10 Makanan Penambah Berat Badan (Enak dan Ampuh)

makanan-penambah-berat-badan-doktersehat

DokterSehat.Com – Di saat sebagian orang tengah berjuang untuk menurunkan badan, Anda justru berkutat dengan kondisi berat badan yang tidak ideal sehingga berkeinginan untuk menaikkan berat badan. Mengonsumsi sejumlah makanan adalah solusi agar berat badan Anda naik. Lantas, apa saja makanan penambah berat badan yang patut untuk dikonsumsi?

10 Pilihan Makanan Penambah Berat Badan

Guna menambah berat badan, Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori, protein, karbohidrat, dan juga lemak. Berikut ini daftar makanan penambah berat badan yang perlu Anda ketahui.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang wajib untuk Anda konsumsi jika ingin berat badan cepat naik. Makanan -penambah berat badan yang satu ini mengandung 168 kalori untuk setiap 100 gram-nya, jumlah yang cukup untuk membantu menambah berat badan. Anda bisa menikmati alpukat dalam bentuk jus maupun sop buah.

2. Mangga

Ingin cepat gemuk? Maka buah mangga sudah selayaknya masuk ke dalam menu sehat Anda. Mangga menjadi salah satu makanan penambah berat badan oeleh karena buah yang dagingnya berwarna kuning ini mengandung sejumlah zat yang berguna untuk menambah massa tubuh. Setiap 100 gr mangga mengandung 70 kalori dan 16,5 gr karbohidrat.

Tak hanya itu, kandungan gula yang cukup banyak pada mangga juga menjadi salah satu alasan mengapa buah ini cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin menaikkan berat badan.

3. Pisang

Buah berkulit kuning ini diklaim efektif dalam menaikkan berat badan apabila dikonsumsi secara rutin. Pisang mengandung 97 kalori untuk setiap 100 gram-nya. Selain kalori, pisang juga mengandung zat lainnya seperti fosfor yang berguna untuk memperkuat otot, juga kalium untuk mengontrol tekanan darah.

4. Anggur

Si ‘ratu buah’ satu ini menjadi makanan penambah berat badan yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Anggur mengandung 130 kalori, jumlah yang cukup ideal untuk menaikkan berat badan dengan cepat.

Tak hanya itu, anggur juga diperkaya zat yang bisa mencegah tubuh dari penyakit seperti Alzheimer dan serangan jantung.

5. Durian

Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini? Ya, selain rasanya yang nikmat, durian ternyata juga efektif untuk menaikkan berat badan. Buah berduri ini mengandung sekitar 28,8 karbohidrat untuk setiap 100 gr-nya. Sebagaimana kita ketahui, karbohidrat adalah zat yang penting sekali untuk menambah massa tubuh.

Selain itu, durian juga diperkaya dengan fosfor yang mana zat ini memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas.

6. Nasi Putih

Nasi putih adalah makanan wajib bagi kita masyarakat Indonesia. Namun, untuk Anda yang tengah berjuang menaikkan berat badan, kiranya perlu menambah lagi porsi nasi putih setiap kali makan. Nasi putih adalah sumber karbohidrat terbaik yang bisa Anda dapatkan. Satu sendok nasi mengandung tak kurang dari 175 kalori dan 40 gr karbohidrat.

Makan nasi putih ditambah dengan lauk pauk lainnya akan semakin menambah asupan karbohidrat ke dalam tubuh sehingga proses penggemukkan badan dapat berlangsung dengan cepat.

7. Susu

Susu, terutama susu full cream, adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak yang bermanfaat untuk menambah berat badan Anda. Konsumsi susu secara rutin merupakan suatu keharusan jika Anda ingin menaikkan berat badan dengan cepat. Saat sarapan dan sebelum tidur adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk minum susu setiap harinya.

8. Keju

Selain rasanya yang legit, keju juga efektif untuk menaikkan berat badan. Pantas saja, makanan penambah berat badan hasil fermentasi susu ini mengandung 113 kalori, 6 gr lemak jenuh, dan 3 gr lemak tidak jenuh untuk setiap 1 ons-nya. Jadi, mulai dari sekarang rajin-rajinlah mengonsumsi keju, terutama keju mozzarella, ya.

9. Salad

Sayuran biasanya menjadi makanan yang dikonsumsi oleh mereka yang tengah menurunkan berat badan. Namun, sayur juga bisa membantu Anda untuk menaikkan berat badan, yakni dengan mengonsumsi sayuran dalam bentuk salad.

Adanya dressing mayones pada salad menjadi alasan mengapa salad bisa jadi makanan penambah berat badan. Mayones terbuat dari minyak dan telur, sehingga mengandung banyak zat yang berperan penting dalam penggemukkan bdan, seperti protein dan lemak.

10. Steak Daging

Tentu saja daging tidak boleh terlewatkan dari menu Anda ketika dalam program penggemukkan badan. Kandungan kalori, protein, dan lemak dalam jumlah tinggi yang terkandung di dalam daging sudah pasti akan sangat membantu dalam menambah massa tubuh. Anda bisa mengolah daging dalam bentuk steak yang dicampur dengan kentang dan sayuran guna menambah selera.

Jadwal Makan Ideal untuk Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

Selain mengonsumsi makanan penambah berat badan, yang perlu Anda perhatikan manakala berniat untuk menaikkan berat badan adalah jadwal makan. Berikut ini jadwal makan ideal untuk menaikkan berat badan dengan cepat yang bisa Anda terapkan.

  • Pukul 07:00 – 08:00, sarapan dengan segelas susu, bisa ditamnbah dengan makan roti isi mentega atau keju
  • Pukul 10:00 – 11:00, tambah lagi segelas susu
  • Pukul 12:00 – 13:00, saatnya makan siang. Pilihlah menu makan siang yang terdiri dari nasi putih, sayuran, daging (bisa daging sapi atau daging ayam), dan telur. Tambahkan menu jus buah seperti jus mangga atau alpukat
  • Pukul 16: 00 – 17:00, makan camilan seperti roti, salad, dan secangkir the
  • Pukul 19:30 – 20:00, waktu makan malam. Sama seperti makan siang, isilah perut dengan makanan-makanan berat yang terdiri dari nasi dan lauk-pauk sarat karbohidrat dan protein
  • Pukul 21:00 – 22:00, sebelum tidur, minum lagi segelas susu full cream

Itu dia informasi mengenai makanan penambah berat badan dan tips mengatur jadwal makan untuk mempercepat kenaikan berat badan Anda. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan aktivitas olahraga agar nantinya Anda tidak mengalami obesitas. Semoga bermanfaat!