Terbit: 20 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Testosteron memiliki peranan yang cukup besar dalam aktivitas seks pria dan wanita. Ya, wanita juga memiliki hormon yang identik dengan pria ini pada tubuhnya meski jumlahnya terbatas. Hormon testosteron mempengaruhi gairah seksual wanita dan beberapa organ lainnya seperti tulang dan kesehatan jantung.

6 Makanan yang Berisiko Turunkan Testosteron pada Tubuh

Penurunan kadar testosteron di dalam tubuh bisa menyebabkan banyak sekali masalah pada pria dan wanita. Kondisi seperti diabetes tipe-2 hingga gangguan metabolisme serta jantung bisa terjadi. Oleh karena itu pria dan wanita diharapkan untuk lebih bisa menjaga testosteron dan menghindari makanan yang bisa menurunkannya. Berikut tujuh makanan yang bisa menurunkan testosteron.

  1. Kedelai dan olahannya

Penelitian tentang kedelai yang mampu menurunkan testosteron sudah banyak dilakukan. Namun, beberapa penelitian saling bertentangan satu dengan lainnya. Kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yang bisa berfungsi mirip dengan estrogen yang dikenal sebagai hormon seks dari wanita.

Mengonsumsi kedelai dalam jumlah banyak selama 54 hari bisa menurunkan kadar testosteron di dalam tubuh. Namun, penelitian ini harus dilakukan kembali karena ada penelitian lain yang menganggap kedelai sehat dikonsumsi dan tidak memengaruhi kadar hormon seks pria.

  1. Daun mint

Penelitian terkait khasiat dari daun mint terhadap tubuh lebih banyak dilakukan pada wanita dan bintang. Dari penelitian ini, mint yang dibuat menjadi teh atau minuman tertentu bisa digunakan untuk menurunkan kadar testosteron kalau dikonsumsi selama satu bulan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Oh ya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, wanita memang memiliki kadar testosteron di dalam tubuhnya. Namun, kalau kadar hormon itu berlebihan bisa membuat mereka mengalami gangguan pada tubuh.

  1. Akar licorice

Akar licorice sering digunakan untuk permen atau obat herba dalam bentuk sirup khususnya obat batuk. Meski bermanfaat untuk tubuh, konsumsi licorice dalam waktu yang singkat bisa menurunkan kadar testosteron di dalam tubuh hingga 26% dalam waktu satu minggu saja.

Meski bisa menurunkan testosteron pada pria dan wanita, konsumsi licorice masih diperbolehkan. Asal tidak berlebihan dan hanya untuk obat saja, kadar testosteron bisa naik sendiri perlahan-lahan.

  1. Minyak sayur

Meski studi tentang pengaruh minyak sayur masih sangat minim, dari dua studi yang dilakukan pada pria didapatkan data kalau testosteron bisa menurun. Penurunan ini terjadi karena minyak sayur juga mengandung bahan minyak kedelai dan lemak tidak jenuh yang cukup tinggi.

Minyak sayur memang baik untuk diet atau mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, kalau dikonsumsi berlebihan ada penurunan kadar testosteron yang cukup tinggi.

  1. Flaxseed

Flaxseed baik sekali untuk kesehatan jantung karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Flaxseed banyak digunakan untuk makanan diet entah dalam bentuk taburan atau dicampur dengan buah-buahan di dalam jus.

Dari penelitian yang dilakukan, flaxseed baik untuk menurunkan kadar testosteron. Oleh karena itu pria dengan kanker prostat disarankan mengonsumsi biji ini agar kanker tidak tumbuh dengan cepat.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan seperti frozen food, makanan kalengan, makanan instan, dan aneka makanan yang tidak dikonsumsi dalam kondisi segara memiliki kandungan lemak yang tinggi. Campuran gula dan pengawet lainnya bisa menyebabkan masalah pada tubuh khususnya penurunan testosteron.

Pria dan wanita tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji. Lebih baik mengonsumsi sayuran, buah, atau protein yang mengandung komponen untuk menaikkan testosteron seperti tiram.

Inilah enam makanan yang bisa menurunkan kadar testosteron pada tubuh pria dan wanita. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi