Selain Susu, Ini 6 Makanan yang Mengandung Kalsium

doktersehat-manfaat-bayam

DokterSehat.Com– Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tulang dan gigi agar selalu sehat. Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa kalsium hanya bisa diperoleh dari susu. Anggapan itu memanglah benar, sehingga para ahli gizi menyarankan untuk selalu meminum susu agar kebutuhan kalsium terpenuhi. Ternyata beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium juga banyak, lho! Bahkan kandungan kalsisum dalam makanan, mengandung kalsium jauh lebih tinggi dibanding susu. Apa saja makanan itu?

Makanan yang Mengandung Kalsium

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari karna memiliki rasa yang enak, apalagi jika diolah menjadi sayur bening. Selain rasanya yang enak, bayam juga memiliki manfaat bagi kesehatan, di antaranya mampu meningkatkan energi, meningkatkan kadar hemoglobin, memperbaiki kesehatan pencernaan, meningkatkan metabolisme, serta memperkuat otot dan tulang. Hal ini dikarenakan bayam mengandung sekitar 394 mg kalsium per cangkir. Oleh sebab itu, rutinlah mengonsumsi bayam setiap hari agar kebutuhan kalsium Anda terpenuhi.

2. Jus jeruk

Jika Anda tidak menyukai susu, Anda bisa menggantinya dengan jus jeruk. Jus jeruk bisa Anda minum ketika sarapan sebagai pengganti susu. Minuman ini tidak kalah sehatnya dengan susu, karena mengandung kalsium lebih tinggi dibanding susu, yakni sekitar 250 mg kalsium dalam satu gelas. Selain itu, jus jeruk juga dikenal sebagai minuman yang kaya akan vitamin C sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat kesehatan dari mengonsumsi jus jeruk adalah mampu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan ibu hamil, membakar lemak tubuh dengan cepat sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

3. Kacang almond

Ketika Anda sedang dalam proses penurunan berat badan namun muncul keinginan untuk ngemil, sebaiknya Anda mengonsumsi kacang almond. Sebab, jenis kacang ini aman dikonsumsi ketika Anda sedang diet karena tidak akan menyebabakan kenaikan berat badan. Selain itu, mengonsumsi almond sama seperti Anda mengonsumsi susu sapi karena almond yang makanan mengandung kalsium yang sama tinggi yakni sekitar 320 mg kalsium dalam satu cangkir kacang almond.

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi kacang almond adalah menurunkan kadar gula darah, mengurangi kolesterol, mengobati disfungsi ereksi, meningkatkan konsentrasi, dan masih banyak lainnya.

 

4. Ikan sarden dan salmon kalengan

Ikan sarden dan salmon kalengan mengandung banyak kalsium, berkat tulangnya yang dapat dimakan.

Satu kaleng 3,75-ons (92 gram) sarden memakan 35% RDI, dan 3 ons (85 gram) salmon kalengan dengan tulang memiliki 21%.

Ikan berminyak ini juga menyediakan protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung, otak, dan kulit Anda.

Meskipun makanan laut dapat mengandung merkuri, ikan yang lebih kecil seperti ikan sarden memiliki tingkat yang rendah. Selain itu, ikan sarden dan salmon memiliki kadar selenium yang tinggi, mineral yang dapat mencegah dan membalikkan toksisitas merkuri.

5. Edamame dan tahu

Edamame adalah kedelai muda, sering dijual dalam keadaan segar di pasar. Satu cangkir (155 gram) edamame mengandung 10% RDI untuk kalsium. Makanan mengandung kalsisusm ini juga merupakan sumber protein yang baik dan memberikan semua folat harian Anda dalam satu porsi edamame.

Sementara tahu tahu juga makanan yang mengandung kalsium dengan jumlah sangat tinggi – Anda bisa mendapatkan 86% dari RDI untuk kalsium hanya dalam setengah cangkir (126 gram) tahu.

6. Makanan yang diperkaya

Cara lain untuk mendapatkan kalsium adalah dari makanan yang diperkaya. Beberapa jenis sereal dapat memberikan hingga 1.000 mg (100% dari RDI) per porsi – dan itu sebelum menambahkan susu.

Namun, perlu diingat bahwa tubuh Anda tidak dapat menyerap semua kalsium itu sekaligus, dan sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang telah diperkaya.

Tepung dan tepung jagung juga dapat diperkaya dengan kalsium. Inilah sebabnya mengapa beberapa roti, tortilla dan crackers mengandung jumlah yang tinggi.

Itulah makanan mengandung kalsium yang tidak kalah dengan meminum susu setiap hari. Yuk mulai sekarang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium, Teman Sehat!