Terbit: 10 Januari 2020 | Diperbarui: 13 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ketahui makanan pencegah kemandulan, tips cepat hamil, dll. Kemandulan atau infertilitas disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti kualitas sperma, terhambatnya masa subur, gangguan kesehatan pada organ reproduksi, faktor genetik, usia, paparan bahan kimia atau racun tertentu, namun beberapa kondisi yang telah disebutkan mungkin dapat dicegah dengan konsumsi makanan untuk kesuburan.

10 Makanan Pencegah Kemandulan Paling Efektif!

Nutrisi untuk Kesuburan

Kemandulan adalah istilah umum untuk infertilitas yaitu masalah yang menyebabkan ketidakmampuan pasangan yang aktif secara seksual untuk mencapai kehamilan. Kondisi ini dipengaruhi banyak faktor seperti gangguan pada sistem reproduksi, faktor genetik, usia, paparan bahan kimia, kualitas sperma, dll.

Beberapa faktor risiko yang menyebabkan kemandulan mungkin dapat ditekan dengan bantuan nutrisi alami dari makanan dan minuman tertentu yang berperan dalam meningkatkan sistem kesuburan atau reproduksi baik pada wanita dan pria.

Lalu, apa saja nutrisi untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria? Berikut ini rekomendasinya!

  • Vitamin B6 untuk mengatur hormon.
  • Asam folat untuk siklus ovulasi yang sehat.
  • Omega-3 untuk memelihara sel-sel terkait sistem reproduksi agar sehat dan membantu keseimbangan hormon.
  • Zat besi untuk meningkatkan kesehatan sel telur.
  • Vitamin C untuk meningkatkan keseimbangan hormon wanita dan meningkatkan motilitas sperma pada pria.
  • Selenium untuk melindungi sperma dan sel telur dari bahaya radikal bebas yang akan menurunkan. kualitasnya.
  • Zinc untuk meningkatkan kualitas sperma pria serta meningkatkan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron pada wanita.

Pasangan yang sedang menjalani program hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut untuk meningkatkan kesehatan sel telur dan sperma yang secara langsung berpengaruh pada kesehatan sistem reproduksi.

Makanan Pencegah Kemandulan

Setelah mengetahui nutrisi yang berperan dalam kesuburan, berikut ini adalah makanan pencegah kemandulan, yaitu:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang sangat kaya dan asam lemak esensial yang menyehatkan. Kandungan ini berperan sebagai pembangun hormon serta memperlancar siklus ovulasi.

Selain itu, salmon juga mengandung selenium dan vitamin D yang juga sudah terbukti dapat meningkatkan kesehatan semen atau air mani dalam sistem reproduksi, yaitu cairan pembawa sel-sel sperma yang dikeluarkan melalui organ reproduksi pria.

Walaupun begitu, Anda tetap harus membatasi konsumsi ikan salmon maksimal 1 kilogram dalam satu minggu karena ikan salmon mungkin terkontaminasi merkuri, dan jumlah tersebut adalah batasan toleransi tubuh terhadap bahan kimia tersebut.

2. Yogurt Organik

Yogurt organik khususnya whole fat Greek Yogurt mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kesuburan, mengatur siklus, dan menyeimbangkan hormon seks.

Berdasarkan studi di Harvard, wanita yang mengonsumsi produk olahan susu tinggi lemak seperti yogurt organik memiliki risiko masalah ovulasi yang lebih rendah daripada wanita yang mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak seperti keju cottage, krim keju, dan beberapa jenis keju tertentu.

3. Lentil dan Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dan lentil termasuk dalam rekomendasi makanan pencegah kemandulan. Lentil mengandung zat besi, folat, serat, dan polyamine spermidine kadar tinggi yang berfungsi dalam meningkatkan kualitas sperma untuk membuahi sel telur.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa pria dengan semen atau air mani yang sehat memiliki kadar polyamine spermidine yang lebih tinggi daripada pria yang mengalami ejakulasi dini.

Selain itu, nutrisi alami di kacang-kacangan dan lentil juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan hormon, proses pembuahan, dan embrio yang sehat.

Baca Juga: Macam-Macam Program Hamil agar Cepat Punya Anak

4. Kerang Tiram

Kerang tiram juga termasuk dalam rekomendasi makanan untuk mencegah kemandulan pada pria karena mengandung berbagai nutrisi penambah kesuburan, meliputi:

  • 48% zat besi dari kebutuhan harian.
  • 408% vitamin B12 dari kebutuhan harian.
  • 187% selenium dari kebutuhan harian.
  • 188% zinc dari kebutuhan harian.

Selain itu, kerang tiram juga mengandung afrodisiak yang merupakan zat penambah gairah seksual alami. Walaupun demikian, Anda harus membatasi makan kerang dan makanan laut lainnya dalam jumlah porsi sesuai dengan rekomendasi untuk mengurangi risiko paparan merkuri di tubuh.

5. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau kuaci ternyata juga termasuk dalam pilihan makanan untuk mencegah kemandulan. Kuaci mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, serta meningkatkan fragmentasi DNA.

Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung nutrisi penambah kesuburan lainnya seperti omega 3 dan 6, vitamin E, asam folat, selenium, zat besi, dan zinc.

6. Grapefruit dan Jus Jeruk

Jeruk limau gedang atau grapefruit dan jus jeruk mengandung polyamine putrescine yang berperan untuk meningkatkan kesehatan semen atau air mani pria dan kesehatan sel indung wanita.

Walaupun begitu, kandungan dalam buah ini mungkin tidak secara efektif meningkatkan kesuburan dan Anda disarankan tetap berkonsultasi pada dokter untuk perawatan kesehatan reproduksi secara medis.

7. Keju

Jenis keju seperti cheddar, parmesan, dan keju manchego mengandung poliamina dalam kadar tinggi. Poliamina adalah protein dalam produk hewani dan nabati yang juga berperan dalam kesehatan sistem reproduksi.

Peneliti juga memperkirakan bahwa jenis keju ini dapat membantu meningkatkan kesehatan telur terutama pada wanita di atas usia 35 tahun dan juga mendukung kesehatan sperma, namun penelitian ini masih terus dikembangkan.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Ovulasi dan Fertilitas untuk Melacak Masa Subur

8. Hati Sapi

Hati sapi mengandung sejumlah nutrisi untuk meningkatkan kesehatan reproduksi baik pada pria dan wanita seperti zinc dan mineral yang berperan dalam kesehatan semen pria dan koenzim Q10 yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas telur dan motilitas sperma.

Selain itu, hati sapi juga mengandung vitamin A, vitamin B12, vitamin B, dan selenium yang juga efektif untuk mendukung kesehatan reproduksi dan menjadi salah satu pilihan makanan untuk mencegah kemandulan pada pria.

9. Tomat

Tomat mengandung likopen dan sumber antioksidan alami dalam kadar tinggi. Likopen ini memiliki peran esensial untuk membantu meningkatkan kesuburan pria, sedangkan antioksidan akan menjaga sel sperma dan sel telur dari bahaya paparan radikal bebas.

10. Delima

Delima atau pomegranate memiliki kandungan antioksidan alami yang dapat meningkatkan kesuburan pria dengan cara menjaga kualitas sperma dari bahaya radikal bebas.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa ekstrak delima dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan motilitas sperma, namun studi tersebut masih dikembangkan lebih lanjut pada kesehatan reproduksi pria.

Baca Juga: 5 Persiapan Hamil yang Jarang Dilakukan oleh Pasangan

Vitamin yang Mencegah Kemandulan

Wanita yang sedang melakukan program hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin yang mencegah kemandulan. Wanita yang mengonsumsi multivitamin diperkirakan memiliki risiko 20% lebih kecil mengalami infertilitas ovulasi atau kemandulan.

Vitamin tersebut meliputi vitamin E, vitamin B6, suplemen likopen, dan suplemen makanan lainnya. Anda dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter untuk pilihan vitamin atau suplemen kesuburan yang paling efektif.

Itulah pembahasan tentang beberapa rekomendasi makanan pencegah kemandulan. Makanan tersebut dapat meningkatkan kesehatan reproduksi namun tidak serta-merta membuat Anda cepat hamil. Anda dan pasangan tetap harus menjalani pola hidup sehat dan konsultasi pada dokter untuk program kehamilan paling efektif.

 

  1. Gurevich, Rachel. 2019. Fertility Foods to Boost Your Odds of Conception. https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903. (Diakses pada 10 Januari 2020).
  2. Tallents, Carolyn. 2020. 7 Best Foods To Boost Fertility. https://www.mother.ly/lifestyle/7-best-foods-boost-fertility. (Diakses pada 10 Januari 2020).
  3. Jane Brown, Mary, PhD, RD (UK). 2017. 17 Natural Ways to Boost Fertility. https://www.healthline.com/nutrition/17-fertility-tips-to-get-pregnant. (Diakses pada 10 Januari 2020).
  4. Natural Food Canada. 2014. Eat to Conceive: 6 vital nutrients to boost fertility. https://naturalfactors.com/articles/eat-to-conceive-6-vital-nutrients-to-boost-fertility/. (Diakses pada 10 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi