Terbit: 16 Juli 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya protein, lemak, dan karbohidrat yang menyuplai energi setiap hari. Anda juga disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi. Kandungan mineral dan vitamin dapat membantu kinerja organ tubuh.

10 Makanan Terbaik dengan Kandungan Potasium Tinggi

Makanan yang Mengandung Potasium Tinggi

Selama ini kita sudah tahu kalau pisang mengandung potasium yang tinggi. Selain buah tersebut, ada beberapa makanan yang mengandung potasium tinggi yaitu:

1. Kentang

Kentang adalah salah satu sumber dari potasium yang sangat besar. Anda disarankan untuk mengonsumsi tomat dalam jumlah cukup setiap harinya. Misal dalam satu hari Anda makan 1-2 porsi kentang sebagai pengganti karbohidrat. Satu porsi kentang akan memberikan sekitar 941 mg potasium. Hindari penambahan garam dan digoreng saat mengolah.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung cukup banyak nutrisi untuk tubuh, Mengonsumsi sayuran hijau akan menyuplai serat yang cukup banyak dan juga protein. Selanjutnya beberapa jenis sayuran hijau juga mengandung potasium yang jumlahnya cukup banyak. Misal satu takaran bayam ada sekitar 838 mg potasium.

3. Lentil

Lentil adalah salah satu pengganti protein yang cukup bisa diandalkan. Dengan mengonsumsi lentil, Anda akan mendapatkan juga suplai serat yang cukup banyak. Mengonsumsi lentil juga bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadar garam secara berlebihan. Satu takaran saji lentil mengandung sekitar 731 mg potasium.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Jus tomat

Jus tomat atau tomat dalam bentuk puree memiliki kandungan potasium yang cukup banyak. Anda bisa membuat sendiri jus tomat atau membeli dalam bentuk kemasan. Dalam setengah mangkuk jus tomat mengandung sekitar 500 mg potasium yang membantu tubuh dalam meregulasi air dan juga garam.

5. Sayuran dan buah tertentu

Beberapa jenis buah dan sayuran juga menawarkan potasium dalam jumlah banyak. Buah dan sayuran ini bisa dalam bentuk jus segar atau dalam bentuk kemasan kaleng. Buah markisa mengandung 687 mg potasium, jeruk mengandung 496 mg, dan wortel mengandung 689 mg.

6. Kacang polong

Beberapa jenis kacang polong mengandung cukup banyak potasium per satu takaran saji. Rata-rata potasium yang akan didapatkan sekitar 354-612 mg. Anda bisa mengolahnya menjadi apa saja termasuk dikukus atau dibuat puree.

7. Kismis

Sekitar setengah mangkuk kismis mengandung 618 mg potasium. Anda bisa mengonsumsi kismis secara langsung atau dicampur dengan bahan lainnya untuk membuat kue.

8. Yoghurt

Satu takaran saji yoghurt alami tanpa ada campuran sama sekali mengandung sekitar 579 mg potasium. Selain itu, dalam yoghurt juga terkandung cukup banyak kalsium yang baik untuk tulang serta probiotik yang baik untuk kesehatan perut.

9. Ubi jalar

Ubi jalar sama halnya dengan kentang, hanya saja ubi jalar lebih banyak mengandung betakaroten. Rasanya yang manis dan nikmat memudahkan Anda dalam mengolahnya menjadi apa saja kecuali digoreng dengan minyak yang banyak.

10. Makanan laut

Ada beberapa jenis makanan laut yang mengandung cukup banyak potasium. Selain potasium yang baik untuk peredaran darah, ada juga kandungan omega-3 yang baik untuk otak dan protein untuk otot. Rutin mengonsumsi makanan laut bisa membuat kita lebih sehat. Beberapa jenis makanan laut dengan potasium tinggi per satu takar saji adalah ikan makarel, halibut, dan salmon.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi