7 Makanan Ini Bisa Membersihkan Usus

kimchi-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Charles Haynes

DokterSehat.Com– Salah satu organ yang paling penting bagi kesehatan tubuh adalah usus. Tanpa adanya usus, tubuh akan tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Masalahnya adalah, usus juga rentan terpapar racun atau bahan kimia dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Jika tidak dibersihkan, dikhawatirkan akan menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit.

Beberapa makanan yang bisa membantu membersihkan usus

Selain menyerap makanan, sekitar 70 persen sel sistem kekebalan tubuh kita ternyata ada pada usus. Hal ini berarti, jika kita tidak menjaga kondisi usus dengan baik, dikhawatirkan akan menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu membersihkan usus.

  1. Sayuran berdaun hijau

Tak hanya tinggi kandungan serat, sayuran berdaun hijau ternyata juga tinggi kandungan mineral dan berbagai macam antioksidan. Berbagai kandungan ini akan membantu membersihkan usus dari berbagai macam racun dan kotoran. Selain itu, keberadaan antioksidan juga bisa memberikan perlindungan bagi dinding usus dari berbagai macam racun dan zat kimia.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi sayuran yang direbus atau dijadikan lalapan. Jika ingin menumis sayur, sebaiknya memakai minyak yang tidak banyak atau memakai minyak zaitun yang jauh lebih sehat.

  1. Biji chia

Biji chia dikenal luas sebagai makanan yang cocok untuk program diet. Tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, biji chia ternyata juga bisa membantu proses detoksifikasi pada saluran pencernaan. Meski rasanya hambar, biji chia tinggi kandungan serat dan nutrisi sehat lainnya.

Jika ingin mendapatkan manfaat sehatnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencampurkannya dengan susu rendah lemak, yoghurt, atau oatmeal agar bisa mendapatkan tambahan rasa yang nikmat sehingga kita pun bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak.

  1. Makanan hasil fermentasi

Selain kimchi, tape, atau yoghurt, kita juga bisa mengonsumsi makanan hasil fermentasi lainnya seperti tempe. Makanan-makanan ini memiliki kandungan bakteri baik yang bisa membantu tubuh membersihkan usus sekaligus mengeluarkan kotoran dengan tuntas. Hal ini akan membuat saluran pencernaan lebih sehat sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Berbagai macam buah-buahan

Buah-buahan memang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya. Ditambah dengan kandungan serat yang tinggi, rutin mengonsumsinya tentu akan membantu proses pembersihan usus dengan efektif. Beberapa jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi jika ingin memberikan manfaat kesehatan ini adalah lemon, apel, dan alpukat.

Khusus untuk buah alpukat, kita bisa mendapatkan asupan asam lemak omega 3 yang bisa mencegah berkembangnya racun di dalam usus kita.

  1. Berbagai macam teh

Teh kombucha dan teh hijau tinggi kandungan antioksidan yang bisa membantu membersihkan usus dari berbagai macam racun, kuman, serta bakteri. Kita juga bisa mengonsumsi kefir, produk turunan susu yang bisa diolah layaknya teh. Di dalam kefir terdapat kandyngan karbohidrat kompleks dan oligosaccharides yang bisa menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus sehingga menyehatkan organ ini.

  1. Air putih

Siapa sangka, air putih yang sering kita konsumsi ternyata juga bisa membantu proses pembersihan usus. Saat kita mengalami sembelit atau susah buang air besar, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih demi merangsang kontraksi yang akhirnya membersihkan usus dengan lebih efektif.

  1. Lada cayenne

Lada cayenne termasuk dalam makanan yang sangat pedas, namun makanan ini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi saluran pencernaan. Rutin mengonsumsinya juga bisa membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung.