DokterSehat.Com – Hemoglobin atau disingkat Hb adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Beberapa kondisi dapat menyebabkan kadar Hb rendah dan tentunya akan menyebabkan kerja sel darah merah terganggu. Jika kadar Hb rendah, coba atasi dengan makanan penambah Hb darah. Apa sajakah itu?

makanan-penambah-hb-doktersehat

Berapa Kadar Hb Normal?

Hemoglobin (metaloprotein) adalah jenis protein yang memiliki kandungan zat besi. Hemoglobin dapat ditemukan dalam sel darah merah. Salah satu tugas sel darah merah adalah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin sendiri memiliki tugas untuk mengikat oksigen agar dapat diedarkan ke seluruh tubuh oleh sel darah merah.

Kadar Hb dalam darah dinyatakan dengan satuan gram/L. Setiap orang memiliki kadar Hb yang berbeda di mana hal ini dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, hingga rasnya. Berikut adalah rata-rata kadar Hb normal menurut WHO:

  • Anak usia 6 bulan-4 tahun: >11 g/dL
  • Anak usia 5-12 tahun: >11,5 g/L
  • Anak usia 12-15 tahun: >12,0 g/L
  • Pria dewasa: 13,8-17,2 g/dL
  • Wanita dewasa: 12,1-15,1 g/dL
  • Wanita hamil: >11,0 g/dL

Jika Hb seseorang di bawah angka tersebut, maka dapat dinyatakan menderita Hb rendah. Kadar Hb yang rendah umumnya berkaitan dengan anemia, tapi dapat juga diakibatkan oleh kekurangan gizi, kehamilan, atau akibat penyakit kronis tertentu seperti thalassemia.

Rendahnya kadar Hb dapat ditunjukkan melalui berbagai gejala mulai dari kelelahan, pusing, lemah, kulit pucat, peningkatan detak jantung, hingga sesak napas.

Makanan Penambah Hb

Jika mengalami gejala Hb rendah, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Di sisi lain, Anda juga bisa melakukan pengobatan rumahan untuk mengatasi gejalanya dengan mengonsumsi makanan penambah Hb. Secara umum makanan penambah Hb darah adalah makanan yang tinggi zat besi, vitamin C, vitamin A, beta-karoten, vitamin B12, dan juga asam folat.

Berikut adalah pilihan makanan penambah Hb yang bisa Anda coba untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin!

1. Kacang-kacangan

Makanan penambah Hb pertama adalah kacang-kacangan, termasuk juga kacang tanah, kacang polong, hingga kacang merah. Kacang-kacangan memiliki kadar asam folat yang tinggi dan dapat mencegah tubuh mengalami defisiensi asam folat yang bisa menjadi salah satu penyebab turunnya kadar Hb.

2. Daging merah

Makanan penambah Hb selanjutnya adalah daging merah. Beberapa jenis daging seperti daging sapi, kambing, dan domba dapat meningkatkan kadar asam folat. Selain itu, daging juga bisa menjadi sumber zat besi yang juga sangat penting untuk meningkatkan hemoglobin.

3. Telur

Makanan penambah Hb darah yang ketiga adalah telur. Telur yang merupakan tinggi protein dan lemak yang menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain itu, telur juga merupakan makanan yang kaya zat besi dan vitamin B12, sehingga bisa mencegah defisiensi zat besi penyebab anemia.

4. Rempah

Rempah juga dapat menjadi bahan makanan penambah hemoglobin darah.

Salah satu jenis rempah yang efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin darah adalah daun jelatang. Manfaat daun jelatang untuk menambah hemoglobin dikarenakan adanya kandungan zat besi. Selain itu, daun jelatang juga diperkaya oleh vitamin B dan C yang berperan dalam produksi hemoglobin.

Anda bisa mengolah daun jelatang menjadi minuman teh guna mendapatkan manfaatnya yang satu ini. Minumlah secara rutin agar hasilnya optimal.

5. Buah kering

Selain rempah kering, buah-buahan kering juga populer sebagai makanan penambah Hb. Buah kering tidak selalu kehilangan nutrisinya, bahkan terdapat buah tertentu yang kandungan nutrisinya meningkat jika dikonsumsi dalam bentuk telah dikeringkan. Kurma, kismis, plum kering, dan buah kering lainnya dapat menjadi pilihan Anda.

6. Seafood

Siapa yang tidak suka jenis makanan yang satu ini? Makanan laut seperti ikan dan kerang juga dapat menjadi makanan penambah Hb darah.

