10 Makanan Peningkat Sistem Imun Saat Musim Hujan

makanan-pendongkrak-imunitas-doktersehat

DokterSehat.Com – Tubuh manusia membutuhkan nutrisi setiap harinya untuk tumbuh dan bertahan hidup. Nutrisi yang seimbang akan membuat tubuh jadi sangat sehat. Sementara itu, nutrisi yang tidak seimbang bisa membuat tubuh mengalami kekurangan energi. Selain masalah nutrisi, tubuh juga membutuhkan makanan peningkat imun.

Makanan yang bisa meningkatkan imunitas ini membuat seseorang jadi tidak mudah sakit khususnya saat musim hujan yang sudah mulai datang di Indonesia. Berikut beberapa ulasan tentang makanan peningkat imunitas.

10 jenis makanan peningkat imun

Ada banyak pilihan makanan peningkat imunitas ada banyak dan bisa digunakan untuk membuat tubuh selalu sehat setiap saat. Kalau Anda sebelumnya tidak acuh dengan masalah daya tahan, coba konsumsi beberapa makanan peningkat imun berikut ini:

  1. Paprika merah atau cabai

Meski sering diabaikan dan hanya dipakai untuk penambah rasa saja, cabai dan paprika merah mengandung banyak sekali vitamin C. Dari penelitian yang dilakukan, kandungan vitamin C yang dimiliki oleh cabai dan paprika merah, dua kali lebih banyak dari buah jeruk yang rasanya cenderung asam.

Paprika dan cabai bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau sambal. Oh, ya, berhubung cabai mengandung zat yang bisa membuat perut jadi sakit, ada baiknya untuk membatasi konsumsinya dan sesuai dengan kemampuan.

  1. Aneka buah jeruk

Salah satu peningkat daya tahan tubuh adalah vitamin C yang terkandung di dalam aneka buah jeruk. Anda bisa mengonsumsi aneka jeruk mulai dari lemon, jeruk mandarin, hingga grapefruit. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga cocok untuk menjaga daya tahan tubuh.

Anda bisa makan langsung mengonsumsi jeruk dalam bentuk buah, memerasnya, atau membuatnya dalam bentuk smoothies dan juga jus. Saat menggunakan jeruk, jangan gunakan gula meja terlalu banyak.

  1. Bawang putih

Selama ini kita sering menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan saja. Ternyata bawang putih juga merupakan salah satu makanan peningkat sistem imun atau daya tahan tubuh. Dalam umbi ini terkandung Senyawa yang bisa mengatasi peradangan dan membunuh bakteri dan juga jamur.

  1. Jahe

Jahe baik untuk menjaga daya tahan khususnya saat sedang hujan. Jahe membuat tubuh jadi hangat sehingga Anda tidak mudah mengalami sakit seperti flu, batuk, hingga gangguan pernapasan lainnya. Jahe juga baik untuk menekan kadar kolesterol yang berlebihan pada tubuh.

  1. Bayam

Bayam tidak hanya mengandung zat besi yang baik untuk peredaran darah dan mencegah anemia. Sayuran yang juga kaya akan protein ini mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk tumisan atau dibuat jus bersama dengan buah seperti jeruk sebagai makanan peningkat sistem imun.

  1. Brokoli

Brokoli yang sering sekali tidak disukai oleh anak-anak ternyata mengandung banyak vitamin. Anda bisa mendapatkan vitamin A, C, dan E. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak sekali antioksidan yang baik untuk mencegah serangan berbagai penyakit dan memperkuat sistem imun tubuh.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan membuat saluran pencernaan tidak mengalami gangguan. Minuman ini bisa membuat pencernaan selalu sehat dan Anda tidak mengalami sembelit.

  1. Kacang almond

Kacang almond bisa membuat Anda lebih sehat karena memberikan asupan vitamin C dan E. Selain itu, mengonsumsi kacang ini secara rutin juga bisa mencegah flu dan demam yang muncul saat musim hujan. Bisa dikatakan juga kalau kacang almond adalah salah satu makanan peningkat sistem imun yang bisa dijadikan camilan.

  1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman yang direkomendasikan untuk diet. Selain itu, minuman yang cocok dikonsumsi tanpa gula ini juga mengandung flavanoid. Zat ini merupakan antioksidan yang sangat hebat. Flavanoid cocok untuk mencegah sakit ringan seperti flu atau batuk.

Anda bisa mengonsumsi teh hijau sebanyak 2-3 cangkir setiap harinya. Anda bisa menambahkan jeruk lemon atau menambahkan daun mint untuk menambah rasa.

  1. Kunyit

Kunyit yang merupakan herbal serba guna dan banyak digunakan untuk makanan mengandung curcumin yang bisa mengurangi peradangan. Mengonsumsi makanan dengan kandungan kunyit yang cukup banyak bisa membuat Anda tidak mudah sakit. Gangguan panas dalam dan pencernaan pun tidak terjadi.

Cara menjaga daya tahan tubuh lainnya

Selain mengonsumsi beberapa makanan peningkat imun di atas, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan selama musim hujan yaitu:

  • Melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Meski hujan tetap sempatkan untuk melakukan olahraga selama 15-30 menit per hari.
  • Segera mandi kalau basah terkena air hujan. Buat tubuh segera kering dan bersih dari kotoran.
  • Menggunakan pakaian yang lebih tebal kalau berada di luar ruangan.
  • Perbanyak istirahat di malam hari.
  • Membuat tubuh tidak terlalu lelah saat bekerja.

Gangguan daya tahan tubuh saat musim hujan

Selama musim hujan akan ada banyak sekali gangguan daya tahan tubuh. Waspadai beberapa hal di bawah ini dengan baik:

  • Mudah kehujanan dan tubuh menjadi terlalu dingin. Kondisi ini menyebabkan Anda menjadi mudah demam dan masuk angin. Segera ganti pakaian dan gunakan minyak angina.
  • Orang di sekitar yang terkena flu dan batuk akan mudah menularkan virus. Apalagi Anda kerap melakukan kontak secara langsung.
  • Tubuh yang cenderung dingin membuat Anda kadang malas makan dan akhirnya daya tahan tubuh menjadi anjlok.
  • Tubuh yang pasif dan malas berolahraga juga bisa memicu sakit.
  • Jalanan yang kotor bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti diare atau gangguan gatal di kaki dan kemaluan.
  • Penyakit lebih kronis seperti mutaber hingga typus juga bisa menyerang dengan mudah.

Inilah beberapa hal tentang makanan peningkat imun atau daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi saat musim hujan atau bahkan di luar musim hujan. Mana saja yang menurut Anda mudah didapatkan dan juga enak?