Hemoglobin Rendah? Atasi dengan 17 Makanan Penambah Hb Paling Ampuh Ini!

makanan-penambah-hb-doktersehat

DokterSehat.Com – Heboglobin yang disingkat Hb adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Beberapa kondisi dapat menyebabkan kadar Hb rendah dan tentunya akan menyebabkan kerja sel darah merah terganggu. Jika kadar Hb rendah, coba atasi dengan makanan penambah Hb berikut ini!

Kadar Hb Normal

Hemoglobin merupakan jenis protein yang memiliki kandungan zat besi atau dapat disebut dengan metaloprotein. Hemoglobin dapat ditemukan dalam sel darah merah. Salah satu tugas sel darah merah adalah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin sendiri memiliki tugas untuk mengikat oksigen agar dapat diedarkan ke seluruh tubuh oleh sel darah merah.

Kadar Hb dalam darah dinyatakan dengan satuan gram/dL. Setiap orang memiliki kadar yang berbeda dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, hingga rasnya. Berikut adalah rata-rata kadar Hb normal menurut WHO:

  • Anak usia 6 bulan- 6 tahun: 11,0 g/dL
  • Anak usia 6-14 tahun: 12,0 g/dL
  • Pria dewasa: 13,0 g/dL
  • Wanita dewasa: 12,0 g/dL

Jika Hb seseorang di bawah angka tersebut, maka dapat dinyatakan menderita Hb rendah. Kadar Hb yang rendah umumnya berkaitan dengan anemia, tapi dapat juga diakibatkan oleh kekurangan gizi, kehamilan, atau akibat penyakit kronis tertentu seperti thalassemia.

Rendahnya kadar Hb dapat ditunjukkan melalui berbagai gejala mulai dari kelelahan, pusing, lemah, kulit pucat, peningkatan detak jantung, hingga sesak napas.

Makanan Penambah Hb

Jika mengalami gejala Hb rendah, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Di sisi lain, Anda juga bisa melakukan pengobatan rumahan untuk mengatasi gejalanya dengan mengonsumsi makanan penambah Hb. Secara umum makanan untuk meningkatkan Hb adalah makanan yang tinggi zat besi, vitamin C, vitamin A, beta-karoten, vitamin B12, dan juga asam folat.

Berikut adalah berbagai makanan penambah Hb yang bisa Anda coba untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin Anda!

1. Kacang-kacangan

Makanan penambah Hb pertama adalah kacang-kacangan, termasuk juga kacang tanah, kacang polong, hingga kacang merah. Kacang-kacangan memiliki kadar asam folat yang tinggi dan dapat mencegah tubuh mengalami defisiensi asam folat yang bisa menjadi salah satu penyebab turunnya kadar Hb.

2. Daging merah

Makanan penambah Hb selanjutnya adalah daging merah. Beberapa jenis daging seperti daging sapi, kambing, dan domba dapat meningkatkan kadar asam folat. Selain itu, daging juga bisa menjadi sumber zat besi yang juga sangat penting untuk meningkatkan hemoglobin.

3. Telur

Makanan penambah Hb yang ketiga adalah telur. Telur yang merupakan tinggi protein dan lemak yang menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain itu, telur juga merupakan makanan yang kaya zat besi dan vitamin B12, sehingga bisa mecegah defisiensi zat besi penyebab anemia.

4. Rempah kering

Beberapa rempah kering juga dapat menjadi sumber zat besi. Anda bisa mencoba menambahkan rempah kering seperti ketumbar, basil, jintan oregano, dan kayu manis untuk meningkatkan zat besi. Rempah ini tidka hanya baik untuk sel darah merah, tapi tentunya juga akan menambah cita rasa pada masakan Anda.

5. Buah kering

Selain rempah kering, buah-buahan kering juga populer sebagai makanan penambah Hb. Buah kering tidak selalu kehilangan nutrisinya, bahkan terdapat buah tertentu yang kandungan nutrisinya meningkat jika dikonsumsi dalam bentuk telah dikeringkan. Kurma, kismis, plum kering, dan buah kering lainnya dapat menjadi pilihan Anda.

6. Seafood

Siapa yang tidak suka jenis makanan yang satu ini? Makanan laut seperti ikan dan kerang juga dapat menjadi makanan untuk meningkatkan Hb. Makanan laut memiliki kandungan zat besi dan B12 yang dapat membantu produksi hemoglobin meningkat.

7. Olahan susu

Produk olahan susu dikenal baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Olahan susu meliputi keju, mentega, yogurt, dan makanan serta minuman lainnya ternyata juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga sangat cocok dijadikan makanan penambah Hb.

8. Buah bit

Buah bit masuk ke dalam daftar makanan penambah hb selanjutnya. Buah bit bukan hanya tinggi zat besi, tetapi juga tinggi asam folat, kalium, dan serat sehingga sangat baik untuk sel darah merah. Buah bit biasa dinikmati dalam bentuk jus.

9. Biji labu

Labu kuning adalah salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya daging buahnya yang dapat dikonsumsi, tapi juga bijinya. Biji labu kuning adalah sumber zat besi yang juga dilengkapi dengan mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan mangan yang baik bagi tubuh.

10. Alpukat

Buah lain yang baik untuk menjadi makanan penambah Hb adalah alpukat. Buah yang satu ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang juga baik untuk menambah kadar Hb dalam darah.

11. Semangka

Makanan untuk meningkatkan Hb selanjutnya masih merupakan jenis buah-buahan. Semangka yang menyegarkan memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Semangka juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin C sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kadar zat besi yang akan diserap oleh tubuh.

12. Buah delima

Makanan penambah Hb selanjutnya adalah delima. Buah ini memiliki kandungan zat besi dan dilengkapi juga dengan kandungan protein, karbohidrat, dan serat yang tinggi. Delima juga mengandung vitamin C dan asam folat yang dapat menjadi sumber zat besi lain untuk tubuh.

13. Kedelai

Kedelai dapat dikonsumsi langsung atau ditemukan dalam berbagai bentuk seperti tahu, tempe, hingga susu kedelai. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kedelai membuatnya cocok untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kedelai juga merupakan jenis makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan.

14. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, selada, seledri dan jenis sayuran hijau lainnya adalah sumber zat besi dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kadar Hb. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konsumsi makanan dengan zat besi dan vitamin C sekaligus sangat baik karena vitamin C dapat meningkatkan kadar zat besi yang diserap tubuh.

15. Wortel

Wortel memang bukan sayuran hijau, tapi wortel merupakan sumber vitamin A dan beta-karoten. Kedua senyawa ini ternyata sangat berguna dalam proses penyerapan zat besi. Maka dari itu, makanan dengan vitamin A dan beta-karoten masuk dalam daftar makanan penambah Hb.

16. Mangga

Selain sayuran dengan beta-karoten tinggi, terdapat juga buah dengan beta-karoten seperti mangga. Kandungan vitamin C dalam mangga juga cukup tinggi. Konsumsi jus mangga secara rutin dapat Anda coba untuk meningkatkan kadar Hb.

17. Hati

Hati dapat menjadi makanan untuk meningkatkan Hb. Baik hati ayam maupun hati sapi merupakan sumber zat besi. Selain itu hati juga termasuk ke dalam makanan tinggi vitamin A yang dapat membantu dalam penyerapan zat besi.

Itu dia berbagai makanan untuk meningkatkan Hb yang bisa Anda coba di rumah. Jika keluhan yang menunjukkan gejala kadar Hb rendah tidak juga membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba!