Terbit: 3 September 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Makanan penyebab asam urat adalah makanan yang mengandung tinggi purin. Jika Anda memiliki kondisi ini, konsumsi makanan tersebut harus dibatasi atau lebih baik jika dihindari. Simak makanan apa saja yang bisa menyebabkan asam urat selengkapnya di bawah ini.

18 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Diwaspadai

Berbagai Makanan Penyebab Asam Urat

Sebelum menjelaskan mengenai makanan apa saja yang bisa menyebabkan nyeri pada persendian ini, perlu Anda ketahui bahwa zat purin ditemukan secara alami di dalam makanan. Saat mencerna purin, tubuh akan membuat asam urat sebagai produk limbah.

Bagi orang yang sehat, hal ini bukanlah masalah karena tubuhnya secara efisien menghilangkan asam urat dari tubuh. Namun, penderita asam urat tidak dapat secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat. Hal itulah yang menyebabkan serangan asam urat terjadi.

Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dihindari, di antaranya:

1. Daging Merah

Daging merah adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat tubuh. Penyebutan daging merah sebenarnya merujuk pada daging yang memiliki warna kemerahan seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, daging babi, hingga daging kuda. Meski menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh, penderita asam urat sebaiknya membatasi/menghindarinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Jeroan

Makanan tinggi purin lainnya yang bisa menjadi makanan penyebab asam urat adalah jeroan. Jeroan adalah istilah untuk menyebut berbagai organ dalam hewan, mulai dari lidah, usus, babat, jantung, paru, hati, limpa, hingga otak.

3. Lobster

Meski dikenal sebagai hewan laut, lobster juga ada yang hidup di air tawar. Hewan yang umumnya memiliki sepasang capit ini ternyata termasuk makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang. Penderita asam urat sebaiknya membatasi atau lebih baik menghindari lobster.

4. Udang

Hewan yang tidak memiliki tulang belakang ini adalah salah satu hidangan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meski cukup populer, banyak orang tidak tahu bahwa hewan ini mengandung purin, zat yang bisa memengaruhi kadar asam urat tubuh.

5. Ikan Sarden

Ini adalah salah satu ikan yang paling praktis untuk dikonsumsi karena biasanya sudah dikemas siap santap di dalam kaleng. Meski praktis dikonsumsi, bagi Anda yang memiliki asam urat, membatasi atau menghindari konsumsi ikan ini menjadi penting karena kandungan purin di dalamnya.

6. Ikan Teri

Meski memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, ikan teri bisa menjadi makanan penyebab asam urat karena kandungan purin di dalamnya. Selain itu, karena ikan ini sering diolah dengan cara diasinkan, bagi Anda yang memiliki darah tinggi, konsumsi teri sebaiknya dibatasi.

7. Ikan Tuna

Ikan laut lainnya yang harus dibatasi atau dihindari oleh penderita asam urat adalah tuna. Meski sering dikonsumsi untuk mendukung kondisi kesehatan, kandungan purin di dalamnya juga harus menjadi perhatian bagi Anda yang memiliki asam urat.

8. Ikan Makarel

Ikan penyebab asam urat berikutnya adalah makarel atau makerel. Ikan yang sering disamakan dengan ikan sarden ini ternyata mengandung purin. Sama seperti sarden, ikan yang sering dikalengkan ini juga harus diwaspadai oleh penderita asam urat.

9. Makanan Fruktosa Tinggi

Salah satu jenis gula yang banyak ditemukan pada makanan atau minuman sehari-hari adalah fruktosa. Fruktosa alami bisa ditemukan pada madu, buah, atau sayur. Sementara itu, ada juga fruktosa yang sudah melalui proses kimia.

Beberapa jenis buah dan sayur yang tinggi kandungan fruktosa, antara lain:

  • Semangka
  • Pisang
  • Apel
  • Anggur
  • Stroberi
  • Bluberi
  • Alpukat
  • Buncis
  • Selada
  • Wortel

Sementara itu, sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang diproses sebaiknya Anda membaca label kemasan terlebih dahulu. Pemanis ini juga bisa ditemukan pada gula palem, gula kelapa,  molase/tetes tebu, sirup jagung, sirup agave, atau sirop maple.

Baca Juga: 6 Sayuran Penurun Asam Urat dan Tips Menurunkan Asam Urat

10. Kacang Merah

Sering digunakan sebagai hidangan penutup, ternyata kacang merah menjadi salah satu menu yang harus diwaspadai oleh Anda memiliki asam urat. Kandungan purin dalam jumlah sedang yang ada di dalamnya dapat menjadi makanan penyebab asam urat.

11. Kacang Lentil

Kacang yang memiliki bentuk kecil dan umumnya memiliki warna cokelat, hitam, merah, dan hijau ini ternyata mengandung purin. Jadi, bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kacang lentil, terutama yang memiliki asam urat, konsumsi harus dibatasi sesedikit mungkin.

12. Kacang Lima

Kacang lima adalah kultivar dari kacang kratok yang berbiji besar. Kacang yang berasal dari Peru ini memiliki kandungan purin yang terbilang sedang. Meski memiliki manfaat bagi kesehatan seperti kacang-kacang lainnya, konsumsi kacang lima harus dibatasi untuk menghindari serangan asam urat.

13. Daging Rusa

Tidak sepopuler daging-daging lainnya, ternyata daging rusa termasuk daging yang mengandung purin karena termasuk dalam kelompok daging merah. Hal itu membuatnya menjadi penyebab asam urat. Daging yang memiliki rasa mirip dengan daging sapi namun dengan rasa yang lebih kaya ini harus dibatasi atau dihindari oleh penderita asam urat.

14. Kepiting

Salah satu sajian yang cukup populer di restoran seafood ini ternyata mengandung purin. Bagi Anda yang memiliki asam urat, membatasi konsumsi hewan yang memiliki banyak kaki ini adalah sesuatu yang penting.

15. Jamur

Dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang bisa diolah dengan berbagi menu masakan ini, ternyata jamur juga termasuk makanan yang mengandung zat purin. Apakah Anda memiliki asam urat? Membatasi konsumsinya adalah pilihan yang terbaik agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

16. Kembang Kol

Sayuran silangan yang sering juga disebut bunga kol ini mengandung purin dalam jumlah sedang. Agar serangan asam urat tidak terjadi sebaiknya Anda harus membatasi konsumsi konsumsinya, terutama bagi penderita asam urat.

17. Asparagus

Sayuran yang memiliki beragam warna mulai dari hijau, ungu, hingga putih ini mengandung purin. Meski asparagus rendah kalori, mengandung banyak vitamin, antioksidan, hingga zat mineral, penderita asam urat harus membatasi konsumsinya.

18. Bayam

Sayuran hijau lain yang bisa menjadi makanan penyebab asam urat adalah bayam. Meski dikenal karena kandungan zat besinya, kandungan lainnya seperti purin juga harus menjadi perhatian. Agar serangan asam urat tidak terjadi, konsumsilah dalam jumlah wajar.

Nah, itulah berbagai makanan yang mengandung purin yang sebaiknya dibatasi atau dihindari oleh penderita asam urat.

 

  1. Harbolic, Betty Kovacs. What Are Foods that Cause Gout to Flare up?. https://www.medicinenet.com/foods_that_cause_gout_to_flare_up/ask.htm. (Diakses pada 3 September 2020).
  2. Montoya, Silvana. 2019. What to eat and what to avoid with gout. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315732#avoid. (Diakses pada 3 September 2020).
  3. Raman, Ryan. 2017. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid. https://www.healthline.com/nutrition/best-diet-for-gout#section2. (Diakses pada 3 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi