Terbit: 14 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Orang Indonesia cenderung suka dengan makanan pedas. Selain itu, kita juga terbiasa mengonsumsi minuman panas seperti teh, kopi, atau wedang jahe yang sangat nikmat untuk dikonsumsi saat malam hari atau udara sedang cukup dingin. Hanya saja, ada anggapan yang menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman panas dan makanan pedas bisa memicu kanker mulut. Sebenarnya, apakah anggapan ini sesuai dengan fakta medis?

Makanan Pedas dan Minuman Panas Bisa Picu Kanker?

Kaitan antara makanan pedas dan minuman panas dengan kanker

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan pedas dan minuman panas aman untuk dilakukan dan bukan penyebab dari kanker mulut. Hanya saja, jika memang kita memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti daya tahan tubuh yang buruk, mulut kering, atau kekurangan air liur, bisa jadi mulut akan lebih rentan terkena berbagai macam penyakit.

Kasus kanker mulut yang terjadi pada penyuka makanan pedas juga cenderung sangat rendah. Selain itu, jika kita suka minum kopi atau teh panas, kita akan mengalami sensasi melepuh pada mulut sehingga biasanya tidak akan diteruskan mengonsumsinya. Kita pun akan menunggunya menjadi lebih hangat sehingga tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Justru, mengonsumsi minuman panas seperti kopi atau teh biasanya akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidan dari minuman-minuman ini cukup tinggi. Bahkan, di dalam sambal atau cabai yang membuat rasa masakan menjadi lebih pedas juga kaya akan kandungan antioksidan yang juga bisa mencegah datangnya penyakit.

Melihat fakta ini, kita tak perlu lagi khawatir untuk mengonsumsi makanan pedas atau minuman panas karena hal ini tidak akan menyebabkan kanker mulut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Manfaat minuman panas

Terdapat banyak sekali manfaat dari mengonsumsi minuman hangat bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi teh panas, makan kita akan mendapatkan banyak nutrisi yang menyehatkan.

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi teh panas.

  1. Relaksasi

Teh hangat bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa tanin yang memang bisa memberikan efek tenang dan nyaman.

  1. Mencegah kanker

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Circulation, dihasilkan fakta bahwa minum teh hijau dan teh hitam yang kaya akan polifenol bisa mencegah datangnya kanker dengan efektif.

  1. Mencegah flu

Minum teh hangat secara rutin di musim hujan juga bisa membantu kita mencegah datangnya flu dengan efektif.

Sementara itu, berikut adalah manfaat minum kopi panas

  1. Mempercepat metabolisme

Mengonsumsi kopi bisa membuat sistem metabolisme tubuh berjalan dengan lebih cepat sehingga tubuh pun akan membakar lemak dengan lebih baik. Hal ini tentu akan membantu menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Stimulan yang baik

Pakar kesehatan menyebut kopi sebagai stimulant yang baik sehingga akan menghilangkan rasa kantuk, menambah semangat, dan membuat kemampuan fisik dan otak meningkat dengan signifikan.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Minum kopi seacra teratur telah terbukti mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dengan efektif.

Manfaat makan pedas

Makanan pedas bisa membuat nafsu makan meningkat. Bahkan, menurut pakar kesehatan, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan capsaicin di dalam makanan pedas bisa mencegah pembekuan darah dan memperlancar aliran darah. Bahkan, cabai juga mampu membantu menurunkan kerusakan pada pembuluh darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol dengan efektif.

  1. Menurunkan berat badan

Makanan pedas akan membantu meningkatkan metabolisme hingga 5 persen sehingga membuat proses pembakaran naik hingga 16 persen. Tubuh yang membakar kalori dengan lebih baik akan membuat berat badan turun dengan signifikan.

  1. Mencegah kanker

Kandungan kurkumin bisa menghambat perkembangan sel kanker. Bahkan, pakar kesehatan menyebut hobi makan pedas bisa menurunkan risiko kanker payudara, kanker serviks, dan kanker perut dengan signifikan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi