DokterSehat.Com– Saat sedang hamil, setiap wanita harus memperbaiki pola makannya. Sebab, bagaimanapun juga wanita hamil harus melengkapi nutrisi bagi sang buah hati yang sedang dikandung. Jadi, secara mudah bisa dikatakan bahwa harus memberi makan kepada dua orang, yakni diri sendiri dan anak dalam perut.

perut-kencang-saat-hamil-doktersehat

Tidak hanya itu saja, sebagai wanita yang hamil, Anda harus mempersiapkan energi lebih banyak agar tidak mudah sakit. Apalagi mendekati masa persalinan, Anda akan mengeluarkan energi sangat banyak yang akan membantu proses persalinan agar berlangsung lancar.

Sebab, beberapa kasus terjadi, wanita yang tidak mempersiapkan diri dengan baik, kehabisan energi saat persalinan. Tentu saja hal itu cukup mengkhawatirkan. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa makanan yang bisa menambah energi dan stamina Anda mendekati masa persalinan.

1. Buah-Buahan

Buah-buahan tidak hanya baik dalam memberi vitamin ataupun serat dalam tubuh. Tapi buah-buahan juga bisa memberikan cadangan energi yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Untuk itu, sebagai wanita yang hamil tua alangkah baiknya Anda perbanyak konsumsi buah-buahan. Namun, tetap pilihlah buah yang aman, seperti apel, apokat, dan sebagainya.

2. Biskuit

Ketika hamil tua, kebanyakan wanita menjadi lebih menurun nafsu makannya. Hal itu dikarenakan gangguan hormon dalam tubuh. Bisa juga disebabkan depresi karena takut mendekati proses persalinan. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi biskuit ketika Anda lapar. Hal ini berfungsi untuk memberikan cadangan energi bagi tubuh Anda.

3. Daging Ayam

Wanita yang hamil memang sering sekali merasa mual sehingga tak enak makan. Apalagi harus memakan daging yang aromanya menyengat. Untuk itu, Anda bisa mengolah daging ayam menjadi berbagai olahan nikmat, seperti opor, kare, dan olahan lainnya.

4. Kentang

Kentang bisa Anda gunakan sebagai makanan utama ataupun camilan ketika hamil. Kentang sangat baik untuk memberikan cadangan energi bagi tubuh Anda. Perbanyaklah konsumsi kentang saat sedang hamil agar tubuh tetap fit menghadapi persalinan.

5. Ikan

Selanjutnya adalah ikan. Anda bisa mengonsumsi berbagai macam ikan. Hal ini dikarenakan ikan sangat kaya akan protein yang bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan bertenaga. Selain itu, banyak juga yang mengatakan kalau ikan bisa membuat bayi menjadi lebih sehat.