6 Makanan Ini Bisa Membuat Kita Cepat Tua

margarin-doktersehat
Photo Source: Flickr//dj-dwayne

DokterSehat.Com– Apa yang kita makan terbukti bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi kondisi kesehatan tubuh. Bahkan, ada yang menyebut kebiasaan makan yang tidak tepat bisa menyebabkan tubuh menjadi cepat tua. Sebenarnya, makanan-makanan apa saja yang bisa menyebabkan efek buruk ini?

Makanan yang Bisa Membuat Cepat Tua

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan dampak buruk berupa membuat kita menjadi lebih cepat tua.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Margarin

Margarin sering dianggap sebagai pengganti minyak. Masalahnya adalah meskipun bahan makanan ini bisa membuat rasa makanan menjadi lebih enak, dalam realitanya margarin tinggi kandungan lemak jenuh yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, terlalu sering mengonsumsinya juga terbukti bisa membuat kita cepat tua.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak trans di dalamnya yang bisa menyebabkan peradangan, termasuk pada kulit. Selain itu, kandungan ini juga bisa mengacaukan keseimbangan cairan tubuh yang tentu akan berimbas langsung pada kondisi kulit kita. Hal inilah yang kemudian bisa membuat kita menjadi lebih cepat tua.

  1. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, makanan kalengan, dan makanan-makanan kemasan lainnya memang mudah untuk diolah atau bisa langsung kita konsumsi sehingga tidak akan membuat kita repot untuk memasaknya terlebih dahulu. Masalahnya adalah makanan-makanan ini bisa jadi tinggi kandungan garam yang kurang baik bagi kesehatan.

Garam bisa menyebabkan gangguan keseimbangan cairan tubuh dan akhirnya berimbas langsung pada kelembapan dan kondisi kulit. Terlalu banyak mengonsumsinya tentu akan membuat kita menjadi cepat tua.

  1. Minuman Energi

Minuman energi sering dikonsumsi sebagai penambah semangat atau tenaga saat harus melakukan banyak aktivitas. Biasanya, mereka yang bekerja dengan menggunakan fisiknya seperti sopir kendaraan jarak jauh sering mengonsumsinya. Masalahnya adalah sering mengonsumsi minuman energi bisa membuat kita menjadi cepat tua.

Hal ini disebabkan oleh kandungan gula, kafein, sodium, serta asam yang sangat tinggi di dalamnya. Kombinasi dari bahan-bahan ini tak hanya akan membuat kesehatan kulit menurun drastis, melainkan juga bisa merusak gigi. Padahal, kerusakan gigi akan membuat penampilan kita menurun drastis, bukan?

Alih-alih minuman energi, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih yang lebih sehat. Jika ingin mendapatkan energi sebelum melakukan aktivitas, sebaiknya kita mencukupi waktu tidur malam.

  1. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis sering kita jadikan camilan karena rasanya yang sangat nikmat dan bisa memberikan kepuasan. Sebagai contoh, biskuit, permen, kue, atau minuman botolan dan minuman manis yang dijual di pinggir jalan sangatlah nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Masalahnya adalah terlalu sering mengonsumsinya bisa menyebabkan kenaikan berat badan, peradangan, hingga kerusakan gigi.

Berbagai dampak buruk tersebut bisa berimbas pada penampilan tubuh yang menjadi cepat tua. Risiko terkena penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular juga meningkat.

  1. Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

Makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi seperti kue, roti putih, dan pasta bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Masalahnya adalah hal ini juga bisa mempercepat penuaan pada kulit dan meningkatkan risiko terkena jerawat.

  1. Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dengan berlebihan terbukti bisa meningkatkan penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peradangan dan kerusakan di hampir seluruh bagian tubuh. Selain itu, kandungan di dalam alkohol juga akan menurunkan kadar vitamin A yang bisa berimbas pada tergangunya proses regenerasi sel.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2019 .7 Foods That Make You Age Faster. heartyaging.com/7-foods-make-you-age-faster/. (Diakses pada 26 November 2019).