Waspada, Makanan Ini Bisa Membahayakan Ginjal

Doktersehat-cara-menjaga-kesehatan-ginjal

DokterSehat.Com– Salah satu organ di dalam tubuh yang bekerja dengan keras setiap hari adalah ginjal. Organ ini berperan besar dalam menyaring darah di dalam tubuh. Jika sampai kita menerapkan pola makan dan minum yang tidak sehat, maka kandungan di dalam makanan dan minuman ini akan membuat ginjal harus melakukan penyaringan dengan lebih keras. Padahal, jika sampai ginjal bekerja terlalu keras, risiko untuk mengalami kerusakan pun akan meningkat.

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat kinerja ginjal terlalu keras seperti makanan yang kaya akan kandungan protein hewani sebaiknya mulai kita kurangi porsi atau frekuensi konsumsinya. Daging-dagingan seperti daging merah yang kaya akan kandungan fosfor dan purin yang ternyata bisa memberikan efek yang tidak sehat bagi ginjal. Sebagai contoh, purin bisa memicu pembentukan asam urat yang berbahaya bagi ginjal dan persendian. Tak hanya menyebabkan penyakit gout, kandungan ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal.

Makanan yang kaya akan kandungan natrium ternyata juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan ginjal. Jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan yang banyak diberi kandungan garam, makanan cepat saji, makanan berpengawet, dan makanan kalengan, maka risiko untuk mengalami kerusakan ginjal dan tekanan darah tinggi juga meningkat dengan signifikan.

Makanan dengan kadar kalium dan fosfor tinggi juga sebaiknya kita hindari. Sebagai contoh, jika kita sering mengonsumsi makaann berkelium tinggi seperti saus tomat atau kentang, dikhawatirkan hal ini akan memicu retensi air yang berimbas pada kerusakan ginjal. Selain itu, makanan dengan kandungan fosfor terlalu tinggi seperti di dalam buah kering atau beberapa jenis produk cokelat, maka akan memicu gangguan pada proses penyerapan kalsium yang akhirnya berimbas pada munculnya gangguan fungsi ginjal.

Meskipun menyegarkan dan mampu melepas dahaga, beberapa jenis minuman seperti teh, kopi, dan minuman bersoda sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan karena dikhawatirkan akan memicu datangnya masalah batu ginjal yang menyakitkan sekaligus membuat kinerja ginjal terganggu.

Selalu terapkan pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang setiap hari dan cukupi kebutuhan air putih demi membantu ginjal tetap sehat.