6 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

ikan-salmon-doktersehat
Photo Source: pexels.com

DokterSehat.Com– Normalnya, setelah makan kadar gula darah akan ikut naik. Gula darah inilah yang kemudian akan dimetabolisme oleh insulin menjadi sumber energi tubuh. Masalahnya adalah, jika kita mengonsumsi makanan yang tidak tepat seperti makanan tinggi kalori atau tinggi gula, kadar gula darah akan naik dengan signifikan dalam waktu yang lama. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan datangnya diabetes.

Beberapa jenis makanan yang justru bisa membantu menurunkan gula darah

Demi menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi normal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan pola makan sehat, khususnya dalam hal memilih makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa memberikan manfaat sehat tersebut.

  1. Alpukat

Tak hanya cocok untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan, alpukat yang mengenyangkan ini ternyata juga bisa dikonsumsi jika kita ingin menurunkan atau mengendalikan kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh keberadaan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa memberikan manfaat tersebut.

Selain itu, alpukat juga mampu membuat fungsi hormon insulin meningkat. Padahal, hormon inilah yang berperan dalam mengendalikan kadar gula darah. Buah ini juga bisa menurunkan risiko terkena sindrom metabolik, salah satu penyebab utama dari diabetes.

  1. Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3

Daging ikan memang jauh lebih sehat dibandingkan dengan jenis daging lainnya, khususnya daging merah. Kandungan protein di dalam daging ini bisa membuat tubuh lebih kenyang dalam waktu yang lama sehingga akan mencegah keinginan mengonsumsi camilan tidak sehat. Hal ini secara tidak langsung bisa mencegah kenaikan gula darah dengan efektif.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi ikan dengan asam lemak omega 3 yang tinggi seperti ikan salmon, ikan trout, ikan tuna, ikan kembung, dan ikan sebelah secara teratur jika memang ingin menurunkan kadar gula darah.

  1. Bawang putih

Sering dijadikan bumbu masakan karena mampu membuat rasa dan aroma makanan menjadi lebih nikmat, bawang putih ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan kadar gula darah dengan signifikan.

Sebuah penelitian menghasilkan fakta bahwa kebiasaan mengonsumsi bawang putih sebelum makan bisa membantu kita menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes yang mengalami masalah dengan kadar gula darah sangat disarankan untuk sering mengonsumsi rempah ini.

  1. Kakao

Kakao adalah bahan utama dari cokelat, salah satu jenis camilan yang paling digemari umat manusia. Jika kebanyakan orang berpikir jika cokelat bisa menyebabkan kenaikan berat badan atau bahkan risiko diabetes, sebenarnya cokelat justru bisa membantu mencegahnya asalkan dikonsumsi dengan tepat.

Jika mengonsumsi cokelat hitam dengan kadar kakao yang tinggi dan gula yang rendah dengan porsi yang tepat, maka kita bisa mendapatkan kandungan layaknya antioksidan, flavanol, serta protein yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Memang, rasanya akan cenderung pahit jika dibandingkan dengan cokelat jenis lainnya, namun kita tetap akan bisa menikmatinya kok.

  1. Telur

Siapa sangka lauk yang sering kita konsumsi ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Pakar kesehatan menyebut kadar protein tinggi di dalam telur bisa membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik. Telur juga bisa membuat perut kenyang sehingga kita pun tidak akan mudah makan atau ngemil dengan berlebihan.

Hanya saja, jika memang ingin menurunkan kadar gula darah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi telur rebus, bukannya telur goreng yang memiliki tambahan kalori.

  1. Sayuran hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran hijau baik bagi kesehatan. Jika rutin mengonsumsinya, maka kita bisa mendapatkan vitamin, serat, dan magnesium yang membantu menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Pastikan untuk mengonsumsinya setiap hari demi mencegah diabetes.