Salah Diberi Makanan Oleh Staf RS, Pasien Meninggal

kamar_rumah_sakit_doktersehat
Photo Source: Flickr/Joe Naylor

DokterSehat.Com– Staf rumah sakit di Inggris secara tidak sengaja melakukan kesalahan dengan memberi makanan yang tidak sesuai dengan pasien. Makanan tersebut adalah kentang goreng dan kue bolu yang tidak bisa dicerna oleh pasien tersebut. Yang mengenaskan adalah, setelah mengonsumsinya, pasien ini kondisinya memburuk dan akhirnya meninggal dunia.

Dilansir dari The Sun, pasien ini seharusnya mendapatkan diet khusus berupa makanan yang lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh pasien. Akibat mengonsumsi makanan yang tidak sesuai, pasien pun mengalami gangguan pernapasan hingga pneumonia.

Menurut sistem kesehatan Inggris NHS, setidaknya 270 orang tersedak dalam dua tahun terakhir gara-gara diberi makanan yang tidak sesuai. Otoritas kesehatan setempat pun menyarankan semua pihak untuk lebih memperhatikan hal ini.

Mereka dengan masalah stroke dan cedera kepala seringkali kesulitan untuk menelan makanan. Hal yang sama juga terjadi pada penderita beberapa jenis kanker dan demensia. Selain itu, mereka yang mengalami cedera rahang juga sebaiknya mengonsumsi makanan lembut seperti bubur.

“Dua pasien yang mengalami masalah kesehatan cukup parah telah meninggal akibat kesalahan dalam pemberian makanan. Sepertinya memang terjadi kesalahan dalam prosedur atau sistem yang ada sehingga memicu kesalahan dan kebingungan dalam penyediaan makanan bagi pasien. Kami akan memanggil semua pihak di NHS untuk lebih memperhatikan hal ini demi mencegah kesalahan yang sama terjadi di masa depan,” ucap NHS Improvement’s Executive Medical Director and Chief Operating Officer Dr. Kathy McLean.

Tak hanya petugas di rumah sakit, pihak keluarga yang sedang memiliki anggota keluarga yang dirawat di rumah sakit juga sebaiknya tidak sembarangan memberikan makanan karena bisa saja mempengaruhi kesehatan dan kesembuhan sang pasien.