Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lycopene merupakan salah satu zat alami yang biasa ditemukan pada sayur atau buah. Lycopene sendiri juga dikenal sebagai zat pemberi warna merah pada sayuran dan buah-buahan. Kendati demikian, lycopene ternyata juga dikenal sebagai salah satu zat aktif yang dapat melindungi kulit.

Sejumlah Bahan Alami Ini Mengandung Lycopene

Tidak tanggung-tanggung, lycopene dapat menjadikan kulit terhindar dari masalah peradangan kulit, jerawat hingga penuaan sel-sel kulit. Tidak heran jika Anda sering menjumpai beberapa produk perawatan kulit dilengkapi oleh kandungan lycopene di dalamnya. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat kebaikan dari lycopene, tidak ada salahnya untuk menggunakan sejumlah bahan-bahan alami berikut.

1. Jambu

Salah satu bahan alami yang dikenal kaya akan kandungan lycopene adalah buah jambu. Dilansir dari laman My Food Data, setiap 100 gram buah jambu mengandung 5204 mikrogram lycopene. Sebagai tambahan infomrasi, lycopene juga tergolong ke dalam salah satu jenis antioksidan. Tidak heran jika orang yang lebih sering mengonsumsi jambu memiliki kesehatan tubuh dan kulit yang terjaga.

2. Semangka

Selain buah jambu, Anda juga dapat menggunakan atau pun mengonsumsi buah semangka. Buah yang kaya akan kandungan air ini ternyata juga dilengkapi dengan zat lycopene yang cukup melimpah. Bahkan, kandungan lycopene pada buah semangka mencapai 4532 mikrogram setiap 100 gramnya. Tidak heran jika sejumlah produk perawatan kulit saat ini juga dilengkapi dengan kandungan ekstrak semangka.

3. Tomat

Nah, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui jika buah atau sayur tomat ini juga menjadi salah satu sumber dari lycopene. Kendati demikian, rupanya kandungan lycopene ini hanya ditemukan pada buah tomat yang sudah matang saja. Dilansir dari laman My Food Data, setiap 100 gram tomat mengandung 3401 mikrogam lycopene.

Wah, siapa yang menyangka jika buah dan sayur di atas ternyata menjadi tiga bahan alami yang mengandung lycopene paling banyak. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengaplikasikannya sebagai bahan perawatan alami kulit. Kendati demikian, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan produk perawatan kulit lainnya agar kesehatan kulit lebih terjaga secara optimal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi