5 Makanan yang Membuat Wanita Mudah Capai

doktersehat makanan harus dihindari wanita

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda merasakan capai berlebihan setelah melakukan aktivitas ringan atau bahkan tidak melakukan apa-apa? Pernahkah Anda merasakan capai berlebihan setelah mengonsumsi makanan tertentu? Jika pernah, Anda harus mencegahnya mulai sekarang. Kondisi lemah berlebihan yang kadang memicu rasa kantuk itu disebabkan oleh perubahan komposisi di dalam tubuh.

Kalau Anda ingin selalu sehat dan bugar khususnya saat bekerja, sebisa mungkin untuk menghindari beberapa makan di bawah ini. Mengonsumsinya dalam jumlah terbatas mungkin tidak akan memberikan efek buruk. Namun, kalau sampai berlebihan bisa membuat aktivitas harian dari wanita terganggu.

  1. Kopi

Beberapa wanita menyukai kopi karena minuman ini bisa membuat mereka jadi semangat di pagi hari. Satu galas kopi akan membuat semangat terlecut dan tenaga seperti tidak ada habisnya. Namun, kondisi ini hanya bertahan sampai siang saja. Selebihnya Anda akan langsung merasakan capai berlebih meski tidak melakukan hal-hal yang berat.

Kopi atau teh yang mengandung banyak kafeina akan membuat tubuh mudah mengeluarkan cairan. Anda akan sering kencing dan menjelang siang, Anda akan mengalami dehidrasi kalau kebutuhan cairan harian tidak segera dipenuhi dengan maksimal. Agar kondisi lemas dan capai berlebih tidak terjadi, usahakan untuk makan dengan porsi tepat. Selain itu, minum minimal 1-2 gelas saat siang hari.

  1. Makanan dan minuman manis

Mengonsumsi makanan dan minuman yang manis memang bisa membuat tubuh jadi lebih kenyang dan relaks. Namun, kalau konsumsinya terlalu berlebihan bisa membuat tubuh melepas insulin terlalu banyak untuk mengatasi gula darah yang berlebih di dalam tubuh.

Gula darah yang naik dengan cepat akan membuat wanita mudah sekali merasakan kantuk dan juga capai. Kondisi ini akan bertahan selama beberapa jam sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa terganggu karena Anda tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.

Anda boleh makan yang manis, tapi batasi. Lebih baik sesuatu yang manis itu berasal dari buah-buahan daripada gula meja.

  1. Daging merah

Mengonsumsi daging merah memang baik untuk tubuh karena bisa memberikan tambahan protein. Namun, mengonsumsi daging merah terlalu banyak ternyata menyebabkan gangguan pada tubuh berupa rasa lemas berlebihan akibat kekurangan energi yang terlalu besar.

Memecah daging merah agar bisa digunakan oleh tubuh ternyata membutuhkan banyak energi. Karena energi dialokasikan pada pencernaan makanan, tubuh jadi lemas dan akhirnya mudah capai. Kondisi ini akan semakin parah kalau daging merah juga mengandung lemak yang cukup tinggi.

  1. Pisang

Mungkin Anda akan protes kalau pisang adalah makanan yang tidak baik dikonsumsi oleh wanita khususnya saat siang. Namun, pisang dan makanan lain seperti biji labu mengandung magnesium yang tinggi. Makanan ini baik untuk membantu tubuh dalam melakukan relaksasi otot.

Kalau Anda mengonsumsi pisang saat siang hari, otot akan dipaksa untuk relaksasi. Kondisi ini tentu membuat wanita jadi mudah capai. Hanya konsumsi pisang saat akan istirahat atau tidur agar tubuh bisa mendapatkan manfaat utamanya.

  1. Ceri

Ceri dalam bentuk buah atau yang sudah diolah menjadi minuman mengandung senyawa bernama melatonin. Senyawa ini akan membuat tubuh jadi lebih relaks dan memudahkan seseorang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dengan mudah.

Kalau buah ini dikonsumsi saat siang hari, tubuh akan merasakan relaks dan kantuk yang berlebihan. Anda yang bekerja di kantor tentu akan susah konsentrasi dan setelah bekerja merasakan capai yang berlebih.

Nah, dari lima makanan di atas, mana kira-kira yang sering memberikan masalah capai pada tubuh Anda?