3 Makanan dan Minuman yang Lebih Sehat Jika Ditambah Madu

doktersehat-kacang

DokterSehat.Com– Makanan atau minuman apa yang biasanya Anda tambahkan madu sebagai topping atau olesannya? Kebanyakan dari kita tentu memilih makanan yang cenderung tanpa rasa atau hambar untuk ditambahkan madu di atasnya, ya.

Hal ini memang menambah kenikmatan akan makanan dan minuman yang kita konsumsi, ya.

Akan tetapi, menambahkan madu pada bahan makanan juga bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, jika jenis bahan makanan atau minuman yang ditambahi madu adalah jenis bahan makanan yang tepat.

merawat-rambut-dengan-madu-manuka-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Three-shots

Penasaran apa saja bahan makanan yang bisa lebih sehat jika ditambahkan madu? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Tips memilih makanan atau minuman yang baik ditambahkan madu

Makanan atau minuman yang bisa lebih sehat jika ditambah madu bukanlah makanan yang asal, mengapa?

Hal ini disebabkan karena kandungan gizi madu yang tinggi akan karbohidrat sederhana atau gula.

Kondisi ini sebaiknya kita manfaatkan dengan maksimal agar asupan gizi yang ada madu bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh tubuh.

Untuk itu, sebaiknya madu tidak banyak ditambahkan pada beberapa bahan makanan atau minuman yang:

  • Makanan yang banyak mengandung karbohidrat, misalnya roti atau biskuit
    Anda tentu sering menambahkan madu di atas roti, biskuit, atau olahan dari karbohidrat lainnya, ya.

    Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, namun asupan gula yang ada pada madu bisa meningkatkan kalori dari jenis zat gizi yang sama, yaitu karbohidrat. Jika dilangsungkan terus menerus, asupan karbohidrat dalam tubuh bisa berlebihan.

  • Minuman yang sudah berkalori
    Menambahkan madu dalam minuman memang merupakan hal yang sangat umum, meskipun hal ini juga tidak sepenuhnya salah, akan tetapi, jika Anda menambahkan madu pada minuman yang sudah memiliki banyak kalori dan energi, maka asupan kalori dan energi dalam tubuh juga bisa berlebihan.

Lantas, minuman atau makanan apa yang bisa lebih sehat jika ditambahkan madu?

Makanan atau minuman yang bisa lebih sehat jika ditambahkan madu adalah makanan yang tidak memiliki kandungan karbohidrat atau gula.

Hal ini akan melengkapi kandungan gizi yang ada menu makanan yang kita konsumsi.

Beberapa bahan makanan dan minuman yang bisa ditambahkan madu adalah:

1. Makanan berprotein hewani

Anda tentu sering mendengar beberapa menu makanan protein hewani, misalnya ayam bakar atau ikan bumbu, yang mendapatkan tambahan bumbu madu, bukan?

doktersehat-daging-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Matt Barber

Ya, hal ini merupakan salah satu menu makanan super sehat yang memiliki gizi lengkap.

Menu makanan berprotein hewani yang ditambahkan madu bisa melengkapi kandungan protein yang rendah karbohidrat.

Hal akan membuat menu makanan Anda memiliki kandungan protein dan karbohidrat, dalam bentuk gula alami yang sehat. Sehingga menu makanan berprotein Anda akan semakin sehat, bukan?

2. Kacang-kacangan

Pernah mencoba sajian kacang dengan madu? Jika belum, maka sajian yang satu ini juga tidak kalah sehat karena tambahan madu justru memberikan asupan gula alami pada kacang. Hal ini akan memberikan asupan gizi yang cukup lengkap pada satu sajian makanan.
cokelat-kacang-doktersehat

Tidak hanya itu, asupan fitonutrien yang telah tinggi pada kacang juga akan semakin tinggi dengan penambahan madu, karena madu juga memiliki kandungan fitonutrien yang cukup tinggi.

3. Minuman yang rendah kalori

Jangan asal menambahkan madu pada minuman, agar kandungan gizinya maksimal, usahakan menambahkan madu pada minuman alami yang memang rendah kalori.

doktersehat-khasiat-jahe-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

Bukannya minuman yang sudah memiliki kandungan kalori dan energi, misalnya jus dari buah yang rasanya manis, atau minuman manis kemasan.

Penambahan madu yang bisa membuat asupan minuman makin sehat adalah penambahan madu pada teh tawar atau minuman rempah alami misalnya bandrek atau sekoteng. Hal ini bisa memberi asupan energi pada tubuh setelah mengonsumsi minuman alami dengan madu tersebut.