5 Makanan Ini Bisa Membuat Kentut Berlebihan

resep-brokoli-yang-enak-doktersehat

DokterSehat.Com– Kentut adalah hal yang wajar dilakukan oleh siapa saja. Masalahnya adalah terkadang kita memiliki keinginan untuk kentut dengan berlebihan akibat banyaknya gas yang ada di dalam perut. Selain karena gangguan pencernaan, seringkali produksi kentut berlebihan ini terkait dengan beberapa jenis makanan yang kita konsumsi.

Beberapa jenis makanan yang bisa memicu kentut berlebihan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kentut berlebihan. Jika memang kita akan berada dalam acara yang penting, sebaiknya menghindarinya terlebih dahulu agar tidak sampai membuat keinginan kentut meningkat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat produksi kentut berlebihan.

  1. Brokoli

Brokoli dan sayuran sejenisnya seperti kembang kol sering dikonsumsi masyarakat karena bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut kandungan di dalam brokoli bisa memicu produksi gas dalam jumlah yang banyak. Mengonsumsinya pun akan membuat kita lebih mudah mengeluarkan kentut. Selain itu, di dalam sayuran ini juga tinggi kandungan serat yang bisa membuat produksi gas di dalam perut meningkat.

Sebagai informasi, saat mencapai usus besar, serat di dalam kol dan brokoli akan segera diolah oleh berbagai macam bakteri. Salah satu hasil dari pengolahan serat ini adalah gas dalam jumlah yang banyak yang akhirnya membuat keinginan untuk kentut meningkat.

  1. Produk susu

Semua produk susu seperti susu cair atau keju biasanya memiliki kandungan laktosa. Jika kita mengalami masalah intoleransi laktosa atau tubuh yang kesulitan untuk mencerna kandungan sejenis gula ini, maka risiko untuk mengalami produksi gas dalam perut dengan berlebihan akan meningkat.

Penderita intoleransi laktosa bisa mulai mengganti susu dengan produk susu nabati layaknya susu kedelai atau susu almond jika ingin mencegah datangnya gejala-gejala ini.

  1. Beberapa jenis buah yang tinggi kandungan fruktosa

Beberapa jenis buah yang tinggi kandungan gula alami fruktosa seperti pisang, apel, dan pir ternyata juga bisa membuat produksi gas di dalam perut meningkat. Hanya saja, dampak ini hanya akan dialami oleh sebagian orang saja. Jika kita terbiasa mengonsumsi buah-buahan ini dan tidak mengalami efek samping apapun, berarti kita tetap bisa mengonsumsinya kapan saja dengan nyaman.

  1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti minuman bersoda ternyata juga bisa menyebabkan produksi kentut berlebihan. Kandungan gasnya yang sangat tinggi juga bisa membuat kita bersendawa. Masalahnya adalah minuman ini biasanya tinggi kandungan gula yang tentu bisa membahayakan kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi.

  1. Oat dan roti gandum

Termasuk dalam makanan sehat, oat dan roti gandum utuh ternyata juga bisa menyebabkan kenaikan produksi gas di dalam perut. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat di dalam makanan-makanan ini. Beruntung, meskipun bisa membuat produksi gas berlebihan, sering mengonsumsinya justru akan membuat kesehatan tubuh semakin membaik.

Beberapa fakta lain tentang kentut

Pakar kesehatan menyebut kentut sebagai sesuatu yang normal. Bahkan, kita bisa melakukannya hingga 10-15 kali dalam sehari. Jika kita bisa kentut dengan lancar, hal ini akan menyehatkan usus besar. Jika sampai gas ini tidak bisa dikeluarkan, justru akan diserap kembali oleh saluran pencernaan dan bisa menyebabkan dampak kurang baik.

Jika kita mulai merasakan keinginan berlebihan untuk sering buang angin, cobalah untuk mengingat-ingat apa saja yang kita makan sebelumnya. Jika pola makan kita ternyata normal dan justru mengalami gejala lain seperti mual-mual, nyeri pada perut, hingga diare, bisa jadi penyebab meningkatnya keinginan untuk buang angin ini adalah masalah kesehatan tertentu yang harus diperiksakan ke dokter.