6 Makanan Pengendali Kadar Gula Darah dalam Tubuh

makanan-pengendali-gula-darah-doktersehat

DokterSehat.Com– Seseorang yang menderita diabetes atau masih sehat, harus menjaga pola makan sehat. Hal ini membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap seimbang. Langkah mudahnya, cukup pilih dan konsumsi makanan pengendali gula darah. Enak dan mudah didapatkan!

Makanan pengendali gula darah dalam tubuh

Pakar kesehatan Maggie Powers, PhD yang berasal dari Health Care and Education, American Diabetes Association menyebut diabetes sebagai kondisi yang dipicu oleh kadar gula darah yang sudah tidak lagi mampu dikendalikan.

Selain karena faktor keturunan atau gaya hidup yang tidak sehat, seringkali hal ini disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan dengan kadar karbohidrat atau gula yang tinggi layaknya nasi, pasta, roti, makanan penutup, serta makanan dan minuman tinggi gula lainnya.

Ini beberapa pilihan makanan pengendali gula darah yang paling efektif:

  1. Sayuran mentah atau dikukus

Sayuran dikenal luas sebagai makanan sehat dan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Hanya saja, cara pengolahan sayur juga bisa mempengaruhi dampaknya bagi kesehatan tubuh.

Jika kita menggoreng sayuran atau mengolahnya bersama dengan santan, maka sayuran ini bisa menjadi makanan yang tidak sehat. Sebaliknya, jika kita mengonsumsi sayuran mentah atau yang diolah dengan cara dikukus, bisa jadi tubuh akan mendapatkan dampak berupa kadar gula darah yang lebih terkendali.

Haya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memilih sayuran dengan kadar karbohidrat yang rendah dan memiliki rasa yang nikmat layaknya jamur, bawang, terong, tomat, zucchini, serta kubis Brussels jika memang ingin mengendalikan kadar gula darah.

  1. Alpukat

Salah satu buah dengan rasa yang enak dan mengenyangkan ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh. Kandungan inilah yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif karena mampu membuat kinerja dan respons hormon insulin meningkat.

Alpukat juga bisa membuat tubuh cepat merasa kenyang sekaligus mempertahanan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini akan membuat kita tidak mudah tertarik untuk ngemil makanan yang tidak sehat. Di dalam alpukat juga terdapat kandungan yang bisa mencegah sindrom metabolik, salah satu pemicu utama diabetes.

  1. Gandum utuh

Gandum utuh atau oatmeal lebih dikenal sebagai makanan yang bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Faktanya, makanan ini juga bisa membantu menjaga kadar gula darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kita tidak mudah tertarik untuk ngemil karena perut yang terus berada dalam kondisi kenyang. Selain gandum utuh, kita juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan layaknya kacang kering, kacang polong, dan lentil.

  1. Ikan dengan kandungan omega 3

Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 layaknya ikan salmon, ikan tuna, dan ikan kembung bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan efektif.

Menjadi salah satu makanan pengendali gula darah, kadar protein dalam ikan-ikan ini cenderung tinggi. Tentunya ini membantu tubuh mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

  1. Telur

Telur cenderung memiliki kadar protein yang tinggi. Meskipun begitu, pakar kesehatan dari American Diabetes Association menyebut telur sebagai salah satu makanan terbaik bagi penderita diabetes karena bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif.

  1. Buah melon dan buah beri

Buah melon dan buah beri cenderung rendah kalori namun tinggi serat. Kandungan tersebut lah yang membuat kedua buah ini sebagai camilan tentu akan membantu mencegah kenaikan kadar gula darah dengan efektif.