5 Makanan dan Minuman yang Bisa Turunkan Testosteron

makanan-penurun-testosteron-doktersehat

DokterSehat.Com – Testosteron yang dihasilkan oleh testis memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selain digunakan untuk meningkatkan gairah seksual, hormon itu juga mempengaruhi kerja jantung dan beberapa organ vital lainnya. Pria yang kekurangan testosteron mudah sekali alami kegemukan hingga gangguan tulang.

Makanan dan Minuman Penurun Hormon Testosteron

Testosteron memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh pria, sehingga kadar dalam tubuh perlu terus dijaga. Kalau tidak dijaga, kadar hormon seks ini akan mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan, dengan hanya mengonsumsi beberapa makanan dan minuman di bawah ini kadar hormon testosteron bisa anjlok.

  1. Biji rami

Biji rami sering digunakan oleh pria yang mengalami kanker prostat. Biji yang mengandung lemak sehat dan serat ini juga bisa menekan produksi testosteron. Pria yang memiliki kanker biasanya susah sembuh kalau kadar hormon seksnya terlalu tinggi. Oleh karena itu, biji rami dikonsumsi untuk menaikkan testosteron yang berlebihan.

Kalau pria tidak mengalami gangguan pada tubuh khususnya yang berhubungan dengan prostat, biji rami tidak boleh dikonsumsi. Meski bergizi, pria menggantinya dengan biji lainnya seperti cia yang baik untuk diet. Kalau sampai biji rami dikonsumsi testosteron akan anjlok dan menyebabkan libido turun.

  1. Makanan olahan atau yang berpengawet

Makanan olahan dan berpengawet banyak sekali beredar di luaran sana. Kalau tidak masak sendiri pria akan sulit untuk mencegah makanan itu masuk ke tubuh. Aneka makanan dan minuman kemasan hampir semuanya memiliki pengawet dan pemanis buatan yang buruk untuk tubuh khususnya testosteron.

Cara terbaik untuk mencegah makanan berpengawet  masuk ke dalam tubuh adalah dengan menghindari makanan kemasan. Kalau ada versi segar lebih baik memilih itu agar tubuh tidak terkena efek sampingnya.

  1. Minyak sayur

Minyak sayur banyak digunakan untuk memasak sehari-hari untuk mengganti minyak sawit yang tidak baik untuk tubuh. Sayangnya, minyak sayur yang baik itu juga memiliki efek samping yang tidak kecil, yaitu penurunan kadar hormon testosteron pria.

Jika dibandingkan pakai minyak sayur, lebih baik menggantinya dengan minyak kelapa murni. Minyak ini bermanfaat untuk tubuh, bahkan bisa menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan dari jantung.

  1. Akar manis

Akar manis atau licorice memang jarang digunakan di Indonesia meski memiliki banyak manfaat. Pertama, akar ini memiliki rasa manis alami, sehingga kerap digunakan untuk bahan makanan dan juga minuman. Selanjutnya akar ini juga kerap digunakan untuk herbal meski memiliki efek samping untuk pria.

Salah satu efek samping akar manis adalah penurunan testosteron dengan jumlah cukup signifikan. Mengonsumsi akar manis ini selama kurang lebih satu minggu bisa menurunkan kadar hormon seks pria hingga 26 persen. Dengan jumlah yang cukup besar ini, kemungkinan terjadi gangguan seks dan reproduksi cukup tinggi.

  1. Olahan daun mint

Olahan daun mint dalam bentuk minuman dingin atau teh bisa menjadikannya sebagai minuman penurun testosteron yang cepat. Itulah kenapa teh mint disarankan untuk wanita yang mengalami sindrom PCOS. Wanita dengan sindrom ini sering alami gangguan pada ovarium akibat kadar androgen yang di dalam ada testosteron terlalu tinggi di dalam tubuhnya.

Konsumsi teh dengan tambahan mint akan mencegah testosteron diproduksi dalam jumlah banyak. Oh ya, karena testosteron bisa mengalami penurunan, pria tidak disarankan untuk mengonsumsi teh mint terlalu banyak. Sesekali mungkin boleh untuk sekadar relaksasi, selebihnya akan memberikan dampak pada kehidupan seks.

Itu dia lima makanan dan minuman penurun testosteron pada pria. Semoga bisa menambah pengetahuan kita supaya hati-hati saat memilih makanan dan minuman!