7 Makanan yang Harus Diwaspadai Penderita Asam Urat

daging-doktersehat

DokterSehat.Com– Penderita asam urat mau tidak mau harus mengubah gaya hidupnya dengan signifikan, khususnya dalam hal menerapkan pola makan sehat. Makanan apa saja yang harus dihindari atau tergolong makanan pantangan penderita asam urat?

Makanan pantangan penderita asam urat

Secara umum, pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk menghindari makanan dengan kadar purin yang tinggi. Hal ini akan membuat kadar zat asam urat bisa terkendali sekaligus mencegah datangnya komplikasi yang lebih buruk di bagian ginjal.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak sembarangan penderita asam urat.

  1. Daging merah

Daging merah memang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang nikmat dan menggoda. Sayangnya, bagi penderita asam urat, daging merah justru bisa menjadi penyebab datangnya serangan asam urat pada persendian. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar purin dan kolesterol di dalam bahan makanan ini.

Jika ingin mengonsumsi daging merah, penderita asam urat sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Jika masih boleh mengonsumsinya, pastikan untuk membatasi porsi dan frekuensi memakannya. Selain itu, pastikan untuk membuang bagian lemak sebelum memasaknya dan tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

  1. Sayur bayam

Pakar kesehatan sebenarnya masih memperdebatkan tentang apakah sayur bayam memang harus dihindari penderita asam urat atau tidak. Hanya saja, demi mencegah datangnya serangan asam urat, penderita penyakit ini memang sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi sayuran dengan kadar purin yang sedang ini.

  1. Es krim

Tak disangka, es krim yang menyegarkan ternyata juga dilarang untuk dikonsumsi penderita asam urat. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak yang cukup tinggi di dalam makanan ini. Selain itu, kandungan gula di dalam es krim yang tinggi disebut-sebut bisa meningkatkan risiko terjadinya peradangan, salah satu pemicu dari gejala serangan asam urat.

  1. Makanan laut

Makanan laut seperti kerang, lobster, udang, cumi, dan lain-lain memang sangat menggoda untuk dikonsumsi. Hanya saja, makanan laut tinggi kandungan purin dan kolesterol yang tentu akan memperburuk kondisi penderita asam urat. Karena alasan inilah mereka sebaiknya menghindari makanan ini demi menjaga kesehatannya.

  1. Makanan bersantan

Makanan bersantan ternyata juga sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak dan kolesterolnya yang sangat tinggi. Kandungan ini dikhawatirkan akan menyebabkan peradangan sekaligus meningkatkan risiko munculnya serangan asam urat yang menyakitkan.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan seperti nugget, sosis, dan beberapa jenis makanan kemasan lainnya sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi penderita asam urat karena bisa menyebabkan peningkatan risiko terkena gejala serangan penyakit ini.

  1. Durian

Sebagaimana sayur bayam, durian sebenarnya juga masih menjadi perdebatan pakar kesehatan dalam hal apakah masih boleh dikonsumsi penderita asam urat atau tidak. Hanya saja, mengingat ada kandungan seperti ethanol, ethyl, dan sejenis senyawa sulfur di dalam buah ini, sebaiknya penderita asam urat tidak sembarangan mengonsumsinya.

Jika masih diperbolehkan untuk makan durian, penderita asam urat harus benar-benar membatasi porsinya. Selain itu, pastikan untuk memperbanyak asupan air putih setelah memakannya demi membantu proses peluruhan kelebihan purin dari dalam tubuh.

Jika memang ragu, penderita asam urat bisa meminta saran dari dokter untuk mengetahui dengan pasti makanan-makanan apa saja yang masih boleh mereka konsumsi demi mencegah datangnya gejala asam urat sekaligus mencegah datangnya komplikasi dari penyakit ini.