Makanan Pedas Membuat Kita Makan Dengan Jumlah Lebih Banyak, Benarkah?

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang menyebutkan bahwa kebiasaan makan pedas akan membuat kita cenderung makan dengan jumlah yang lebih banyak. Saat sambal yang kita konsumsi pedasnya pas atau mantap, maka kita akan cenderung menambah nasi demi mengimbangi rasa pedas tersebut. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa manusia memang cenderung akan menambah asupan makanannya jika menemukan apa yang sangat disukainya. Jika kita memang suka makan pedas, maka kita juga akan cenderung menambah porsi makanan kita. Tak hanya itu, makanan pedas juga cenderung bisa memberikan kepuasan tersendiri setelah mengkonsumsinya. Namun, secara umum, anggapan bahwa makanan pedas bisa membuat kita makan dengan lebih banyak sebenarnya tidak selalu tepat.

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Chemical Senses yang terbit pada tahun 2012, disebutkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas justru bisa menurunkan keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlemak, makanan manis, dan makanan asin. Makanan-makanan ini seringkali dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk kenaikan berat badan. Selain itu, penelitian lain yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Appetite pada tahun 2014 juga menyebutkan bahwa makanan pedas justru lebih cepat merangsang otak untuk mengeluarkan sinyal kenyang sehingga kita justru akan lebih baik dalam menahan diri dan menjaga porsi makanan tidak berlebihan.

Tak hanya menjaga porsi makan, makanan pedas ternyata juga membantu pembakaran kalori lebih banyak. Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Chemical Senses ini, disebutkan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga akan membantu proses pembakaran kalori dengan lebih baik.

Jika anda suka makan pedas, nikmatilah makanan ini karena memang bisa memberikan sensasi mantap dan justru baik bagi kesehatan tubuh.