Terbit: 25 Agustus 2020 | Diperbarui: 7 September 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Apa saja makanan pelancar haid? Wanita dengan siklus haid yang tidak lancar dapat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu untuk membantu melancarkan siklus menstruasi. Ketahui apa saja makanan memperlancar haid dan tips haid teratur untuk wanita.

8 Makanan Pelancar Haid Alami agar Lebih Teratur

Makanan Pelancar Haid Alami dan Sehat

Siklus menstruasi yang lancar terjadi sekitar 28 hari terhitung dari hari pertama menstruasi bulan ini sampai menstruasi hari pertama pada bulan selanjutnya. Walaupun demikian, setiap wanita memiliki siklus bervariasi tergantung pada hormon dan kondisi kesehatan terkini.

Siklus menstruasi dianggap tidak lancar bila pada setiap bulan siklusnya berbeda, baik lebih cepat atau lebih lambat. Apabila Anda mengalami kondisi tersebut, Anda dapat membantu mengatur siklus dengan makanan memperlancar haid sebagai berikut:

1. Pepaya

Kandungan beta karoten yang tinggi pada pepaya berfungsi untuk mendukung produksi kadar estrogen pada tubuh. Estrogen adalah hormon seks wanita utama yang berperan dalam siklus menstruasi.

Walaupun demikian, pepaya mengandung serat tertentu yang meningkatkan kontraksi otot rahim. Maka dari itu, tidak disarankan untuk makan pepaya berlebihan selama menstruasi atau kehamilan.

2. Jahe

Jahe (Zingiber officinale) adalah rempah-rempah yang digunakan sebagai obat tradisional karena mengandung beragam vitamin, nutrisi, dan kandungan bioaktif sebagai antioksidan. Ada berbagai manfaat jahe untuk kesehatan, salah satunya untuk melancarkan siklus haid.

Anda dapat mengonsumsi ekstrak jahe atau berbagai menu makanan dengan bumbu jahe bila siklus haid tidak teratur, namun belum ada bukti ilmiah yang membuktikannya. Penelitian sementara berfokus pada khasiat jahe untuk menghilangkan gejala nyeri menstruasi.

3. Kayu Manis

Cinnamon (Cinnamomum verum) adalah superfood atau makanan super dengan banyak manfaat kesehatan. Cinnamon juga dipercaya sebagai makanan agar haid cepat keluar.

Berdasarkan laporan sebuah studi di tahun 2014, cinnamon dapat menjadi opsi alternatif untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar pada wanita yang menderita Polycystic ovary syndrome (PCOS). Walaupun demikian, belum ada bukti ilmiah tentang manfaat cinnamon bagi kelancaran menstruasi penderita PCOS.

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah kondisi medis di mana wanita memproduksi hormon pria lebih banyak daripada hormon wanita. Kondisi ini berpengaruh pada siklus menstruasi dan kesehatan reproduksi.

4. Nanas

Nanas mengandung komponen aktif bromelin yang merupakan enzim untuk melembutkan lapisan rahim. Enzim bromelin ini juga dipercaya dapat mengatur siklus menstruasi dan meringankan gejala pramenstruasi seperti nyeri dan kram perut, namun belum ada pembuktian medis terkait apakah aman dan efektif menggunakan makanan pelancar haid.

Baca Juga: 9 Minuman Pelancar Haid (Mudah Dibuat di Rumah)

5. Makanan Mengandung Lemak Sehat

Lemak sehat berpengaruh pada kadar hormon wanita yang mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Wanita harus memenuhi kebutuhan harian makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda, seperti ikan salmon, kenari, biji rami, biji bunga matahari, ikan mackerel, tuna, minyak jagung, minyak kedelai, dll.

6. Makanan Mengandung Folat

Makanan agar haid cepat keluar adalah semua makanan yang mengandung folat. Folat adalah vitamin B9 untuk meningkatkan produksi sel darah putih, darah merah, serta RNA dan DNA. Folat juga dapat melancarkan siklus menstruasi dengan cara meningkatkan kadar progesteron.

Dokter merekomendasikan asupan folat harian untuk wanita 400 mikrogram (mcg). Dosis mungkin ditambahkan hingga 800 mcg sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Makanan sumber folat adalah makanan laut, telur, susu, daging, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, buncis, kacang polong, dan buah-buahan.

7. Makanan Mengandung Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai sumber kesehatan untuk tulang dan gigi, namun vitamin D juga dikaitkan dengan siklus menstruasi wanita. Berdasarkan penelitian di tahun 2015, ada hubungan antara kekurangan vitamin D dan siklus menstruasi yang tidak lancar.

Selain itu, konsumsi suplemen vitamin D diketahui dapat membantu melancarkan siklus menstruasi pada wanita dengan gangguan polycystic ovary syndrome (PCOS) atau gangguan hormon wanita. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari pagi dan konsumsi susu.

8. Kunyit

Kunyit juga termasuk dalam daftar makanan memperlancar haid. Kunyit mengandung bahan aktif kurkumin yang juga berperan sebagai sumber antioksidan yang kuat.

Masyarakat tradisional menggunakan kunyit sebagai obat alternatif untuk mengatur siklus menstruasi agar lancar, namun belum ada pembuktian medis. Kunyit juga diolah untuk meredakan gejala nyeri menstruasi karena efek antiinflamasi dari kurkumin tersebut.

Itulah beberapa daftar makanan agar haid cepat keluar. Selain konsumsi makanan sehat alami tersebut, Anda juga harus menjaga kesehatan fisik dan bila perlu periksa ke dokter untuk diagnosis dan pengobatan lebih efektif.

Baca Juga: 15 Penyebab Haid Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya!

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Ada beragam faktor yang menyebabkan seorang wanita memiliki jadwal menstruasi tidak lancar seperti faktor stres, olahraga berlebihan, dan gangguan hormon. Anda dapat mengatasinya dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, seperti:

  • Kelola Stres: Emosi tinggi atau stres dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon sehingga memengaruhi siklus haid. Silakan kelola rasa stres Anda dengan melakukan aktivitas menyenangkan.
  • Yoga: Latihan yoga akan membuat fisik dan mental Anda lebih tenang sehingga meregulasi hormon kewanitaan lebih baik.
  • Meditasi: Cara mengatasi stres dengan meditasi terbukti dapat memperbaiki emosi yang juga dihubungkan dengan kelancaran siklus haid.
  • Periksa Berat Badan: Terlalu kurus atau terlalu gemuk juga membuat siklus haid tidak lancar. Sebaiknya, jaga berat badan normal sesuai dengan ukuran Indek Masa Tubuh (IMT).
  • Olahraga Cukup: Olahraga terlalu berat juga akan membuat haid tidak lancar, jadi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Durasi olahraga yang direkomendasikan adalah 2,5 hingga 5 jam untuk latihan intensitas sedang setiap minggu.

Itulah pembahasan lengkap tentang makanan pelancar haid dan tips sehat agar haid lancar setiap bulan. Apabila siklus haid Anda tetap tidak lancar secara terus-menerus, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan sebab dan cara mengatasinya sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Burgess, Lana. 2019. Can home remedies help regulate your period?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324781. (Diakses pada 25 Agustus 2020).
  2. Healthline Medical Network. 2019. How to Regulate Your Periods: 20 Tips and Tricks. https://www.healthline.com/health/how-to-regulate-periods. (Diakses pada 25 Agustus 2020).
  3. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. 8 Science-Backed Home Remedies for Irregular Periods. https://www.healthline.com/health/womens-health/irregular-periods-home-remedies#1. (Diakses pada 25 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi