diakses pada 30 Desember 2020). 
  2. Elmer, Jamie. 2019. Why Has My Body Odor Suddenly Changed?. https://www.healthline.com/health/sudden-change-in-body-odor#symptoms. (Diakses pada 30 Desember 2020). 
  3. Gardner, Amanda. 2018. 7 Foods That Might Be Giving You B.O. https://www.health.com/condition/skin-conditions/food-causes-body-odor?slide=c7f82d58-66b7-4fa3-b8b0-b75bdad3de54#c7f82d58-66b7-4fa3-b8b0-b75bdad3de54. (Diakses pada 30 Desember 2020). 
  4. MACKENZIE, MACAELA. 2018. 5 Ways Your Diet Can Cause Bad Body Odor. https://www.allure.com/story/diet-body-odor-causes. (Diakses pada 30 Desember 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi