5 Makanan Ini Bisa Membuat Wasir Kambuh

minyak-yang-diserap-oleh-gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang diderita oleh cukup banyak orang di Indonesia adalah wasir atau ambeien. Kondisi ini terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum bawah. Masalahnya adalah jika kondisi ini kambuh, maka kita akan mengalami sensasi nyeri, gatal, hingga perdarahan saat buang air besar. Bahkan, banyak orang yang mengaku tidak nyaman untuk duduk gara-gara kondisi ini.

Beberapa makanan yang bisa membuat wasir kambuh

Selain akibat mengejan terlalu keras saat buang air besar, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi dengan berlebihan ternyata bisa menyebabkan wasir kambuh.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas adalah salah satu jenis makanan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh sensasi mantap dan nikmat saat mengonsumsinya.

Di Indonesia, kita bahkan bisa mengonsumsi berbagai macam sambal yang nikmat atau bahkan langsung makan cabai rawit. Masalahnya adalah pakar kesehatan menyebut makanan pedas sebagai salah satu penyebab paling umum dari kambuhnya wasir.

Cabai, sambal, dan berbagai makanan pedas lainnya bisa mempengaruhi sistem pencernaan dengan signifikan. Banyak orang yang bahkan mengalami diare setelah mengonsumsinya. Masalahnya adalah daire bisa memberikan tekanan pada anus dan akhirnya memicu kambuhnya diare.

Bahkan, sensasi panas dan peradangan yang disebabkan oleh makanan pedas ini bisa saja membuat diare disertai dengan perdarahan. Hal ini tentu akan semakin membuat tidak nyaman, bukan? Karena alasan inilah penderita wasir diminta untuk berhati-hati untuk mengonsumsi makanan pedas.

  1. Gorengan

Gorengan juga digemari oleh masyarakat Indonesia karena cocok untuk dijadikan camilan dan lauk. Banyak orang yang bahkan bisa mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang sangat banyak sekali makan. Masalahnya adalah kandungan lemak di dalam gorengan sangatlah tinggi sehingga membuat pencernaan berjalan dengan lebih lambat. Hal ini tentu bisa meningkatkan risiko terkena sembelit.

Sembelit ternyata bisa meningkatkan risiko kekambuhan wasir. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang harus mengejan lebih keras demi buang air besar. Hal ini akan menyebabkan tekanan berlebihan pada bagian anus.

Selain bisa menyebabkan wasir, gorengan juga dikenal luas sebagai biang keladi dari berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, obesitas, diabetes, hingga kanker jika dikonsumsi dengan berlebihan.

  1. Kafein

Sebenarnya, kafein yang bisa ditemukan didalam kopi, teh, minuman bersoda, dan beberapa jenis makanan ini bisa memberikan manfaat kesehatan. Sayangnya, bagi penderita wasir, konsumsi kafein sebaiknya tidak dilakukan dengan sering karena kandungan ini bersifat diuretik atau menguras cairan tubuh.

Jika sampai dikonsumsi dengan berlebihan, kadar cairan tubuh bisa menurun dengan drastis dan akhirnya membuat pencernaan terganggu. Kita pun lebih rentan terkena sembelit yang bisa memicu kekambuhan wasir.

  1. Keju

Sebenarnya, keju jika dikonsumsi dengan jumlah dan porsi yang wajar akan memberikan manfaat bagi kondisi tubuh, namun jika kita mengonsumsinya terlalu sering, bisa menyebabkan dampak berupa kram atau nyeri perut yang dikhawatirkan akan menyebabkan kambuhnya ambeien. Apalagi jika kita juga tergolong malas mengonsumsi serat, risiko terkena masalah kesehatan ini pun akan meningkat.

  1. Minuman beralkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Mengonsumsinya juga bisa meningkatkan risiko terkena ambeien, lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol dalam mengganggu sistem pencernaan yang akhirnya berimbas pada sembelit, salah satu penyebab utama kambuhnya wasir.