Bukan Cuma Kacang, Ternyata Anak Juga Bisa Tersedak 5 Makanan Ini!

doktersehat-popcorn

DokterSehat.Com– Tersedak yang dialami anak-anak, tentu sangat mengkhawatirkan, ya. Hal ini tentu membuat anak menjadi kesulitan bernafas, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Tersedak, apalagi pada anak-anak merupakan suatu kondisi gawat darurat mengingat penanganan yang tidak tepat justru bisa menghambat jalan nafas.

Untuk itu, sebisa mungkin kita harus dapat mencegah terjadinya kondisi tersedak pada anak.

Selain memerhatikan apa saja yang sedang dimainkan anak, karena mainan merupakan salah satu hal yang sering menyebabkan anak tersedak, salah satu langkah jitu yang bisa kita lakukan tentu dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi anak-anak.

Pada anak di bawah usia 3 tahun, pengenalan tekstur dan jenis makanan memang penting, namun beberapa bahan makanan yang dapat menyebabkan tersedak sebaiknya dihindari terlebih dahulu.

Lantas, apa saja bahan makanan yang dapat menyebabkan anak tersedak?

Umumnya, kita tentu sudah mengetahui bahwa kacang utuh, sebagai bahan makanan yang ukuran kecil dan mudah ditelan, merupakan bahan makanan yang sangat mudah membuat anak tersedak.

Akan tetapi, tidak hanya kacang saja lho bahan makanan yang bisa membuat anak tersedak.

Berikut 5 jenis bahan makanan yang rentan menyebabkan anak tersedak namun kerap tidak disadari:

1. Buah yang berbentuk bulat dengan ukuran yang kecil

Photo Credit: Pexels.com/Luiz M. Santos

Mirip dengan kacang, buah yang memiliki bentuk bulat dan ukuran yang kecil, bisa meningkatkan risiko anak tersedak.

Apalagi jika buah tersebut adalah buah yang memiliki kulit tipis dan dapat langsung dimakan tanpa perlu mengupasnya, seperti anggur, tomat ceri atau stroberi.

Anak bisa jadi langsung mengonsumsinya utuh dan buah tersebut rentan membuat anak tersedak apalagi jika anak masih baru belajar mengenal makanan di tahun pertama usianya.

2. Sayuran yang keras

Selain buah, sayuran yang mungkin dimasak namun tidak sampai layu dan masih keras, bisa menyebabkan anak tersedak.

Hal ini bisa terjadi pada sayur yang memang memiliki tekstur keras, misalnya wortel. Untuk itu, selalu pastikan Anda memasak wortel, atau sayuran bertekstur keras lainnya, hingga cukup layu dan mudah dikunyah anak, ya.

3. Camilan bertekstur keras misalnya popcorn atau biskuit

Kerap tidak disadari, namun dua camilan ini ternyata bisa menyebabkan anak rentan tersedak. Popcorn yang cenderung keras dan kering, serta dapat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak di dalam mulut, membuat anak rentan tersedak.

Sama seperti popcorn, biskuit yang juga memiliki tekstur keras dan kering bisa membuat anak tersedak.

4. Camilan bertekstur kenyal

Camilan yang bertekstur kenyal memang disukai anak-anak, ya. Sayangnya, camilan dengan tekstur kenyal misalnya jeli, agar-agar atau permen marshmallow justru rentan membuat anak tersedak.

Makanan yang teksturnya kenyal bisa jadi membuat anak merasa makanan tersebut mudah ditelan dan cenderug mengonsumsinya dalam ukuran besar, padahal kondisi ini justru bisa membuat anak tersedak.

5. Makanan yang teksturnya lengket

Selain 4 makanan di atas, makanan yang bisa membuat anak tersedak dan rentan tidak disadari adalah makanan yang lengket, misalnya selai buah.

Makanan yang lengket akan membuat anak kesulitan menelan, selai buah yang terlalu lengket, bisa membuat anak sulit menelan makanan apalagi jika dikonsumsi sebagai olesan makanan yang juga keras, misalnya biskuit.

Nah, itu dia 5 bahan makanan selain kacang yang bisa membuat anak tersedak.

Selalu perhatikan makanan apa yang akan dikonsumsi anak, jika 5 bahan makanan di atas adalah salah satunya, pastikan Anda mempersiapkannya dalam bentuk yang lebih mudah dikunyah anak serta tekstur yang lebih cocok untuk anak, ya.