Pilihan Makanan Tipes yang Wajib Dihindari & Dikonsumsi

daging-santan-doktersehat
Photo Source: Twitter/infosumbar

DokterSehat.Com– Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Penyebabtipes adalah infeksi bakteri salmonella typhi yang menyerang usus. Penderita tipes harus berhati-hati saat memilih makanan atau minuman. Oleh karena itu, wajib ketahui makanan penderita tipes yang wajib dihindari dan aman dikonsumsi.

Makanan penderita tipes yang harus dihindari

Saat tipes menyerang, penderitanya sebaiknya menghindari makanan pedas untuk sementara. Bagi masyarakat Indonesia, menghindari makanan pedas memang sulit untuk dilakukan mengingat rasanya yang bisa membuat makanan terasa lebih mantap.

Hanya saja, saat terkena tipes, usus sebenarnya sedang terluka akibat terinfeksi bakteri salmonella typhi. Jika kita mengonsumsi makanan pedas, maka luka atau infeksi pada usus ini dikhawatirkan bisa menjadi semakin parah hingga akhirnya menyebabkan pendarahan atau pembengkakan. Kondisi ini dikhawatirkan akan membuat tipes menjadi semakin parah atau bahkan tak kunjung sembuh.

Berikut adalah beberapa jenis minuman dan makanan penderita tipes yang sebaiknya dihindari:

  1. Makanan berlemak

Penderita tipes sebaiknya menghindari makanan tinggi lemak seperti makanan bersantan, gorengan, dan makanan cepat saji. Tentu saja makanan untuk orang tipes memang perlu diperhatikan kandungan lemaknya dan sebaiknya konsumsi yang sehat.

  1. Makanan mentah

Beberapa jenis makanan mentah seperti sushi atau salad yang tidak direbus sebaiknya juga dihindari terlebih dulu. Tingkat kebersihan makanan menjadi salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan oleh para penderita tipes.

  1. Beberapa jenis minuman tertentu

Minuman berkafein, minuman bersoda, dan alkohol sebaiknya dihindari oleh penderita tipes karena bisa membuat kondisi pencernaan semakin memburuk. Selain itu, ada baiknya penderita tipes mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak karena penyakit ini cenderung memicu datangnya diare yang bisa menguras kondisi cairan tubuh.

  1. Makanan berbumbu tajam

Meskipun memiliki aroma dan rasa yang nikmat, bumbu yang tajam dikhawatirkan bisa menyebabkan efek buruk bagi kondisi usus yang masih terkena infeksi akibat tipes.

Makanan untuk orang tipes yang dianjurkan agar cepat sembuh

Selain menghindari makanan dan minuman yang disebutkan sebelumnya, penderita tipes juga sebaiknya memilih makanan yang tepat agar penyakit yang diderita bisa segera sembuh.

Berikut adalah beberapa jenis makanan untuk orang tipes yang direkomendasikan agar tubuh cepat kembali pulih:

  1. Makanan lunak

Tipes adalah penyakit yang menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan. Karena alasan inilah kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang cenderung lunak, lembek, atau berkuah. Makanan penderita tipes ini cenderung lebih mudah dicerna sehingga akan membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan terlalu keras dan memiliki kesempatan untuk memulihkan diri dengan lebih baik.

Mengonsumsi makanan lunak juga akan membuat kita mencegah kemungkinan terjadinya perdarahan di dalam usus atau munculnya lubang pada dinding usus atau dalam dunia medis disebut sebagai perforasi usus.

  1. Makanan dengan kandungan protein yang tinggi

Sebenarnya, protein memiliki manfaat besar bagi tubuh kita karena akan diubah menjadi sumber tenaga dan zat pembangun bagi berbagai jaringan tubuh. Makanan ini juga sangat berguna bagi penderita tipes karena mampu mendukung proses penyembuhan penyakit sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kemampuan protein yang mampu memperbaiki berbagai sel-sel tubuh yang sebelumnya rusak karena terinfeksi bakteri.

Beberapa jenis makanan tinggi protein yang sangat disarankan bagi penderita tipes adalah daging ayam, khususnya bagian dada, hati ayam, tempe, tahu, daging ikan, dan telur. Hanya saja, pastikan untuk mengolahnya menjadi lebih lunak dan lembek agar lebih nyaman bagi kondisi saluran pencernaan yang sedang terinfeksi.

  1. Makanan dengan kandungan serat yang rendah

Meskipun serat bisa memberikan manfaat kesehatan bagi saluran pencernaan, ada baiknya penderita tipes tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak terlebih dahulu.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Journal of Nursing, dihasilkan fakta bahwa penderita tipes memang sebaiknya menghindari makanan tinggi serat untuk sementara waktu. Hal ini disebabkan oleh sulitnya serat dicerna oleh pencernaan sehingga mampu membuat kondisi usus yang masih mengalami peradangan menjadi lebih buruk.

Lantas, apakah penderita tipes tidak boleh makan buah dan sayur?

Pakar kesehatan menyebut penderita tipes masih boleh makan sayur dan buah meskipun harus memilih yang kadar seratnya tidak begitu tinggi seperti kacang panjang, buncis, tomat, brokoli, wortel, buah pisang, avokad, dan buah melon. Makanan seperti roti tawar, nasi putih, dan kentang juga direkomendasikan bagi mereka.

Itu dia ulasan singkat mengenai makanan untuk orang tipes yang perlu dihindari dan sebaiknya dikonsumsi. Pilih yang sesuai agar tubuh jadi lebih sehat, ya!