Hal ini dikarenakan makanan laut memiliki kandungan zat besi dan B12 yang mana keduanya dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

7. Tomat

Mengapa tomat juga termasuk ke dalam daftar makanan penambah Hb darah? Jawabannya adalah karena buah berwarna merah ini kata akan kandungan vitamin C.

Vitamin C yang terkandung di dalam tomat diklaim dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh sehingga produksi sel darah merah dapat berjalan lancar.

8. Biji labu

Labu adalah salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya daging buahnya, biji labu pun dapat dikonsumsi.

Menariknya, biji labu adalah sumber zat besi yang juga dilengkapi dengan mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan mangan yang baik bagi tubuh. Hal ini menjadikan biji labu sebagai makanan penambah Hb darah yang juga tidak boleh Anda lewatkan untuk dikonsumsi.

9. Alpukat

Alpukat adalah satu dari sejumlah jenis buah penambah Hb darah.

Pasalnya, alpukat memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang mana memiliki peran penting dalam memproduksi hemoglobin. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang juga baik untuk menambah kadar Hb dalam darah.

10. Mangga

Buah penambah Hb darah lainnya adalah mangga. Kandungan beta-karoten dalam mangga yang cukup tinggi menjadi alasan mengapa Anda harus mengonsumsi buah ini secara rutin agar terhindar dari defisiensi hemoglobin.

11. Semangka

Makanan penambah Hb darah selanjutnya masih merupakan jenis buah-buahan.

Adalah semangka, di mana buah yang menyegarkan ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Semangka juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar zat besi guna membantu proses produksi hemoglobin.

12. Stroberi

Ingin menambah kadar hemoglobin, maka jangan lupa juga untuk memasukkan stroberi ke dalam daftar menu sehat harian Anda.

Stroberi adalah buah penambah Hb karena memiliki kandungan zat besi, pun buah berwarna merah terang ini membantu penyerapan zat besi oleh tubuh sehingga produksi hemoglobin dapat berlangsung optimal.

13. Beras Merah

Selain tidak cepat bikin gemuk, manfaat beras merah juga ternyata bisa untuk meningkatkan kadar hb. lho!

Alasan mengapa beras merah turut didapuk sebagai makanan penambah Hb tak lain karena adanya kandungan zat besi di dalamnya. Setiap 100 gram beras merah mengandung tak kurang dari 0,4 miligram zat besi.

14. Kedelai

Kedelai dapat dikonsumsi langsung atau ditemukan dalam berbagai bentuk seperti tahu, tempe, hingga susu kedelai. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kedelai membuatnya cocok untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Kedelai juga merupakan jenis makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan sehingga Anda yang saat ini sedang menjalani program penurunan berat badan disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

15. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, brokoli, selada, seledri dan jenis sayuran hijau lainnya adalah sumber zat besi dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kadar Hb.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konsumsi makanan dengan zat besi dan vitamin C sekaligus sangat baik karena vitamin C dapat meningkatkan kadar zat besi yang diserap tubuh.

16. Wortel

Wortel memang bukan sayuran hijau, tapi wortel merupakan sumber vitamin A dan beta-karoten. Kedua senyawa ini ternyata sangat berguna dalam proses penyerapan zat besi. Maka dari itu, makanan dengan vitamin A dan beta-karoten masuk dalam daftar makanan penambah Hb.

17. Hati

Hati dapat menjadi makanan untuk meningkatkan Hb. Baik hati ayam maupun hati sapi merupakan sumber zat besi. Selain itu hati juga termasuk ke dalam makanan tinggi vitamin A yang dapat membantu dalam penyerapan zat besi.

Itu dia berbagai makanan penambah Hb darah yang bisa Anda coba di rumah. Jika keluhan yang menunjukkan gejala kadar Hb rendah tidak juga membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Bhandari, P. 2016. Diet to Improve Haemoglobin Levels. https://www.practo.com/healthfeed/diet-to-improve-haemoglobin-levels-hb-10422/post (Diakses pada 11 November 2019)
  2. Cadman, B. 2018. How to increase hemoglobin: Home remedies. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321530.php (Diakses pada 11 November 2019)
  3. Choudhary, T. 201927 Foods that Boost Your Hemoglobin Levels. https://www.stylecraze.com/articles/hemoglobin-rich-foods/#Vegetables (Diakses pada 11 November 2019)
  4. Commins, J. What is a Healthy Hemoglobin Levels? https://www.livestrong.com/article/407472-what-is-a-healthy-hemoglobin-level/ (Diakses pada 11 November 2019)
  5. Rana, S. 2019. 9 Foods That May Help Increase Haemoglobin. https://www.ndtv.com/food/9-foods-that-can-help-increase-haemoglobin-1828770 (Diakses pada 11 November 2019)