3 Jenis Makanan dan Minuman yang Ternyata Menjadi Penyebab Kanker

doktersehat memaskan makanan
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Kanker merupakan salah satu penyakit yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Penyakit ini tergolong dalam jenis penyakit berbahaya, karena sudah banyak orang yang meninggal akibat penyakit ini. Ada berbagai jenis kanker yang mengintai tubuh seseorang, seperti kanker hati, kanker kulit, kanker payudara, kanker rahim, dan masih banyak lainnya.

Kanker bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat serta penggunaan produk berbahan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kanker juga bisa disebabkan oleh jenis makanan yang biasa dikonsumsi setiap hari. Adapun jenis-jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Daging Olahan

Tubuh memerlukan asupan protein tinggi yang bisa Anda dapatkan dari daging. Namun, apabila cara mengolah daging tersebut salah, maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah bisa menjadi penyebab kanker. Hal ini dikarenakan daging yang diolah dengan cara dipanggang akan melepaskan zat karsinogen yang disebut dengan heterocyclic aromatic amines. Zat tersebut merupakan salah satu zat penyebab kanker.

2. Popcorn

Saat Anda sedang menonton film baik di bioskop ataupun di rumah, Anda tentu akan memilih popcorn sebagai kudapan untuk teman menonton. Rasanya yang enak dan mengandung kalori rendah membuat Anda tidak ragu untuk mengonsumsinya. Selain itu, membuatĀ  popcorn sangat praktis dan cepat. Anda hanya perlu memasukkan biji jagung ke dalam microwave, lalu panaskan hingga mengembang. Namun, ternyata cara tersebut justru akan membahayakan tubuh Anda. Sebab, dari proses pembuatan popcorn akan mengahsilkan zat kimia yang disebut asam perfluorooctanoic yang dapat meningkatkan risiko kanker serta penyakit lainnya seperti penyakit ginjal, kandung kemih, hati, dan pancreas.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang cocok diminum ketika Anda sedang merasa sangat haus, karena minuman ini dipercaya bisa menyegarkan tenggorokan. Akan tetapi, minuman bersoda dianggap menjadi salah satu pemicu penyakit kanker. Sebab, minuman ini mengandung high fructose corn syrup (HFCS) yang cukup tinggi dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.