Terbit: 26 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencukupi kebutuhan air putih jika ingin menjaga cairan tubuh. Dengan melakukannya, maka berbagai fungsi organ tubuh akan terjaga. Kita juga tidak akan mudah mengalami haus, kulit kering, dan gejala lain yang bisa muncul akibat dehidrasi.

7 Makanan Ini Paling Bagus untuk Menghidrasi Tubuh

Berbagai Makanan yang Bisa Menghidrasi Tubuh

Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menghidrasi tubuh dengan cepat saat kita kehausan atau harus mengembalikan keseimbangan cairan tubuh.

Berikut adalah makaan-makanan tersebut.

  1. Semangka

Terdapat tiga kata yang bisa menjabarkan buah semangka, yakni segar, nikmat, dan sehat. Dalam realitanya, semangka memang bisa memberikan berbagai manfaat tersebut. Keberadaan cairan di dalamnya yang mencapai 96 persen juga membuatnya bisa dengan cepat mengembalikan cairan tubuh setelah dikonsumsi.

Pakar kesehatan menyebut semangka juga tinggi kandungan serat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, potasium, serta magnesium. Di dalamnya juga tinggi kandungan antioksidan bejenis likopen yang bisa mencegah datangnya beberapa masalah kesehatan yang serius layaknya kanker dan stroke.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Bayam

Sayur bayam sering kita konsumsi sebagai lauk. Tak disangka, sayuran dengan warna hijau ini ternyata juga bisa dengan cepat mengembalikan keseimbangan cairan tubuh lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan cairan di dalamnya yang mencapai 92 persen.

Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan sehat lainnya seperti magnesium, vitamin, dan mineral. Rutin mengonsumsinya disebut-sebut akan meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan tulang.

  1. Timun

Dikenal luas sebagai buah yang sangat menyegarkan. Dalam realitanya mentimun tinggi kandungan air, tepatnya mencapai 95 persen. Mengonsumsinya tentu akan mencegah masalah dehidrasi dan kepanasan dengan signifikan. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan nutrisi sehat lainnya seperti potasium, magnesium, dan vitamin K.

  1. Tomat

Dikenal luas sebagai salah satu sayuran yang paling baik bagi kesehatan, dalam realitanya tomat tinggi kandungan nutrisi seperti vitamin dan antioksidan. Rutin mengonsumsi tomat tak hanya akan membaut keseimbangan cairan tubuh terjaga, kita juga bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

  1. Buah Jeruk

Jeruk yang sangat menyegarkan tinggi kandungan cairan, tepatnya mencapai 88 persen. Rutin mengonsumsi buah yang tinggi dengan antioksidan, potasium, dan vitamin C ini akan membuat kita mengatasi dehidrasi, meningkatkan sistem imun, memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mencegah peradangan yang bisa memicu datangnya berbagai macam penyakit.

  1. Stroberi

Sekitar 91 persen dari kandungan stroberi adalah cairan. Hal ini berarti, rutin mengonsumsi buah dengan warna merah dan kombinasi rasa masam dan manis ini bisa mengatasi dehidrasi dengan efektif. Buah ini juga cenderung tinggi kandungan serat, antioksidan yang bisa menyebabkan penyakit, berbgai macam vitamin, dan mineral.

  1. Blewah

Buah yang sering dijadikan campuran minuman dingin ini ternyata juga bisa mengembalikan cairan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan air di dalamnya yang mencapai 90 persen. Rutin mengonsumsinya juga bisa membantu menjaga asupan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang bisa mengatasi dehidrasi.

Mengatasi Dehidrasi

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi dehidrasi. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah minum air putih dalam jumlah yang cukup. Kita bisa mengonsumsi air putih dengan berbagai jenis suhu, baik itu dingin, hangat, atau biasa saja untuk mendapatkan manfaat ini.

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi jus buah yang terbuat dari buah segar dan air kelapa. Hanya saja, pakar kesehatan tidak menyarankan kita untuk mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein seperti teh atau kopi karena minuman ini bisa menyebabkan efek diuretik yang justru bisa membuat keseimbangan cairan tubuh terganggu.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2019. 7 most hydrating foods on the planet. timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/7-most-hydrating-foods-on-the-planet/photostory/71541617.cms. (Diakses pada 26 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi